Cara Mengatasi Mata Juling Sebelah Pada Anak Balita Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi mata juling sebelah khususnya pada bayi dan balita tak ternyata hanya harus selalu dengan operasi. Beberapa cara alaternatif lainnya juga bisa di tempuh untuk menyembuhkan masalah koordinasi otot penggerak bola mata ini secara alami. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda tidak melewatkan untuk menyimak ulasan singkat berikut ini. 

Mata juling atau strabismus adalah salah satu gangguan pada mata dimana arah mata satu dengan yang lainnya tidak nampak sejajar. Seperti saat kita mengajak bicara penderitanya, maka salah satu matanya akan nampak ke arah kita, namun mata lainnya akan melihat ke arah lainnya. 

Mata juling sendiri pada umumnya dapat dialami oleh siapa bahkan dari sejak lahir. Mulai dari bayi, balita, anak hingga orang dewasa dapat mengalami kondisi ini. Masalah strabismus ini umumnya dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stero (3D). Sedangkan pada anak bisa berkembang menjadi mata malas atau ambliopia.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena kondisi ini sejatinya masih bisa di sembuhkan salah satu caranya dengan operasi. Hanya saja, diperlukan penanganan dengan segera terutama pada kasus mata juling bayi dan balita, sehingga gangguan pada mata ini tidak akan berkembang menjadi semakin parah. Dan selain dengan operasi, ternyata masih banyak cara mengobati mata yang juling lainnya yang dipercaya memberikan hasil hasil yang cukup efektif, diantaranya dengan melakukan beberapa terapi alami.

Cara mengatasi mata juling sebelah pada bayi dan amak balita secara alami tanpa operasi

Setelah pada kesempatan sebelumnya kita embahas terkait penyebab dan gejala mata juling, berikut adalah berbagai cara alami yang bisa Anda tempuh untuk mengobati mata juling khususnya pada bayi dan balita.

1. Terapi penglihatan

Terapi yang satu ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mata dalam memfokuskan bayangan dan juga meningkatkan koordinasi mata. Terapi ini terdiri dari beberapa aktivitas visual yang mana nantinya di harapkan bisa memperbaiki penglihatan pada penderita mata juling. Dan karena aman maka terapi ini dapat di terapkan pada bayi dan balita yang memiliki masalah mata juling. Terapai ini bisa diterapkan pada bayi, misal dengan merangsang bayi agar nelihat ke berbagai arah. Terapi ini juga bisa dilakukan  sendiri di rumah sehingga mata bayi dan balita menjadi semakin terlatih.

2. Latihan untuk fokus

Latihan ini berfokus untuk meninkatkan fokus penglihatan pada pnderita , dimana penderita diharuskan melihat benda yang dekt terlebih dahulu dan harus fokus melihat benda tersebut selama beberapa detik. Setelah itu, langsung alihkan pandangannya ke bena yang lain yang terdapat di ruangan tersbut. Latihan ini juga harus berkembang dan diatur jarak benda dari mata, mulai dari dekat hingga jauh Saat awal latihan, mungkin hal ini bisa menjadi penyebab mata merah dan berair pada bayi, namun anda tidak perlu khawatir karena ini hanya sementara. 

3. Melakukan relaksasi

Jenis gerapi ini dugunakan unruk merelaksasi otot mata juling sehingga bisa menjadi lebih tenang dan tidak tegang. Caranya cukup dengan menggosokan ke dua tangan secara bersamaan hingga hangat. Kemusia letakan telapak tangan dimata yang tertutup. Usahakan bayi maupun balita melakukan itu dengan rileks dan santai, dan menjaga posisi ini selama 5 detik dan ulangi beberapa kali.

4. Terapi memindahkan target yang telah di tentukan

Terapi alami ini biasanya dapat dilakukan saat si kecil telah berusia balita, sehingga bisa diajari untuk melakukannya. Terapi ini sendiri sangat bermanfaat untuk menguatkan otot mata sehingga bisa menjadi fokus meski benda itu tidak bergerak. Adapun untuk caranya, Adalah dengan melihat benda yang ada di depan mata dengan fokus. Setelah itu, ambil benda tersebut dan angkat hingga setinggi mata kemudian bawa mendekat hingga hidung. Apabila pandangan menjadi kabur atau buram, maka sebaiknya segera melihat obje lain. Dan dalam tahap ini sebagai orang tua kita dituntut untuk memberikan peranan penting.

5. Menutup mata sementara

Cara mengatasi mata juling sebelah yang satu ini sangat mudah. Bunda hanya perlu menempelkan penutup mata pada mata bayi atau balita dengan ketegangannya lebih kuat sehingga bisa menekan mata bayi yang lemah. Penutup mata sementara ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, mulai dari mingguan hingga bulanan. Dengan pemasangan penutup mata sementara ini diharapkan fokus mata si kecil akan lebih baik daripada sebelumnya. Sehingga mata si kecil dapat bergerak ke arah yang sama dan juga dengan kecepatan yang sama.

Selain dari pada itu masih banyak lagi cara mengatasi mata juling pada bayi dan balita secara alami tanpa operasi, yang bisa bunda lakukan di rumah. Diantaranya dengan memijat area mata dengan lembut, melakukan olahraga mata, mengurangi rangsangan terhadap cahaya, melakukan gerakan tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya saja pengobatan yang lebih efektif tentunya harus di periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 16 Juli 2018 22:08:23

Related Post :
Alami
Obat Herbal Hidrosalping Paling…

Obat herbal hirosalping atau…

Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk…

Efek samping dan fungsi…

Penyakit
Cara Mencegah Anyang-Anyangan Pada…

Berikut adalah cara mencegah…

Manfaat
20 Manfaat Petroleum Jelly…

Berikut adalah khasiat dan…

Tips
Cara Cepat Berhenti Merokok…

Tidak sedikit para perokok…

Tips
Cara Sehat Untuk Menjaga…

Berbagai cara sehat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Ini Ciri-ciri Tipes Yang Sudah Parah

Waspadai ini ciri-ciri tipes yang…

Penyakit
Ketahui Komplikasi Penyakit Radang Panggul

Radang panggul merupakan infeksi organ…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top