Tips Agar Tidak Mudah Sakit saat Suhu Dingin dari Dokter

Share dan Tag Temanmu di :

Belakangan ini, beberapa daerah di Indonesia mengalami penurunan suhu hingga cenderung lebih dingin dari biasanya. Bahkan, di kawasan Dieng, Jawa Tengah, embun pagi bisa menjadi beku, sehingga membuat pemandangan di sekitarnya mirip seperti suasana musim dingin yang bersalju. 

Suhu dingin ini diketahui disebabkan karena bumi sedang dalam jarak terjauh dari matahari, namun bisa juga disebabkan karena perubahan iklim yang ekstrem. Apapun alasannya, perubahan suhu ini ternyata bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. 

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bagi sebagian orang, suhu udara yang dingin ini ternyata bisa memicu timbulkan masalah kesehatan, seperti alergi dingin yang bisa memicu timbulnya gejala seperti sesak napas hingga bentol dan gatal di kulit. 

Selain itu, suhu dingin ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih kering, bibir pecah-pecah, mimisan, hingga telapak kaki retak. Tidak hanya itu, kita juga akan cenderung menjadi lebih rentan terkena infeksi virus dan bakteri yang menyerang saluran pernapasan. 


Meskipun suhu yang lebih dingin ini bisa membuat kita lebih nyaman karena tidak perlumenggunakan kipas angin atau AC, akan tetapi kita harus tetap menjaga tubuh tetap hangat agar bisa terhindari dari berbagai risiko gangguan kesehatan yang bisa timbul. 

Berikut ini merupakan beberapa tips agar tidak mudah sakit saat suhu dingin yang disarankan oleh dokter, yaitu diantaranya :

  • Menghangatkan diri

Saat merasa kedinginan, salah satu cara yang biasanya dilakukan banyak orang yaitu menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, agar tubuh tetap hangat, usahakan untuk menghindari kontak udara dingin secara langsung pada kulit. Gunakanlah pakaian yang tebal dan nyaman sehingga tubuh tetap hangat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman hangat.

  • Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Menjaga pola makan sehat dan bergizi memang sangat penting dilakukan. Hal ini disebabkan karena tubuh pasti memerlukan lebih banyak energi dan nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuh dan mempertahankan kebugaran sehingga tidak mudah sakit. 

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Jangan abaikan asupan air putih yang diperlukan tubuh setiap harinya. Pastikan Anda cukup m inum walaupun cuaca dingin, karena tubuh tetap akan mengalami dehidrasi jika Anda tidak minum air putih secara cukup. Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan ciaran, maka kondisi ini justru bisa memperburuk kondisi kesehatan. 

Selain itu, hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman bersoda karena bisa memperberat dehidrasi dan tubuh menjadi tidak tahan terhadap suhu dingin. 

  • Aplikasikan krim ke bibir dan hidung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suhu dingin bisa membuat bibir kering. Maka dari itu, pastikan untuk selalu membawa dan mengoleskan krim pada bibir agar tetap lembab. Begitu juga dengan hidung. 

Mimisan atau keluar darah dari hidung sering terjadi pada merka yang sering mengalami kekeringan pada lubang hidung. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga area hidung tetap lembab seperti menggunakan masker atua yang lainnya agar Anda tidak menghirup udara dingin secara langsung. 

  • Gunakan losion

Selain hidung dan bibir, Anda juga harus menjaga kulit tetap lembab. Caranya, Anda bisa mengoleskan losion saat diperlukan. Karena udara dingin bisa membuat kulit kering dan kaku, mak pastikan untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Itulah beberapa tips agar tidak mudah sakit saat suhu dingin menurut dokter. Semoga tips tersebut bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh selama suhu dingin. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 13 Juli 2018 14:11:39

Related Post :
Kesehatan
Menakutkan! Ini Segudang Bahaya…

Menakutkan! Ini segudang bahaya…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita…

Selain melakukan pengobatan, penderita…

Kesehatan
5 Pilihan Menu Takjil…

Berikut adalah pilihan menu…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh…

Jika dalam kadar normal,…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Spiramycin Untuk…

Spiramycin biasanya dipakai untuk…

Manfaat
Ini Manfaat Luar Biasa…

Beragam kandungan gizi dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Sering Merasakan Penglihatan Mata Kabur? Ini Solusinya

Sering Merasakan Penglihatan Mata Kabur?…

Tips
Cara Mencegah Amputasi Kaki pada Penderita Diabetes

Untuk mencegah pembusukan yang lebih…

Kirim Pertanyaan
Top