Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada Kaki Tangan dan Kepala

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada Kaki, Tangan dan Kepala

Kesemutan atau kebas adalah kondisi yang terjadi karena adanya tekanan pada pembuluh darah maupun saraf yang saling berhubungan. Kesemutan bisa diartikan sebagai bentuk respon tubuh terhadap kinerja saraf ataupun pembuluh darah. Saat saraf mengalami kondisi tertekan ketika mengantarkan arus listrik ke bagian tubuh, maka aliran arus listrik tersebut terganggu sehingga kesemutan terjadi dengan ditandai mati rasa atau kebas di bagian tubuh tertentu seperti tangan, kaki, dan kepala.


Jika hal tersebut terjadi, maka apa bahaya kesemutan (kebas) pada kaki, tangan, dan kepala? Kesemutan bisa terjadi di jangka waktu panjang maupun pendek, tergantung dari penyebabnya. Memang kesemutan tidak berbahaya dan tidak mematikan, namun yang berbahaya adalah penyebab dari kesemutan tersebut. Karena ketika seseorang mengalami kesemutan, dia terindikasi sedang mengalami penyakit serius yang mungkin belum terdeteksi.

Kesemutan bisa jadi pertanda seseorang mengalami diabetes mellitus. Penyakit ini bisa terjadi ketika organ pankreas yang memproduksi hormon insulin, terganggu. Tugas hormon insulin adalah untuk menurunkan kadar gula darah berlebih di dalam tubuh. Biasanya saat kesemutan terjadi akan disertai dengan sensasi terbakar atau rasa seperti sedang ditusuk-tusuk.

Waspadai saat Anda mengalami kesemutan karena bisa mengindikasikan Anda akan terserang penyakit stroke yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah di daerah otak. Gangguan tersebut membuat seseorang mengalami kesemutan di sebagian tubuh dan tak jarang pula ditemukan kasus orang yang tadinya baik-baik saja, lalu didiagnosa mengalami stroke bahkan ada pula yang menyebabkan kematikan jika peyumbatan yang terjadi adalah di daerah jantung.

Tidak hanya stroke, jika Anda pernah mengalami kesemutan pada bagian kepala, waspadai tumor otak. Umumnya orang yang mengalami penyakit tumor otak akan mengalami kesemutan yang ditandai dengan gejala sering pusing, kejang-kejang, mual dan muntah, serta sering pingsan.

Sementara kesemutan yang dirasakan di ujung jari bisa jadi pertanda seseorang mengalami penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS) yang membahayakan karena jika dibiarkan akan terjadi gangguan lebih serius seperti tekanan otot yang mengganggu aliran darah ke tangan. Hal tersebut mengakibatkan otot menjadi kekurangan nutrisi dan mengecil sehingga menjadi lemah.

Selain itu, kesemutan bisa juga menjadi salah satu indikasi seseorang terkena gangguan kesehatan Guillain-barre Syndrome yang disertai dengan gejala batuk, demam tinggi, dan sesak. Kesemutan bisa terasa di seluruh bagian tubuh terutama ujung jari kaki dan tangan.

Cara mengatasi kesemutan yang sederhana diantaranya adalah dengan rutin menggerakkan anggota tubuh, menggosokkan sabut kelapa kering ke bagian yang sedang kesemutan, dan menyirami bagian tubuh yang kesemutan dengan air.

By Ana Rediana - Penyakit Selasa, 30 Agustus 2016 15:11:19

Related Post :
Penyakit
Penyebab Batuk Tak Kunjung…

Penyebab batuk tak kunjung…

Penyakit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Obat Kimia
Triamcinolone Obat Untuk Mengurangi…

Obat yang tergolong obat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Tak hanya sebagai pewarna…

Daun
Manfaat Daun Mint Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Segudang kandungan gizi yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil

  • Penyakit ganglion pada usia 5 tahun

    1 Balasan

    Penyakit

    Berapa lama keberhasilan obat ini untuk anak usia 5 tahun?? Dan apakah anak usia 5 tahun bisa terkena ganglion??

  • khasiat dan manfaat daun putri malu

    1 Balasan

    Penyakit

    berapa dosis yang tepat untuk mengobati batuk berdahak pada anak usia enam tahun

  • Apakah bronkitis bisa sembuh total ?

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat pagi, saya memiliki kakak yang baru-baru ini didiagnosis mengidap penyakit bronkitis. Setelah melakukan serangkaian pengobatan, apakah penyakit bronkitis itu bisa sembuh total ?


Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu Diketahui

Beberapa gejala yang muncul dari…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Rabun Dekat

Informasi tentang rabun dekat serta…

Penyakit
Diagnosa dan Pengobatan Kanker Vagina

Diagnosa dan pengobatan kanker vagina…

Kirim Pertanyaan
Top