Nyeri Pada Payudara? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Nyeri payudara adalah salah satu keluhan yang dikhawatirkan oleh wanita. Padahal keluhan tersebut tidak perlu dikhawatirkan bila tidak adanya perubahan bentuk pada payudara, atau tidak adanya benjolan di payudara. Namun bila nyeri pada payudara disertai dengan gejala lain yaitu adanya perubahan bentuk pada payudara dan adanya benjolan di payudara, maka sebaiknya periksakan pada dokter.


Penyebab Nyeri Pada Payudara

Nyeri pada payudara adalah salah satu keluhan yang dialami wanita. Keluhan ini biasanya terjadi pada saat sebelum atau selama wanita menstruasi, bahkan bisa juga dialami oleh ibu hamil dan menyusui. Lalu apa penyebab nyeri pada payudara? berikut penjelasannya.

Berbagai penyebab yang dapat memicu nyeri pada payudara:

Memakai bra yang tidak tepat

Penyebab nyeri payudara adalah penggunaan bra yang tidak tepat minyalnya ukuran bra kecil tidak sesuai dengan ukuran payudara anda, bahan bra kasar dan menggunakan bra yang ada kawatnya dan pemasangan bra yang tidak benar. Oleh karena itu, Pakailah ukuran bra yang sesuai dengan payudara anda dan pilih bra yang bukan berbahan kasar.

Pramenstruasi

Nyeri payudara kerap dialami wanita pramenstruasi. Biasanya keluhan ini dialami wanita 3 hari sebelum menstruasi. Namun keluhan ini akan membaik sesudah menstruasi selesai. Selain itu, nyeri pada payudara juga rentan dialami wanita menopause dan perimenopause.

Infeksi

Salah satu hal yang bisa menyebabkan nyeri payudara adalah infeksi pada payudara. Selain nyeri, infeksi juga bisa menyebabkan payudara membengkak dan kemerahan.

Benjolan pada payudara

Salah satu penyebab yang bisa memicu nyeri pada payudara adalah benjolan pada payudara. Benjolan tersebut bersifat jinak atau bukan kanker.

Luka trauma pada payudara

Selain benjolan pada payudara, penyebab lainnya yang bisa memicu nyeri pada payudara adalah trauma payudara di masa lalu seperti terkena bola dan tersenggol.

Konsumsi makanan yang tidak sehat

Faktor risiko timbulnya nyeri pada payudara adalah pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara

Nyeri pada payudara bisa membaik dengan sendirinya, sehingga tanpa perlu pengobatan. Bila memang diperlukan, maka konsumsi obat pereda rasa nyeri misalnya aspirin, ibuprofen dan paracetamol yang bisa mengurangi rasa nyeri.

Adapaun cara mengatasi nyeri pada payudara tanpa obat-obatan. Berikut cara mengurangi nyeri pada payudara tanpa obat yaitu diantaranya:

  • Mengompres parudara yang nyeri tersebut dengan air dingin maupun air hangat
  • Pakailah bra yang sesuai dengan ukuran payudara anda
  • Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh, kurangi minum minuman kafein
  • Berhenti kebiasaan merokok


Itulah penyebab nyeri pada payudara dan cara mengatasinya. Bagi anda yang sedang mengalami nyeri pada payudara anda bisa melakukan berbagai cara diatas untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara. Semoga dapat membantu.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 05 Juli 2018 14:30:58

Related Post :
Alami
Obat Penggemuk Badan Tradisional…

Obat penggemuk badan tradisional…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus…

Campak merupakan infeksi yang…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Manfaat
Jangan Dibuang! Kulit Telur…

Jika biasanya kulit telur…

Tips
Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Alami
Obat Herpes Tradisional Dari…

Mengobati herpes tidak hanya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Timbul Lebam Meski Tak Terbentur? Mungkin Ini Penyebabnya

Anda sering menemukan lebam atau…

Kirim Pertanyaan
Top