Stres Bikin Nafsu Makan Meningkat? Atasi dengan Tips Berikut!

Share dan Tag Temanmu di :

Meluapkan dan melampiaskan amarah merupakan hal yang wajar. Namun terkadang emosi yang terlalu meluap bisa membuat Anda menjadi tidak terkendali. Tekanan atau stres akibat beban pekerjaan, kondisi lingkungan, rasa lelah dan sebagainya sering menjadi faktor timbulnya luapan emosional yang tak terkendali. 

Saat merasa stres atau tertekan, tidak sedikit orang yang mengalami peningkatan pada nafsu makannya, sehingga melampiaskannya melalui makanan. Tentu saja hal ini bisa membuat siapapun menjadi makan secara berlebihan. Kondisi ini dinamakan dengan emotional eating.  

Emotional eating bisa diartikan sebagai hasrat atau keinginan makan berlebihan yang dipicu oleh emosi yang tidak stabil. Emotional eating menggunakan makanan untuk membuat Anda merasa lebih baik, bukan untuk mengisi perut. 


Tips Mengatasi Peningkatan Nafsu Makan saat Stres

Jika kondisi ini terus terjadi dalam waktu yang lama, maka bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari, kesehatan, serta berat badan penderitanya. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips mengatasi peningkatan nafsu makan saat stres yang bisa dilakukan, yaitu diataranya :

Mengenali penyebab makan secara berlebihan

Ini merupakan langkah utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi peningkatan nafsu makan saat stres. Untuk mengetahui penyebab dan situasi ketika Anda lebih mungkin makan berlebihan karena emosi, bukan rasa lapar yang datang dari perut kosong, maka Anda bisa membuat buku harian atau jurnal makanan.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi makan berlebihan berdasarkan penyebabnya, yaitu :

  • Makan berlebihan karena stres bisa diatasi dengan yoga, meditasi, atau berjalan-jalan untuk membantu diri sendiri mengatasi emosi.
  • Makan berlebihan karena bosan, hal ini mungkin bisa diatasi dengan mencari buku baru yang menarik untuk dibaca saat waktu luang atau memulai hobi baru yang bisa memberikan tantangan. 
  • Makan berlebihan karena depresi. Kondisi ini mungkin bisa diatasi dengan cara mencari teman untuk mengobrol, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, atau merencanakan liburan dengan keluarga dan kerabat dekat.

Hal ini juga bisa membantu untuk berbicara dengan terapis atau psikolog untuk mendiskusikan cara lain untuk mengatasi makan berlebih yang Anda alami. 

Olahraga

Olahraga secara teratur menjadi cara yang ampuh untuk mengurangi produksi hormon penyebab makan berlebih. Selain dapat mengurangi kecenderungan untuk terlibat dalam emotion eating, olahraga secara teratur juga bisa membantu menurunkan risiko depresi, kecemasan, dan insomnia.

Pandangi yang berwarna merah

Biasanya warna merah mengisyaratkan sebuah larangan atau harus berhenti, sehingga dengan memandangi sesuatu yang berwarna merah menyala, maka sinyal yang kuat akan dikirimkan ke otak agar Anda berhenti.

Cobalah makan dengan piring berwarna merah atau beri tanda merah di kulkas Anda. Jika itu cukup efektif untuk menghentikan Anda, maka setidaknya ini akan membuat Anda lebih sadar akan kebiasaan buruk Anda. 

Ngemil buah-buahan

Jika Anda tengah ingin mengonsumsi makanan manis, maka cobalah untuk mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan. Buah-buahan memiliki rasa yang alami, tetapi memiliki kalori yang rendah. Milsanya, dalam satu buah jeruk mandarin berukuran sedang hanya memiliki 50 kalori. 

Selain akan memuaskan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, jeruk juga bisa memberikan Anda sesuatu hal yang bisa dikerjakan untuk mengalihkan pikiran. Dengan mengupas dan mencium aroma jeruk, maka akan membantu menenangkan pikiran Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kandungan vitamin C dari buah jeruk mandarin, yang berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh, terutama saat sedang stres. 

Minum teh hitam

Ketika Anda sedang stres, tingkat hormon kortisol akan meningkat. Hal ini dapat menjadi penyebab berat badan meningkat. Untuk menghindari hal ini, kuncinya adalah mengurangi kortisol, salah satu caranya yaitu dengan minum segelas teh hitam

Anda juga bisa meluangkan waktu sebentar untuk melakukan beberapa latihan pernapasan ringan. Matikan ponsel Anda, berikah waktu luang pada diri Anda untuk beranjak dari rutinitas harian Anda. Semua ini akan membantu mengendalikan hormon kortisol yang meningkat akibat stres. 

Jadikan kacang sebagai cemilan

Selain bauh-buahan, kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan alternatif saat Anda ingin ngemil. Kacang mete, almond, atau kacang pistachio bisa menjadi pilihan cemilan sehat. Kacang-kacangan tersebut merupakan jenis kacang yang rendah kalori, tapi kaya akan kandungan lemak baik dan serat, serta membantu mengatur gula darah. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 02 Juli 2018 11:57:17

Related Post :
Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Selain mengonsumsi obat, penderita…

Kesehatan
Berbagai Terapi Senam Otak…

Tidak hanya orang yang…

Kewanitaan
Hal Sepele yang Bisa…

Kelembaban pada area kewanitaan…

Tips
Ini Cara Alami Untuk…

Berbagai cara alami berikut…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks…

Cara mencegah kanker serviks…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Infeksi Rahim

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi…

Kesehatan
Menakutkan! Ini Segudang Bahaya Merokok Terhadap Tubuh

Menakutkan! Ini segudang bahaya merokok…

Kirim Pertanyaan
Top