Dampak Konsumsi Minuman Kekinian Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini, beragam jenis makanan dan minuman inovasi terbaru semakin sering ditemukan. Banyak orang yang menciptakan beragam jenis makanan dan minuman kekinian yang cukup banyak digandrungi oleh masyarakat. 

Bagi para pecinta kuliner pasti sudah sering menemukan beragam jenis minuman kekinian, mulai dari kopi atau teh yang dicampur buah, hingga es serut kepal yang disiram oleh lelehan coklat dan beragam toping diatasnya. 

Meskipun terlihat menggiurkan, namun apakah Anda tahu bahwa minuman kekinian yang seperti itu bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, terutama gigi dan mulut ?


Agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, berikut ini merupakan beberapa dampak konsumsi minuman kekinian bagi kesehatan gigi dan mulut yang perlu diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

  • Es serut kepal

Beberapa waktu lalu, masyarakat dihebohkan dengan hadirnya minuman kekinian yang berbentuk es serut kepal dengan siraman coklat dan beragam jenis toping yang menggiurkan. Meskipun terlihat nikmat, namun minuman yang satu ini ternyata dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan gigi dan mulut. 

Seperti yang diketahui, coklat dan permen mengandung kadar gula yang tinggi. Hal ini tentu membuatnya rentan menempel pada permukaan gigi, yang mana lama-kelamaan dapat menyebabkan timbulnya lubang pada gigi. Kondisi ini bisa semakin memburuk jika seseorang tidak menyikat gigi dan menjaga kebersihan rongga mulut dengan teliti.

  • Kopi atau teh

Sebenarnya kopi dan teh dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, manfaat teh atau kopi ini akan hilang dan justru bisa menyebabkan timbulnya kerusakan pada gigi dan mulut jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Efek samping setelah mengonsumsi kopi dan teh yang sering terjadi yaitu perubahan warna pada gigi. Hal ini disebabkan karna keduanya mengandung tanin, yang membuat tampilan gigi menjadi kuning. 

Parahnya lagi, kopi dan teh juga bisa merusak enamel permukaan gigi dan mengikis lapisan dentin gigi. Hal ini menyebabkan noda pada gigi berubah menjadi plak stain, hingga akhirnya menyebabkan penampilan gigi terlihat kusam, berwarna kuning hingga kecoklatan. 

Selain itu, kopi dan teh juga mengandung kafein yang bisa mengganggu kualitas tidur jika dikonsumsi secara berlebihan. Pada akhirnya kondisi tersebut bisa menyebabkan bruxism atau kebiasaan menggertakkan gigi, sehingga keluhan nyeri dan sakit rahang tidak bisa dihindari. 

  • Minuman bersoda

Tidak sedikit minuman kekinian yang mengandung soda. Minuman jenis ini ternyata berbahaya bagi kesehatan gigi. Kandungan asam, gula, dan karbonasi yang terdapat dialamnya dapat mempercepat pertumbuhan bakteri perusak gigi. 

Selain itu, ketiga kandungan yang ditemukan pada minuman bersoda tersebut juga bisa membuat pengikisan lapisan enamel gigi, yang merupakan lapisan luar pelindung gigi menjadi lebih cepat. 

Pengikisan lapisan enamel gigi ini bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan mudah berlubang. Jika kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda tidak segera dihentikan, maka gigi akan mengalami kerusakan yang fatal. Terlebih lagi jika seseorang tidak menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan seksama.

Anda memang tidak dilarang untuk mengonsumsi minuman kekinian tersebut. Namun, Anda harus tetap ingat bahwa minuman tersebut dapat menimbulkan beragam dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda membatasi atau bahkan menghindari konsumsi minum kekinian tersebut agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 06 Juli 2018 10:42:59

Related Post :
Kesehatan
Nyeri Di Pinggul? Inilah…

Selain nyeri punggung dan…

Kesehatan
Anjuran Makanan Yang Bagus…

Berikut adalah anjuran makanan…

Manfaat
Inilah Khasiat Menakjubkan Kunyit…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme…

Memiliki anak dengan autisme…

Kesehatan
Salah Posisi Angkat Beban…

Kebiasaan salah posisi angkat…

Penyakit
Beberapa Kemungkinan Penyebab Benjolan…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Daftar Makanan Untuk Melancarkan Buang Air Besar

Melancarkan buang air besar bisa…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Daftar menu sarapan sehat untuk…

Kesehatan
Mengenal Tingkatan Pada Luka Bakar Anak Dan Dewasa

Derajat dan tingkatan luka bakar…

Kirim Pertanyaan
Top