Pengaruh Demam saat Hamil pada Janin yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Pengaruh Demam saat Hamil pada Janin yang Perlu Diketahui,- Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh meningkat hingga diatas 38 derajat celcius. Demam merupakan bagian dari poses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Demam juga bisa termasuk tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut.

Demam tinggi tidak selalu menandakan akan adanya suatu penyakit yang serius. Namun, berbeda halnya jika kondisi ini dialami oleh ibu hamil. Demam yang dialami oleh ibu hamil tidak boleh disepelekan, karena dikhawatirkan timbulnya  pengaruh demam saat hamil pada janin dan kehamilan.


Pengaruh Demam saat Hamil pada Janin yang Perlu Diketahui

Demam yang dialami oleh ibu hamil merupakan salah satu tanda bahaya dalam kehamilan. Demam tinggi ini bisa jadi gejalanya adanya infeksi yang dialami oleh ibu. Dalam berbagai penelitian yang dilakukan pada mamalia selain manusia, demam pada kehamilan memiliki hubungan yang erat dengan bahaya terhadap janin.

Proses demam selama kehamilan dapat mengganggu sintesis berbagai protein akibat suhu yang terlalu tinggi, sehingga ini akan mengakibatkan kematian sel, gangguan pembuluh darah, hingga rusaknya plasenta. Berbagai proses ini bisa memicu terjadinya kelainan pada janin, hingga risiko kematian. 

Pada manusia sendiri, perkembangan janin yang normal tergantung pada langkah-langkah sistematis yang memberikan kesempatan pada setiap organ dan pembuluh darah untuk kambuh dan berkembang sesuai dengan waktunya. Sama halnya dnegan mamalia lainnya, urutan langkah ini sangat dipengaruhi oleh berbagai molekul protein di tubuh yang memicu terjadinya berbagai proses pertumbuhan dan perkembangan tersebut. 

Ketika suhu tubuh meningkat pada saat demam, lingkungan sel dapat menjadi tidak mendukung kinerja protein yang maksimal, sehingga dapat memicu keguguran. Dalam kasus lain, jika keguguran tidak terjadi, maka risiko kelainan bawaan juga bisa menjadi lebih besar. 

Misalnya, dalam beberapa penelitian ditemukan hubungan antara demam pada trimester pertama dengan peningkatan risiko janin mengalami bibir sumbing, penyakit jantung bawaan, dan kelainan tuba saluran saraf. Walaupun belum ada penelitian yang mempelajari tentang penyakit spesifik apa yang mendasari demam sehingga menyebabkan kelainan pada janin lebih jauh, namun demam pada ibu hamil tetap menjadi sesuatu yang perlu diwaspadai dan harus segera ditangani agar tidak memburuk dan menyebabkan komplikasi, baik itu pada ibu ataupun janin. 

Selama masa kehamilan, menjaga kesehatan ibu menjadi hal yang sangat penting dan paling utama. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga pola makan sehat, cukupi kebutuhan cairan, dan beraktivitas sesuai dengan kondisi tubuh dan kehamilan agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Jika ibu mengalami demam, terutama demam tinggi atau demam yang tak kunjung membaik, maka segeralah periksakan diri ke dokter kandungan. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius. 

By Sri Maryati - Ibu Hamil Selasa, 03 Juli 2018 09:33:41

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Inilah khasiat dan manfaat…

Manfaat
Manfaat Lidah Buaya Untuk…

Manfaat lidah buaya untuk…

Ibu Dan Anak
Penyebab Nafsu Makan Berlebihan…

Buah hati anda memiliki…

Kesehatan
Pantangan Dan Makanan Sehat…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Alami
Cara Alami Mengatasi Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Manfaat
Jangan Jauhi! Inilah Manfaat…

Meskipun tidak enak saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ini Dia Ciri-ciri Keputihan Menjelang Persalinan Sudah Dekat

Setiap wanita mengalami tanda persalinan…

Ibu Hamil
Cara Menghilangkan Varises Pada Ibu Hamil Secara Alami

Cara menghilangkan varises pada ibu…

Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Hal yang harus dilakukan setelah…

Kirim Pertanyaan
Top