Pilihan Salep Gatal Untuk Bayi Yang Aman

Share dan Tag Temanmu di :

Timbulnya bercak merah berkerak yang gatal pada kulit bayi biasanya muncul sekitar kelahiran bulan pertama. Namun anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir karena kondisi ini biasanya terjadi dan dapat diobati dnegan salep gatal khusus untuk bayi.


Timbulnya ruam kulit atau bercak merah pada bayi ini bisa jadi itu eksim atau dengan kata lain dermatitis atopik. Eksim biasanya cenderung timbul di pipi atau kulit kepala bayi namun juga bisa saja menyebar ke tangan, dada, kaki, tungkai, ataupun bagian tubuh lainnya.

Eksim tidak menimbulkan ruam namun bisa membuat rasa gatal dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Untuk mengobati gatal kulit pada bayi, anda harus menghindari faktor timbulnya eksim dan gunakan salep gatal untuk bayi.

Perlu ada ketahui pilihlah salep gatal untuk bayi yang aman tanpa menimbulkan efek samping, salep tersebut diantaranya seperti :

  • Krim pelembab

Krim pelembab berfungsi untuk kelembaban kulit si buah hati dan bisa juga untuk melindungi dan meredakan kulit gatal karena eksim. Krim pelembab hanya untuk membantu mengembalikan perlindungan kulit.

Oleskan segera krim pelembab ini setelah bayi mandi saat kulitnya masih sangat lembab. anda dapat mengoleskan pelembab ini beberapa kali sehari dalam sehari. Untuk memastikan bayi tidak mengalami reaksi energi dianjurkan supaya krim pelembab ini di tes terlebih dulu selama beberapa hari.

  • Salep kortikosteroid

Gatal kulit pada bayi atau eksim dapat diobati dengan salep yang memiliki kandungan kartikosteroid , caranya bisa langsung dioleskan ke area kulit yang gatal sebanyak 2 kali dalam sehari.

Namun perlu anda ingat, apabila pemakaian salep kortikosteroid harus ada petunjuk dari dokter karena salep ini memiliki 4 jenis dari mulai kategori sedang, agak kuat, kuat, dan sangat kuat. Apabila dibeli secara bebas tanpa resep dokter, maka bisa saja anda mendapatkan jenis salep yang tergolog obat keras yang dapat merusak kulit si kecil yang masih sensitif.

Biasanya dokter akan memberikan salep ini sesuai tingkat keparahan eksim atau gatal yang dirasakan si kecil dan memberi tahukan seberapa banyak salep ini harus dioleskan ke kulit bayi. Hal yang penting harus anda ketahui, meskipun membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut, salep gatal untuk bayi ini memiliki kandungan kortikosteroid yang dapat membuat kulit menjadi tipis apabila digunakan dalam jangka waktu lama.

  • Lotion yang mengandung zinc

Lotion, krim, atau salep yang memiliki kandungan zinc oxide yaitu salah satu jenis obat yang bagus untuk membantu mengatasi gatal kulit pada bayi karena zinc dapat bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung pada kulit dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu, zinc juga dapat mengurangi peradangan pada kulit, merangsang tumbulnya sel kulit baru, memiliki sifat antibakteri, dan dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kuluit. Krim atau lotion yang mengandung zinc ini sangat baik untuk mengobati ruam popok pada bayi.

Selain dengan mengoleskan salep, potonglah kuku si kecil atau pakailah sarungtangan supaya bayi tidak menggaruk-garuk kulitnya yang gatal karena menggaruk dapat memicu infeksi, membuat kulit yang iritasi menjadi lebih tebal dan lebih kasar, memperparah ruam kulit / eksim. Untuk mengurangi rasa gatal, anda dapat memandikan bayi dnegan air hangat dan jangan sampai memandikan bayi dengan air panas.

Apabila eksim atau gatal pada kulit bayi tidak sembuh setelah seminggu menggunakan salep untuk bayi, maka dianjurkan untuk segera periksa ke dokter anak untuk diberikan salep yang aman sesuai resep dokter.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Rabu, 04 Juli 2018 14:51:26

Related Post :
Kesehatan
Waspada Leukemia Penyakit Penyebab…

Suami artis Ririn Ekawati…

Alami
Obat Tradisional Perut Kembung…

Sebelum mengkonsumsi obat kimia,…

Penyakit
Ketahui Bahaya Gigi Berlubang…

Dalam bahasa medis penyakit…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Dia Manfaat…

Walaupun rasanya asin, ternyata…

Tips
Mudah Lelah? Tingkatkan Stamina…

Cara mudah dan tepat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13 yang Diidap Adam Fabumi

Adam Fabumi akhir-akhir ini menjadi…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Cara Menghilangkan Milk Blister saat Menyusui

Milk blister merupakan jerawat yang…

Kirim Pertanyaan
Top