Ini Beragam Manfaat Imunisasi Bagi Bayi dan Balita

Share dan Tag Temanmu di :

Secara umum, dengan adanya imunisasi baik jenis, manfaat, dan efek samping dari imunisasi sebagian orang tua ada yang mendukung dan ada juga yang masih ragu dan tidak melakukan imunisasi. Karena mereka berpendapat bahwa vaksin yang disuntikan belum terjamin dan sebagian orang ada kasus seorang anak setelah diimunisasi malah kejang-kejang. Gejala kejang tersebut kemungkinan terjadi pada sebagian anak yang alergi pada vaksin tertentu ataupun anak tersebut tidak dalam keadaan sehat saat diimunisasi.


Menurut hasil penelitian dari BKARI (Bina Kesehatan Anak Republik Indonesia) mengatakan bahwa setiap 12 tahun secara signifikan angka kematian dini menurun karena penyakit bahaya yang memicu cacat permanen dan kematian telah ditanggulangi melalui vaksinasi seperti salah satunya yaitu penyakit polio. Semenjak tahun 2014 dinyatakan bebas polio oleh WHO (Badan Kesehatan Indonesia) karena adanya imunisasi polio yang rutin.

Berikut ini ada beberapa manfaat imunisasi bagi bayi dan balita yang harus orangtua ketahui, antara lain :

  • Mengurangi angka kematian bayi

Angka kematian paling banyak terjadi pada bayi dan orang yang berusia lanjut karena kedua usia tersebut tubuh sangat rentan terkena penyakit. Jika satu kali terkena infeksi, tidak ada kemungkinan untuk dapat sembuh sehingga imunisasi merupakan antibody tambahan yang menjadi angka kematian bayi menurun.

  • Efektif dan aman

Selama diimunisasi semua jenis vaksin yang disuntikan telah lolos pengujian yang dilakukan secara hati-hati bahkan dokter dan para ilmuwan ikut serta dalam penelitian tersebut sehingga jenis vaksin tersebut sangat aman disuntikan kedalam tubuh bayi dan balita.

  • Mencegah penularan

Vaksin imunisasi kebanyakan vaksin untuk penyakit menular. Jika bayi yang telah terkena infeksi atau alergi tidak di perbolehkan untuk imunisasi. Namun jika bayi yang sehat dan mendapatkan imunisasi bisa menjadi penghalang dan tidak akan menjadi perantara bagi penularan virus pada bayi yang lain.

  • Mengoptimalkan perkembangan anak

Pemberian vaksin imunisasi sebagai upaya untuk perisapan sang bayi dengan lingkungan baru setelah dilahirkan dari rahim sang ibu. Dalam rahim, si kecil dilindungi oleh kekebalan alami yang dihasilkan oleh ibu tetapi setelah dilahirkan dengan beragam virus yang menjangkit, hal yang tidak ada kemungkinan untuk bayi terjangkit virus yang mematikan. Maka langkah awal untuk mencegah berbagai gangguan pada tumbuh kembang sang anak yaitu dengan melakukan imunisasi. Jika anak sudah terkena infeksi kemudian sakit pastinya sangat berpengaruh pada perkembangan tubuhnya, dan membuat cacat permanen.

  • Menjaga generasi penerus masa depan

Apabila penerus masa depan tumbuh dengan badan yang tidak sehat maka masa depan pun tidak akan cerah sehingga dengan melakukan imunisasi salah satu upaya untuk menjaga kelangsungan masa depan cerah.

  • Mengurangi biaya pengeluaran

Imunisasi memiliki sifat sebagai pencegahan, maka resiko untuk terkena infeksi sangatlah minim sehingga tentu akan mengurangi biaya pengeluaran orangtua dimasa depan.

Sudah seharusnya sebagai orangtua mengetahui dan memahami manfaat imunisasi bagi tumbuh kembang si kecil agar terhindar dari pemahaman yang keliru.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Kamis, 05 Juli 2018 14:46:49

Related Post :
Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Manfaat
Manfaat Nutrisi Susu Kambing…

Manfaat nutrisi susu kambing…

Manfaat
Berbagai Manfaat Ikan Tuna…

Informasi tentang kandungan gizi…

Penyakit
Jenis Penyakit Paru-paru Serta…

Informasi tentang jenis penyakit…

Ibu Hamil
Kebutuhan Vitamin Dan Mineral…

Selama masa kehamilan, umumnya…

Kesehatan
Tahukah Anda Tentang Vitamin…

Anda mungkin sudah tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mudah menghilangkan dan mengatasi…

Ibu Dan Anak
Inilah Penyebab Anak Sering Sakit Yang Harus Diketahui

Berbagai penyebab anak sering sakit…

Ibu Dan Anak
Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Rematik Akut Pada Anak

Kenali penyebab dan gejala demam…

Kirim Pertanyaan
Top