Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda pernah mengalami mata berkedut ? Kondisi ini tentu bisa membuat penderitanya tidak nyaman dan biasanya sering dikaitkan dengan nasib atau kejadian yang akan terjadi. Namun, disamping itu, ternyata ada alasan ilmiah di balik mata kedutan. Apakah itu ? Yuk ketahui informasi lengkapnya dibawah ini !

mata kedutan. Apakah itu ? Yuk ketahui informasi lengkapnya dibawah ini !


Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan

Mata kedutan bisa terjadi karena adanya kontraksi otot-otot mata. Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu singkat, tetapi ada juga yang berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. 

Secara medis, terdapat beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi mata kedutan yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

  • Mata kering

Kondisi mata yang kering bisa menjadi penyebab mata kedutan. Mata kering sering dialami oleh mereka yang sering menggunakan komputer, berusia di atas 50 tahun, mengonsumsi obat-obatan tertentu (antihistamin, antidepresan, dll), menggunakan lensa kontak, dan mengonsumsi minman berkafein atau alkohol. Selain itu, lelah dan stres juga bisa meningkatkan risiko mata kering. 

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, maka segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan dan saran yang terbaik. Mengembalikan kelembaban mata mungkin bisa membantu menghentikan mata berkedut dan mengurangi risiko mata kering. 

  • Mata lelah

Mata yang bekerja terlalu berat bisa membuat mata lelah sehingga menyebabkan kedutan. Tidak hanya itu, mata lelah juga bisa disebabkan karena penggunaan komputer atau gadget yang berlebihan. Untuk mengurangi kondisi tersebut, cobalah untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit.

  • Stres

Stres bisa membuat tubuh menimbulkan reaksi tertentu, salah satunya yaitu kedutan pada mata. Selain kedutan, stres juga bisa menyebabkan mata lelah. Stres akan meningkatkan ketegangan dan membuat otot-otot dikelopak mata berkontraksi secara tidakd isadari dan berulang-ulang. 

Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda rileks, seperti melakukan hobi, menghabiskan waktu dengan teman dan keluarg, atau berlibut ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Selain itu, latihan yoga atau bernapasan juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi mata kedutan karena stres.

  • Alergi

Biasanya penderita alergi mata akan mengalami mata gatal, bengkak, berair, dan berkedut. Histamin yang dikeluarkan tubuh saat alergi bisa memiccu timbulnya kedutan pada mata. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda gunakan pelindung mata jika memiliki riwayat alergi tertentu, seperti debu, bahan kimia tertentu, dan bulu binatang.

  • Konsumsi minuman tertentu

Mengonsumsi makanan atau minuman yang berkafein terlalu banyak bisa memicu timbulnya kedutan pada mata. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari konsumsi teh, kopi, coklat, dan minuman bersoda. Selain minuman berkafein, minuman beralkohol juga bisa menyebabkan mata kedutan. 

  • Gangguan nutrisi

Beberapa studi menemukan bahwa kekurangan zat gizi tertentu seperti magnesium bisa menjadi penyebab mata kedutan. Maka dari itu, pastikan untuk memenuhi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Kandungan magnesium tinggi bisa diperolah dari sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sebagainya.

Untuk mengatasi mata kedutan, istirahat merupakan cara yang paling efektif. Pasalnya, stres dan kurang tidur merupakan sumber masalah dari mata kedutan. Tidak hanya itu, Anda juga harus membatasi penggunaan gatget dan penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Meskipun begitu, suntik botox terkadang diperlukan jika masalah mata kedutan yang dialami sudah kronis. Suntik tersebut pun perlu diulang setiap beberapa bulan sekali sampai kedutan pada mata benar-benar sepenuhnya berhenti. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 16 Juli 2018 11:25:09

Related Post :
Kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari…

Selain mengonsumsi obat penurun…

Daun
Kenali Berbagai Manfaat Daun…

Kenali berbagai khasiat dan…

Tips
Hidung Tersumbat? Ketahui Cara…

Anda sedang mengalami hidung…

Kesehatan
Metode Terapi Pengobatan Epilepsi

Metode terapi pengobatan epilepsi…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Berikut adalah berbagai jenis…

Alami
Terapi Penyembuhan Syaraf Kejepit…

Terapi penyembuhan syaraf kejepit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Larangan Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Hipertiroid !

Berikut adalah larangan dan pantangan…

Kesehatan
Terapi Pengobatan Kanker Paru-Paru

Terapi pengobatan kanker paru-paru tergantung…

Kesehatan
3 Gerakan Sederhana untuk Mengurangi Mata Lelah

Bekerja di depan komputer dalam…

Kirim Pertanyaan
Top