Inilah Akibat Jika Anda Terlalu Sering Minum Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Anda yang sedang berobat jalan tentu setiap hari rutin minum obat, ada baiknya tetap bisa mengendalikan dan memantau jumlah obat yang sedang anda konsumsi. Karena jika terlalu sering minum obat akan berakibat buruk dan semakin parah pada kesehatan tubuh anda.

Sebelum mengetahui apa saja dampak bahayanya, ada baiknya anda mengenali tanda-tanda yang mungkin sering anda rasakan jika anda mengkonsumsi obat terlalu banyak, seperti :

  • Muncul gejala baru

Muncul gejala baru yang belum pernah dialami sebelumnya. Menurut seorang spesialis penyakit dalam yaitu dr. Nesochi Okeke-Igbokwe di NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa mengkonsumsi obat dalam dalam jumlah banyak dapat menyebablan resiko interaksi obat yang dapat mengakibatkan munculnya sejumlah gejala seperti tubuh terasa lemas, gangguan pencernaan, palpitasi jantung, masalah pada kulit, hingga kemampuan otak menjadi menurun.

  • Mengalami masalah mental

Kesehatan fisik anda akan terganggu dan menyebabkan timbulnya masalah mental dan emosional. Menurut dr. David Greuner dari NYC Surgical Associates menyebutkan bahwa efek samping yang umum dari obat dengan resep yang berlebihan yaitu merasa lelah, perubahan suasana hati, hingga menyebabkan depresi yang berkepanjangan.

  • Mengalami nyeri persendian dan otot

Selama anda rutin minum obat, pernahkah merasa nyeri persendian atau nyeri otot? Berhati-hatilah kemungkinan ini menjadi tanda bahwa anda terlalu banyak minum obat. Seorang ahli ortopedi di Texas Dr. Barbara Bergin mengatakan bahwa dampak yang kemungkinan terjadi saat minum obat terlalu banyak yaitu rasa sakit yang berasal dari nyeri otot, radang sendi, ataupun sendi yang terkilir. Hal itu disebabkan oleh terlalu banyak minum obat penurun kolesterol (statin) dan non steroid antiinflamasi (NSAID).


Bahayakah jika sering mengkonsumsi obat resep dokter?

Jangan dianggap spele jika anda mengalami beberapa tanda yang telah disebutkan diatas karena akan berdampak buruk pada masalah kesehatan tubuh anda diantaranya masalah pada organ hati yang berperan dalam memecah dan mengubah zat kimia dalam obat supaya dapat digunakan oleh tubuh secara optimal.

Selain itu menurut dr Paul McLaren seorang psikiater di Priory's New Wellbeing Centre mengatakan bahwa susah buang air besar, disfungsi seksual, sleep apnea, dan masalah kesuburan adalah beberapa masalah kesehatan yang ada kaitannya dengan terlalu banyak mengkonsumsi obat resep dokter.

Dan pada akhirnya khawatir bila obat dengan resep dokter mulai tidak ada reaksi dengan baik pada tubuh atau mungkin saja tubuh anda kebal pada obat-obatan tersebut.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 03 Juli 2018 15:07:20

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Inilah Bahaya Minum…

Waspadai Bahaya Minum Kopi…

Ibu Hamil
Penyebab Janin Dalam Kandungan…

Selama masa kehamilan, ada…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Air…

Berikut ini merupakan bahaya…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Kanker Ovarium…

Kanker ovarium menjadi salah…

Kesehatan
Daftar Makanan Untuk Melancarkan…

Melancarkan buang air besar…

Ibu Dan Anak
Bedanya Mastitis, Saluran Air…

Ada beberapa hal yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Demam Menggigil? Ini Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Kenali berbagai penyebab demam menggigil…

Kesehatan
Ini Penyebab Penglihatan Mata Kabur Yang Harus Diketahui

Penglihatan mata kabur? waspadai bisa…

Kesehatan
Menu Makanan untuk Penderita Trigliserida Tinggi

Untuk membantu menurunkan kadar trigliserida…

Kirim Pertanyaan
Top