Ini Dia Ciri-ciri Keputihan Menjelang Persalinan Sudah Dekat

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap wanita mengalami tanda persalinan yang sangat bervariatif. Banyak yang dirasakan sebelum mencapat tanggal taksiran persalinan, kadang tepat waktu, dan kadang juga telah melebihi batas. Beberapa tanda persalinan ini tidak semua anda mengalaminya, termasuk keputihan sebelum persalinan.


Selama masa hamil, banyak darah yang mengalir kearea leher rahim / serviks yang dapat memicu lebih banyak produksi lendir yang keluar dari jalan lahir yang sering disebut keputihan. Anda tidak perlu khawatir, meningkatnya cairan yang sangat umum dialami ibu hamil dan tidak berbahaya.

Pada trimester pertama dan ketiga sangat umum terjadi keputihan saat hamil sehingga anda disarankan untuk lebih sering mengganti celana dalam, atau menggunakan pantyliner, dan kemungkinan sedikit terasa tidak nyaman diarea vagina.

Pada trimester ketiga kehamilan terutama saat persalinan sudah dekat, maka keputihan memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda, seperti :

  • Keputihan lebih banyak

Tanda umum keputihan jika persalinan sudah dekat brwarna putih atau putih pudar dan volume cairan akan meningkat. Dan berbeda dengan cairan 'bloody show' yang berwarna merah jambu yang menandakan bahwa sebentar lagi buah hati anda akan dilahirkan.

Jika terjadi perubahan warna keputihan menjadi kehijauan/kuning itu bisa saja menandakan infeksi namun jika cairan yang terlalu encer seperti air seni itu menandakan bahwa air ketuban bocor. Oleh karenanya, segeralah periksa ke bidan atau dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Lebih sering nyeri punggung dan keram

Jika persalinan sudah dekat, anda akan merasa kaku dan nyeri punggung serta selangkangan karena otot dan sendi meregang dan bergeser guna untuk mempersiapkan jalan lahir.

  • Bloody show

Lendir yang menyumbat leher rahim bisa luruh kapan saja hingga 12 hari sebelum persalinan, dengan ciri seperti gumpalan jelly dan bergaris darah dan tampak berwarna merah muda dapat sekaligus keluar banyak maupun sedikit demi sedikit.

Penyumbatan lendir biasanya terjadi sekitar 7 minggu diawal kehamilan yang bertujuan untuk menutup leher rahim dan membantu mencegah infeksi.

Saat bloody show mulai keluar itu menandakan bahwa leher rahim anda mulai terbuka dan persalinan pun semakin dekat.

  • Persendian akan terasa lebih longgar

Selama anda hamil, hormon relaxin yang membuat ligamen lebih longgar dalam melonggarkan sendi menjelang persalinan. Sebelum melahirkan, anda mungkin akan merasa bahwa sendi diseluruh tubuh terasa kendor dan ini salah satu cara tubuh membuka panggul untuk mempersiapkan proses kelahiran.

  • Bayi turun kebawah

Nafas anda akan kembali lebih lega ini adalah tanda bahwa posisi bayi sudah mulai turun kebawah, menetap dalam kepanggul, tekanan pada diafragma menjadi kurang sehingga paru-paru akan lebih bebas bergerak.

  • Pecah ketuban

Pecah ketuban bisa terjadi kapan dan dimana saja sebelum persalinan, dan sebagian wanita hamil akan mengalaminya. Namun ketika bayi lahir, kantung ketuban akan pecah dan cairan ketuban akan mengalir keluar melalui jalan lahir. Ciri pecah ketuban ini berbeda dengan keputihan, seperti semburan yang tiba-tiba atau cairan yang menetes secara terus menerus.

Keputihan sebagai tanda persalinan sudah dekat bukan suatu tanda yang pasti, tentunya anda harus mengetahui lebih cermat mengenai gejala yang dirasakan.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Senin, 02 Juli 2018 14:52:06

Related Post :
Kesehatan
Ingin Tetap Sehat dan…

Meskipun makanan tidak benar-benar…

Kesehatan
Jangan Abaikan! Ini Saran…

Agar dapat terhindari dari…

Tips
Tata Cara Menggunakan Obat…

Tata cara menggunakan obat…

Kesehatan
Penyakit yang Bisa Timbul…

Penggunaan kipas angin dan…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Muda…

Bolehkah Ibu Hamil Muda…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Bahayakah Jantung Berdebar Kencang Saat Hamil?

Bahayakah jantung berdebar kencang saat…

Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Bolehkah ibu hamil makan mie…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top