Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada Kaki Tangan dan Kepala

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada Kaki, Tangan dan Kepala

Kesemutan atau kebas adalah kondisi yang terjadi karena adanya tekanan pada pembuluh darah maupun saraf yang saling berhubungan. Kesemutan bisa diartikan sebagai bentuk respon tubuh terhadap kinerja saraf ataupun pembuluh darah. Saat saraf mengalami kondisi tertekan ketika mengantarkan arus listrik ke bagian tubuh, maka aliran arus listrik tersebut terganggu sehingga kesemutan terjadi dengan ditandai mati rasa atau kebas di bagian tubuh tertentu seperti tangan, kaki, dan kepala.


Jika hal tersebut terjadi, maka apa bahaya kesemutan (kebas) pada kaki, tangan, dan kepala? Kesemutan bisa terjadi di jangka waktu panjang maupun pendek, tergantung dari penyebabnya. Memang kesemutan tidak berbahaya dan tidak mematikan, namun yang berbahaya adalah penyebab dari kesemutan tersebut. Karena ketika seseorang mengalami kesemutan, dia terindikasi sedang mengalami penyakit serius yang mungkin belum terdeteksi.

Kesemutan bisa jadi pertanda seseorang mengalami diabetes mellitus. Penyakit ini bisa terjadi ketika organ pankreas yang memproduksi hormon insulin, terganggu. Tugas hormon insulin adalah untuk menurunkan kadar gula darah berlebih di dalam tubuh. Biasanya saat kesemutan terjadi akan disertai dengan sensasi terbakar atau rasa seperti sedang ditusuk-tusuk.

Waspadai saat Anda mengalami kesemutan karena bisa mengindikasikan Anda akan terserang penyakit stroke yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah di daerah otak. Gangguan tersebut membuat seseorang mengalami kesemutan di sebagian tubuh dan tak jarang pula ditemukan kasus orang yang tadinya baik-baik saja, lalu didiagnosa mengalami stroke bahkan ada pula yang menyebabkan kematikan jika peyumbatan yang terjadi adalah di daerah jantung.

Tidak hanya stroke, jika Anda pernah mengalami kesemutan pada bagian kepala, waspadai tumor otak. Umumnya orang yang mengalami penyakit tumor otak akan mengalami kesemutan yang ditandai dengan gejala sering pusing, kejang-kejang, mual dan muntah, serta sering pingsan.

Sementara kesemutan yang dirasakan di ujung jari bisa jadi pertanda seseorang mengalami penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS) yang membahayakan karena jika dibiarkan akan terjadi gangguan lebih serius seperti tekanan otot yang mengganggu aliran darah ke tangan. Hal tersebut mengakibatkan otot menjadi kekurangan nutrisi dan mengecil sehingga menjadi lemah.

Selain itu, kesemutan bisa juga menjadi salah satu indikasi seseorang terkena gangguan kesehatan Guillain-barre Syndrome yang disertai dengan gejala batuk, demam tinggi, dan sesak. Kesemutan bisa terasa di seluruh bagian tubuh terutama ujung jari kaki dan tangan.

Cara mengatasi kesemutan yang sederhana diantaranya adalah dengan rutin menggerakkan anggota tubuh, menggosokkan sabut kelapa kering ke bagian yang sedang kesemutan, dan menyirami bagian tubuh yang kesemutan dengan air.

By Ana Rediana - Penyakit Selasa, 30 Agustus 2016 15:11:19

Related Post :
Tips
Anda Suka Kopi? Ketahui…

Ketika bulan Ramadhan, rutinitas…

Kesehatan
Ada Benjolan Di Leher?…

Ada benjolan di leher?…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Konsumsi…

Selain kacang mede, kacang…

Penyakit
Penyebab Dan Faktor Resiko…

Penyebab dan faktor resiko…

Ibu Hamil
Mengetahui Makanan Penguat Kandungan…

Mengetahui makanan penguat kandungan…

Kesehatan
Tes Untuk Mendiagnosa HIV…

Jika Anda mempunyai risiko…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Komplikasi Batu Empedu Dan Cara Pencegahannya

Batu empedu merupakan kondisi terbentuknya…

Penyakit
Ketahui Jenis Cacing Jahat Penyebab Anak Cacingan

Ketahui jenis cacing jahat yang…

Penyakit
Kenali Penyakit Polio Serta Penyebab Dan Gejalanya

Mengenal penyakit polio serta jenis-jenis,…

Kirim Pertanyaan
Top