Senyawa Asam Borat untuk Melawan Infeksi Jamur dan Bakteri

Asam borat adalah senyawa yang mempunyai efek anti kuman untuk mengatasi infeksi karena jamur dan bakteri. Obat yang mengandung asam borat bisa dipakai sebagai antiseptic dalam mengatasi luka kecil seperti luka bakar ringan dan luka teriris, mengatasi tingkat keasaman lebih pada vagina yang diakibatkan bakteri, dan infeksi jamur pada vagina.


Asam borat disebut juga dengan asam boraks, hydrogen borat, acidum boricum, dan asam orto borat merupakan monobasa asam Lewis boron lemah. Senyawa ini mempunyai rumus kimia H3BO3 atau ditulis B(OH)3 ada yang berbentuk Kristal tidak berwarna maupun serbuk putih yang larut dalam air. Saat berbentuk mineral, asam borat disebut dengan sasolit.

Asam borat bisa dipakai untuk mengatasi jerawat dan ditemukan pula dalam obat tetes mata untuk membasuh mata, meredakan iritasi mata, dan menyingkirkan polutan yang mengotori mata seperti kabut asap, klorin, dan lain-lain. Tergolong obat bebas, asam borat ada yang berbentuk obat gel maupun obat tetes mata. Asam borat bisa dibeli dengan bebas di apotek dan tersedia dalam berbagai macam merek.

Untuk perempuan hamil, menyusui, dan anak-anak, penggunaan asam borat harus disesuaikan dengan anjuran dokter. Asam borat merupakan obat luar dan tidak bisa dimakan. Segera temui dokter jika terjadi overdosis asam borat atau reaksi alergi setelah menggunakannya. Dosis asam borat tergantung dari konsentrasi merk obat yang dipakai dan tujuan pemakaian. Baca terlebih dahulu pada kemasan obat untuk mengetahui cara pakai dan dosis asam borat. Tanyakan pada dokter atau apoteker jika ragu.

Gunakan senyawa asam borat untuk melawan infeksi jamur dan bakteri dengan cara yang benar. Ikuti anjuran dokter serta baca informasi yang terdapat dalam kemasan asam borat sebelum akan menggunakannya. Penggunaan asam borat dalam mengatasi jerawat tidak dianjurkan lebih dari tiga kali sehari serta hindari area mata. Sementara menggunakan asam borat pada obat tetes mata hanya untuk mata dan tidak bisa digunakan ketika menggunakan lensa kontak. Menggunakan lensa kontak pun baru dilakukan setelah 15 menit menggunakan obat tetes mata yang mengandung asam borat.

Ketahui efek samping serta bahaya dari senyawa asam borat. Sama seperti obat-obatan pada umumnya, asam borat memiliki potensi efek samping seperti mata berair, mata merah, dan rasa perih. Namun, seiring penyesuaian tubuh terhadap obat, efek samping tersebut bisa mereda. Jika Anda merasa penyakit tidak kunjung mereda, segera konsultasikan dengan dokter agar bisa ditangani lebih lanjut.

By Sri Maryati - Obat Kimia Selasa, 30 Agustus 2016 13:51:39

Senyawa Asam Borat untuk Melawan Infeksi Jamur dan Bakteri
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Asam borat atau yang disebut juga dengan asam boraks, hydrogen borat, acidum boricum, dan asam orto borat merupakan senyawa yang memiliki efek santi kuman ntuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    0 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Infeksi Karena Cacing Albendazole

Obat Untuk Mengatasi Infeksi Karena…

Obat Kimia
Dosis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid Ibuprofen

Dosis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Penyakit Meniere Betahistine

Obat betahistine untuk mengatasi penyakit…

Tambah Pertanyaan
Top