Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi Susu Kental Manis Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Terlalu sering mengonsumsi susu kental manis ternyata dapat memberikan efek atau dampak negatif yang merugikan tubuh. Terlebih baru-baru ini BPOM telah merilis pernyataan bahwasannya SKM (susu kental manis) tidak mengandung susu. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.


Baru-baru ini masyarakat Indonesia tengah di hebohkan dengan pernyataan resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bahwasannya susu kental manis tidak mengandung susu melainkan hanya mengandung lemak susu, gula dan sedikit protein. Mengingat selama ini, masyarakat sering menyajikan susu kental manis khususnya untuk anak sebagai alternatif dari susu bubuk yang cukup mahal juga menjadi pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna.

Susu alami memang memiliki manfaat kebaikan bagi tubuh, namun tidak dengan usu kental manis yang didalamnya hanya mengandung bahan-bahan tambahan yang mana bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering.

Sehingga dalam edaran yang baru, produk yang telah berubah nama menjadi krimer kental manis ini di peruntukan sebagai tambahan adonan pembuat roti, toping berbagaui jenis makanan, campuran pada jus, es buah dan lainnya. Dan ini menujukkan bahwasannya susu kental manis memang bukan di peruntukan untuk diminum secara rutin layaknya minuman sehat lainnya.

Selain diketahui berbahaya untuk anak-anak, bukan berarti untuk orang dewasa juga tidak memikiki dampat negatif.  Tentunya pada orang dewasa juga tentunya memiliki dampak yang negatif, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, apabila Anda kini telah terlanjur terlalu sering menjadi susu kenttal manis sebagai pengganti prosuk susu, maka sebaiknya segera hentikan mulai dari sekarang. Karena itu hanya akan memberikan dampak negatif pada tubuh Anda.

Berbagai dampak terlalu sering mengonsumsi susu kental manis bagi kesehatan tubuh

Berikut adalah berbagai dampak yang juga bisa dikatakans ebagai efek samping terlalu sering mengonsumsi susu kental manis untuk tubuh.

  • Meningkatkan resiko terkena obesitas

Dampak berbahaya pertama yang bisa ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi susu kental manis iala dapat memicu timbulnya penyakit obesitas. Hal tersebut lantaran kandungan gulanya yang begitu tinggi didalamnya, yang mana terlihat dari rasa manis yang begitu terasa dari susu kental manis. Selain itu, kandungan karbohidrat yang dimilikinya menjadikan susu kental manis dapat menjadi salah satu penyebab obesitas jika mengonsumsinya terlalu sering dan berlebihan.

  • Meningkatkan resiko terkena diabetes

Diabetes merupakan salah satu diantara penyakit mematikan teringgi di dunia.  Penyakit ini sendiri disebabkan oleh kadara gula yang terlalu tinggi didalam tubuh. Sehingga tak heran jika susu kental manis yang mengandung gula tinggi ini bisa meningkatkan seseorang menderita diabetes jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Maka dari itu, mulai sekarang sebaiknya tidak mengonsumsi susu kental manis dalam jumlah yang terlalu banyak ya!

  • Menjadi pemicu sesak napas pada anak balita

Sejatinya, anak yang masih berusia balita tidak diperkenankan untuk mengonsumsi susu kental manis. Sebab didalamnya mengandung gula dan juga lemak yang tinggi. Dan lambung anak belum cukup kuat untuk menerima gizi tersebut. Hal tersebut bisa mengakibatkan adanya lendir pada bagian tengorokan sehingga anak akan batuk pada malam hari saat tidur. Apabila lendir tersebut dibiarkan maka bisa saja memicu anak mengalami sesak napas.

  • Melemahkan daya tahan tubuh

Tak sedikit orang tua yang memberikan susu kental manis dengan harapan mampu memenuhi kebutuhan zat dan gizi pada si kecil layaknya yang terdapat dalam susu murni.  Namun hal tersebut ternyata keliru. Malah kandungan zat yang terdapat didalam SKM ini tidak dapat diolah menjadi nutrisi yang baik bagi tubuh. Bahkan kandungan yang terdapat didalamnya dipercaya justru akan menurunkan serta melemahkan daya tahan tubuh si kecil.

  • Kandungan kasium dan protein yang rendah

Mungkin salah satu tujuan dari banyaknya orang yang mengonsumsi susu kental manis ini ialah untuk memenuhi nutrisi tulang agar semakin kuat. Namun sayangnya susu kental manis ini memiliki kandungan gizi yang cukup berbeda jauh dengan susu murni. 

Hal tersebut lantaran susu kental manis diolah dengan kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga cenderung memiliki kndungan gizi yang rendah. Mengonsumsi susu kental manis dengan dengan jumlah yang banyak juga nyatanya hanya akan menambah berat badan bukan memperkuat tulang Anda. 

  • Merusak gigi

dampak terlalu sering mengonsumsi susu kental manis yang terakhir adalah dapat merusak gigi. Hal tersebut lantaran hanya terdapat kandungan gula yang tinggi di dalam susu kaleng ini. Maka tak heran jika mampu menyebabkan terjadinya keruksakan pada gigi, terlebih apabila tidak dibarengi dengan menggosok gigi secara rutin setiap harinya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait efek samping atau dampak terlalu serig mengonsumsi susu kental manis bagi tubuh khususnya bagi Anak. Maka dari itu sejatinya mengonsumsi susu atau krimer kental manis itu tidak dilarang. Hanya saja sebaiknya tidak diberikan kepada anak balita dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan atau terlalu sering seperti halnya dijadikan sebagai minuman sehat layaknya susu alami pada umumnya. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 11 Juli 2018 14:53:20

Related Post :
Penyakit
Diagnosa dan Pengobatan Kista…

Diagnosa dan pengobatan kista…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Makan…

Mie instan merupakan salah…

Tips
Tips Dan Cara Menghilangkan…

Berikut adalah beberapa tips…

Tips
Cara Efektif Menyembuhkan Bicara…

Cara efektif menyembuhkan biacara…

Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Anemia Pada…

Jangan pernah menganggap remeh…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Untuk Mengatasi Sembelit Paling Efektif

Makanan untuk mengatasi sembelit paling…

Kesehatan
Penyebab Pembuluh Darah Pecah Di Mata Yang Perlu Di Waspadai

Berikut adalah berbagai penyebab pembuluh…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top