Jangan Jauhi! Inilah Manfaat Konsumsi Sayuran Pahit Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Terdapat beberapa jenis sayuran yang memiliki rasa pahit, seperti diantaranya buah pare, lobak, daun dan bunga pepaya. Karena rasanya yang pahit ini mungkin banyak orang yang menghindarinya. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran pahit tersebut. 

Ketika kita mengonsumsi makanan tidak sehat terlalu banyak, maka tubuh akan terasa lelah, lesu, dan tidak segar. Hal ini tentu disebabkan oleh berbagaiz at tambahan yang ada didalam makanan yang dikonsumsi, seperti pengawet atau pemanis buatan. Zat-zat tersebut akan memenuhi ginjal dan lever.

Tubuh memerlukan lever untuk menyaring racun. Ketika lever terlalu penuh, maka hal ini bisa membuat ginjal menjadi bekerja terlalu keras. Dalam kondisi seperti ini, mengonsumsi sayuran pahit dapat membantu. Meskipun Anda tidak menyukai rasanya, namun sayuran pahit ini memiliki manfaat tersendiri. 


Berikut ini merupakan beberapa manfaat konsumsi sayuran pahit bagi tubuh yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Menjaga gula darah

Salah satu manfaat sayuran pahit yang bisa kita rasakan yaitu mampu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Mengonsumsi pare atau makanan pahit lainnya sangat baik untuk penderita diabetes dan yang berisiko mengidap diabetes. 

  • Menyehatkan pencernaan

Sayuran pahit seperti pare mampu menyehatkan pencernaan, seperti mencegah acid relux atau naiknya asam lambung. Selain itu, terdapat kandungan zat yang membantu membunuh cacing dan telurnya dalam usus. 

  • Mencegah tukak lambung

Rasa pahit yang dimiliki oleh pare ternyata bisa mencegah tukak lambung yang dapat menyakiti dinding lambung. Kandungan alkalin yang ada didalamnya dapat membantu keseimbangan perut dan meminimalisasi kadar asam lambung. 

  • Menjaga kesehatan lambung

Meskipun pare akan terasa pahit saat dikonsumsi, namun ini baik dalam hal mengurangi sensitivitas tubuh terhadap makanan tertentu. Karena kandungan inilah pare bisa menjaga kesehatan lambung.

  • Lebih cepat kenyang

Mengonsumsi sayuran pahit juga bisa memudahkan lambung lebih cepat merasa kenyang. Ini disebabkan karena sayuran pahit kaya akan serat. Ini baik untuk diet dan menjaga berat badan agar tetap stabil. 

Tidak hanya itu, pakar nutrisi bernama Guido Mase juga menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi sayuran pahit, organ liver akan mendapatkan keuntungan yang menyehatkan. Makanan pahit ternyata mampu menstimulasi hati untuk memproduksi cairan empedu lebih baik sehingga proses pencernaan bisa menjadi lebih optimal. Selain itu, rasa pahit dari sayuran tersebut juga bisa membantu detoksifikasi pada hati yang tentu akan membuat tubuh jauh lebih bersih dari berbagai zat-zat  berbahaya.

Beberapa jenis sayuran hijau pahit seperti pare sangat disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, beberapa makanan lain yang dianggap sehat seperti minyak zaitun, coklat hitam, atau bahkan teh hijau yang meskipun pahit, sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 04 Juli 2018 11:21:14

Related Post :
Penyakit
Faktor Yang Meningkatkan Risiko…

Faktor yang meningkatkan risiko…

Kesehatan
Mengenal Diet DASH Atau…

Diet dash untuk penderita…

Ibu Hamil
Keluhan Yang Sering Dirasakan…

Keluhan yang diraskaan ibu…

Kesehatan
Mengetahui Peran Penting Usus…

Meskipun pada awalnya sering…

Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar…

Pengobatan pada penderita pembengkakan…

Kesehatan
Mengenal Gejala Sariawan Dan…

Bila anda mengalami gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Mengetahui Kandungan dan Khasiat dari Daging Merpati

Meskipun sering dianggap sebagai hewan…

Manfaat
Manfaat
Jangan Dibuang! Ini Manfaat Tak Terduga dari Biji Nangka

Selain dagingnya, biji nangka juga…

Kirim Pertanyaan
Top