Waspada! Kondisi Kaki Ini Bisa Jadi Indikasi Adanya Penyakit

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika tubuh mengalami beberapa gangguan pada sistemnya, maka tubuh akan menunjukkan beberapa sinyal. Tanda ini biasanya akan ditunjukkan melalui berbagai hal yang biasanya terlihat dan bisa dirasakan secara fisik. Terdapat beberapa bagian tubuh yang bisanya menunjukkan beragam gejala penyakit, salah satunya yaitu kaki. 

Ahli penyakit kaki dan presiden California Podiatric Medication Association, Carolyn McAloon, menjelaskan bahwa kaki merupakan bagian pertama yang akan terpengaruh jika ada masalah dengan saraf karena letaknya yang paling jauh dari jantung dan tulang belakang. Diperlukan kepekaan untuk bisa mendeteksi penyakit melalui sinyal yang ditunjukan kaki.


Mengenali Kondisi Kaki yang Bisa Jadi Indikasi Adanya Penyakit

Kondisi kaki yang sering kali dianggap sepele ternyata bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit. Untuk mendeteksi penyakit dari kaki bisa dilakukan dengan cara melihat dan merasakan kondisinya. 

Berikut ini merupakan kondisi kaki yang bisa jadi indikasi adanya penyakit yang perlu diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

  • Kaki mati rasa

Kaki yang mati rasa bisa disebabkan oleh kurangnya aliran darah di area tersebut dan menandakan adanya masalah penyakit arteri perifer. Selain itu, kondisi tersebut juga menjadi salah satu gejala umum dari neuropati perifer yang berhubungan dengan diabetes tipe 2. 

Diabetes bisa mempersulit aliran darah ke kaki. Hal ini menyebabkan luka sulit sembuh dan rentan mengalami infeksi. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami kondisi ini. Juga lakukan pola hidup sehat seperti olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya gizi. 

  • Rambut halus di jari kaki botak

Setiap orang, baik pria ataupun wanita memiliki rambut halus di jari kakinya. Namun, jika rambut ini tiba-tiba rontok dan semakin menghilang, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa sirkulasi darah dalam kondisi yang buruk akibat penyakit arteri perifer. 

Ketika plak menumpuk di arteri kaki, maka aliran darah menjadi terbatas hingga bisa merontokkan rambut di jari kaki. Menurut Suzanne Fuchs, DPM, ahli bedah podiatrik di North Shore Universitu Hospital di New York, tanda lainnya yang menunjukkan penyakit arteri ini yaitu jari kaki yang berubah menjadi kekuningan dan kulit di sekitar pergelangan hingga telapak kaki semakin menipis. 

Jika Anda mengalami berbagai gejala tersebut, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Pasalnya, jika tidak segera ditangani, maka penyakit ini bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke hingga berisiko mengalami amputasi. Selain itu, Anda juga bisa mengendalikan gejalanya dengan berhenti merokok, melakukan diet sehat, dan berolahraga secara teratur. 

  • Kaki terasa sakit di pagi hari

Kaki yang terasa sakit dan kaku saat bangun tidur di pagi hari bisa menjadi pertanda dari penyakit rematik atau rheumatoid arthritis. Kondisi ini biasanya akan semakin terasa buruk ketika Anda memijakkan kaki di lantai dan melangkahkannya. 

Selain rematik, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh plantar fasciitis, yaitu kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada jaringan tebal yang menghubungkan tumit ke jari-jari kaki. Untuk membantu mencegah timbulnya plantar fasciitis, Anda bsia meregangkan kaki sebelum beranjak dari kasur. 

Selain karena kedua kondisi tersebut, nyeri kaki di pagi hari juga bisa disebabkan karena kram otot. Lakukan peregangan pada otot kaki sebelum bangun dari tempat tidur untuk menghindari kondisi ini. 

Namun, kram juga bisa menandakan Anda mengalami dehidrasi dan kekurangan kalsium, kalium, dan juga magnesium. Untuk mengatasinya, penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan lengkapi dengan minum air putih sebelum tidur. 

  • Tumit kering dan terkelupas

Jika tumit kaki kering, pecah-pecah, atau terkelupas, mungkin Anda mengalami masalah tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang mengendalikan tingkat metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan perkembangan sistem saraf. Masalah tiroid ini biasanya akan ditandai dengan kekeringan yang cukup parah pada kaki. 

Untuk membedakannya dengan kaki kering biasa, Anda bisa mencoba menggunakan pelembab selama beberapa hari. Jika tidak mengalami perubahan, maka cobalah perhatikan apakah Anda mengalami berbagai gejala lain seperti kenaikan berat badan, tangan mati rasa, sering gemetaran, jantung berdebar-debar, atau pandangan yang kabur. 

Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka itu tandanya Anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi yang sebenarnya. 

  • Timbul garis merah di bawah kuku kaki

Garis merah yang timbul di bawah kuku kaki bisa menjadi pertanda adanya pembuluh darah yang pecah atau dikenal dengan perdarahan splinter. Kondisi ini terjadi ketika gumpalan darah kecil merusak kapiler kecil di bawah kuku. Kondisi ini umumnya menandakan adanya infeksi pada lapisan jantung (endokarditis). 

Mereka yang memiliki penyakit jantung, menggunakan alat pacu jantung, atau yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh lebih berisiko mengalami kondisi ini. Jika ini tidak segera diatasi, maka infeksi ini bisa mengakibatkan gagal jantung. Maka dari itu, segra kondultasikan dengan dokter untuk memeriksa kondisi jantung dan peredaran darah jika Anda melihat adanya perdarahan pada kuku kaki tanpa sebab yang jelas. 

  • Jempol kaki terasa sakit dan bengkak

Jempol kaki yang mengalami pembengkakan, merah, keras, dan terasa sakit bisa menjadi pertanda adanya asam urat, yaitu radang sendi yang biasanya menyerang jempol kaki. Jika ini terajdi, maka kemungkinan besar Anda baru saja mengonsumsi makanan yang dapat memicu asam urat. 

Makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, ikan, seafood, kacang-kacangan, dan alkohol jenis tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Asam urat normalnya akan dikeluarkan melalui urine, tetapi jika kadarnya berlebihan dan yang dikeluarkan kurang, maka bisa terjadi pengendapan dan biasanya menyerang jempol atau pergelangan kaki. 

  • Timbul bintik hitam atau garis di bawah kuku kaki

Timbulnya bintik dan garis hitam atau gelap di bawah kuku kaki bisa menjadi pertanda adanya melamona lentiginous acral atau melamona tersembunyi. Penyakit ini termasuk kanker kulit yang timbul di bagian tubuh tidak jelas, seperti mata dan mulut. Garis gelap ini biasanya memanjang dari pangkal ke ujung kuku. Untuk memastikan apakah ini gejala dari kanker atau bukan, Anda perlu memeriksanya ke dokter kulit. 

Perubahan warna kuku lainnya juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang biasanya berwarna coklat kuning dan menyebar di seluruh bagian kuku. Untuk itu, cobalah untuk lebih peka ketika Anda memotong kuku agar bisa mendeteksi adanya penyakit dari kaki secara dini. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 07 Juli 2018 15:54:36

Related Post :
Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan…

Terapi pengobatan dan penyembuhan…

Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Tips
Cara Cepat Berhenti Merokok…

Tidak sedikit para perokok…

Penyakit
Cara Efektif Mengatasi Penyakit…

Cara efektif mengatasi penyakit…

Kesehatan
Ini Bahaya Akibat Sering…

Waspadai jangan sering dan…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pertolongan Pertama untuk Atasi Luka Diabetes

Untuk mencegah luka diabetes semakin…

Kesehatan
Pantangan Bagi Penderita Asma Yang Perlu Diketahui

Pantangan bagi penderita asma yang…

Kesehatan
Penyebab Menurunnya Nafsu Makan saat Stress

Tingkat stress bisa berpengaruh pada…

Kirim Pertanyaan
Top