Mengapa Setelah Makan Tidak Boleh Langsung Tidur?

Share dan Tag Temanmu di :

Mengapa setelah makan tidak boleh langsung tidur? Hal yang sangat wajar jika kita merasakan mengantuk setelah makan namun perlu anda ketahui ada beberapa bahaya tidur setelah makan.


Berikut dibawah ini penting untuk mengetahui alasan mengapa tidak boleh tidur setelah makan.

  • Berat badan naik

Setelah makan tubuh akan lebih mudah dalam menumpuk lemak saat tidur. Jika anda ingin langsung tidur setelah makan, maka makanlah makanan yang mengandung rendah kalori dan bernutrisi sehat seperti salad, buah, dibanding makan makanan kue atau pizza karena makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi sehingga kita perlu membakarnya agar berat badan tetap ideal.

  • Refluks asam

Setelah makan bisa saja terkena Refluks asam (GERD) karena katup antara kerongkongan dan perut tidak akan langsung menutup. Kondisi ini terjadi jika posisi tidur anda berbaring menghadap kekanan.

  • Dada terasa panas

Akan timbul rasa panas dibagian dada walaupun diawal tidak akan ada efeknya namun jika tubuh dibiarkan istirahat justru sistem pencernaan akan lebih keras dalam bekerja sehingga dapat menyebabkan sensasi panas dibagian dada karena kelebihan asam lambung. Rasa panas tersebut berasal dari perut kemudian naik menuju dada bahkan sampai pada tenggorokan.

  • Serangan jantung

Serangan jantung salah satu efek setelah makan langsung tidur , memang tidak akan langsung terjadi namun jika dibiasakan kemungkinan lemak lebih gampang dan cepat menumpuk yang dapat beresiko naiknya penyumbatan pembuluh darah sehingga meningkatkan pula potensi terkena serangan jantung.

  • Diabetes

Tidak hanya menyebabkan berat badan naik, serangan jantung, setelah makan langsung tidur ternyata diabetes juga menjadi salah satu bahaya yang harus anda waspadai. Karena jika anda mengkonsumsi makanan yang berkalori dan berkarbo tinggi mampu meningkatkan kadar gula darah.

  • Nafas berhenti saat tidur

Refluks yang dapat menjadi penyebab saluran nafas menyempit dan timbulnya sleep apnea. Saat ke dua kondisi tersebut terjadi maka secara tiba-tiba akan lebih rentan dalam mengalami berhenti nafas sewaktu anda sedang tidur.

Inilah Jarak Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Setelah Makan

Anda harus perhatikan jarak atau jeda waktu paling tepat untuk tidur terutama jika anda sudah selesai makan, karena waktu tidur yang terlalu dekat dengan waktu selesai makan dapat menimbulkan efek bahaya bagi kesehatan tubuh.

Waktu tidur yang baik setelah makan yaitu 2 - 3 jam menurut National Sleep foundation. Lebih baik menunggu daripada anda harus mengalami berbagai resiko yang telah dibahas diatas bahkan memberi waktu sekitar 60 - 70 menit bagi perut untuk memproses pencernaan makanan yang ternyata mampu menurunkan resiko stroke.

Itulah alasan mengapa setelah makan tidak boleh langsung tidur? sudah terjawab semuanya dan semoga anda dapat lebih sabar dalam menunggu tubuh beradaptasi dengan makanan yang sudah masuk supaya tidak terjadi kondisi gangguan kesehatan tubuh.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 06 Juli 2018 14:47:08

Related Post :
Kesehatan
Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat…

Mengenali dan membedakan tanda-tanda…

Kesehatan
Feses Berwarna Hijau Ternyata…

Feses berwarna hijau ternyata…

Kesehatan
Penyebab Penderita Stroke Susah…

Penyebab penderita stroke susah…

Tips
Cara Mendeteksi Penyakit Leukemia…

Mengetahui cara mendeteksi penyakit…

Kesehatan
Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi…

Sebelum membeli makanan kemasan,…

Kesehatan
Ini Bahaya Cegukan Terus…

Ini bahaya cegukan terus…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Sering Memakai Celana Jeans Ketat Pria Dan Wanita

Bahaya sering memakai celana jeans…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu Banyak Minum Minuman Kemasan

Selain menyebabkan obesitas, ini bahaya…

Kesehatan
Pilihan Jus Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat

Pilihan jus buah penurun kolesterol…

Kirim Pertanyaan
Top