Tips Kurangi Rambut Rontok dari Dalam dengan Makanan Berikut!

Share dan Tag Temanmu di :

Rambut merupakan mahkota yang dapat menunjang penampilan seseorang. Memiliki rambut yang sehat dan lebat tentu menjadi keinginan semua orang. Untuk mendapatkannya, tidak sedikit orang yang rela melakukan beragam perawatan atau membeli berbagai produk perawatan rambut, yang tentunya ini memerlukan biaya yang cukup besar. 

Meskipun begitu, terkadang perawatan dan penggunaan produk yang tidak tepat bisa menimbulkan masalah, salah satunya yaitu rambut rontok. Selain ketombe, rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang cukup banyak dialami. 

Masalah rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keturunan, ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kekurangan zat gizi tertentu, kehamilan, obat atau perawatan penyakit tertentu, seperti perawatan kanker, stres, dan sirkulasi darah yang tidak memadai di kulit kepala. 


Jenis-Jenis Makanan untuk Bantu Kurangi Rambut Rontok dari Dalam

Jika rambut rontok tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan kebotakan. Ada berbagai tips kurangi rambut rontok yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan memilih makanan yang tepat. 

Selain perawatan luar, Anda juga bisa mengatasi rambut rontok dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Pasalnya, apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan, termasuk rambut. 

Perlu diketahui, ternyata makanan dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Zat-zat yang terkandung dalam makanan diperlukan oleh sel-sel kulit kepala untuk menumbuhkan atau mengurangi rambut rontok. Dan berikut ini merupakan beberapa makanan untuk kurangi rambut rontok dari dalam secara efektif, yaitu :

  • Vitamin C

Selain bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang merupakan elemen penting dari rambut. Tidak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah rambut patah.

Mengonsumsi 250 mg vitamin C perhari bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin C diantaranya seperti buah jeruk, jambu biji, stroberi, bayam, dan paprika merah.

  • Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan karena protein dikenal sebagai zat pembangun. Protein bermanfaat untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. 

Makanan sumber tinggi protein sangat banyak dan mudah untuk ditemukan, diantaranya seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. 

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut. Vitamin E dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak keratin untuk menghentikan kerusakan rambut. 

Menambahkan sekitar 400 IU vitamin E dalam menu makanan sehari-hari Anda bisa membuat rambut cepat panjang dan berkilau. Dan jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  • Vitamin B kompleks

Vitamin B termasuk biotin (vitamin B7) dan vitamin B6 dapat membantu mengurangi rambut rontok dengan meningkatkan sirkulasir darah di kulit kepala dan meremajakan folikel rambut. Disamping itu, vitamin B5 atau asam pantotenat juga bisa mencegah rambut rontok dan penipisan pada rambut. 

Anda bisa menemukan vitamin B kompleks dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran, seperti alpukat, pisang, apel, bayam. brokoli, kubis, kembang kol, asparagus. Selain pada buah dan sayur, vitamin B kompleks juga terkandung pada daging, seafood, kacang-kacangan, telur, dan produk susu. 

Mengonsumsi vitamin B kompleks sebanyak 100 mg setiap harinya dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks dalam bentuk suplemen. 

  • Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial omega-3 bisa membantu menghentikan rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut. Asam lemak juga dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut menjadi lebih berkilau. 

Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 ini dari kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond, ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden, alpukat, serta bayam. 

  • Zat besi

Zat besi merupakan unsur yang penting untuk rambut. Rambut rontok bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi. Penelitian menunjukkan jika kadar feritin atau protein yang menunjukkan jumlah total cadangan besi dalam tubuh mungkin rendah pada wanita dengan rambut rontok. Zat besi banyak terkandung dalam sayuran berdaun hijau, daun bawang, kacang mede, buah-buahan kering, daging, unggas, sereal, dan pasta yang telah difortifikasi. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi jika memang sangat kekurangan. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen zat besi. 

  • Metil Sulfonyl Metana (MSM)

MSM dapat membantu memproduksi keratin (protein rambut). Keratin inilah yang akan membantu memperkuat rambut. Sebuah studi menemukan jika orang yang mengonsumsi MSM mengalami pengurangan rambut rontok dan pertumbuhan rambut meningkat hanya dalam waktu 6 bulan. Susu, tomat, dan jagung merupakan beberapa contoh bahan makanan yang mengandung MSM.

Selain itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala untuk mencegah timbulnya kerontokan pada rambut. Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rambut rontok, yaitu :

  • Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala
  • Menjaga kebersihan benda-benda yang kontak langsung dengan rambut
  • Jangan biarkan kulit kepala atau rambut berkeringat
  • Lindungi rambut dari sinar matahari
  • Pilihlah produk sampo dan kondisioner yang cocok dengan rambut.

By Sri Maryati - Tips Rabu, 11 Juli 2018 14:39:55

Related Post :
Penyakit
Bahaya Dan Efek Buruk…

Bahaya dan efek buruk…

Manfaat
Manfaat Kaca Mata Hitam…

Manfaat Kaca Mata Hitam…

Kesehatan
Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi…

Berikut adalah berbagai dampak…

Alami
Obat Sakit Pinggang Alami…

Obat sakit pinggang alami…

Kesehatan
Nutrisi Vitamin D untuk…

Memenuhi kebutuhan vitamin D…

Alami
Obat Penurun Trigliserida Tinggi…

Pada saat ini tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mencegah Amputasi Kaki pada Penderita Diabetes

Untuk mencegah pembusukan yang lebih…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Kambuh

Selain mengobati, penderita juga harus…

Tips
Patut Dicoba! Cara Mengempeskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Patut Dicoba! Cara mengempeskan pipi…

Kirim Pertanyaan
Top