Mewaspadai Dampak Negatif Berdiri Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin banyak yang menganggap jika bekerja atau beraktivitas dengan berdiri dinilai lebih baik dibandingkan dengan duduk. Maka tak heran jika saat ini tren kerja di balik standing desk aatu meja berdiri menjadi populer dan dipercaya sebagai solusi gaya hidup sedentari atau malas bergerak yang membahayakan kesehatan. 

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui jika terlalu banyak duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Namun, bukan berarti bekerja dengan berdiri dalam waktu yang lama juga aman. 

Sebuah riset dari Curtin University di Australia menemukan fakta bahwa bekerja sambil berdiri bukanlah alternatif yang baik untuk karyawan kantor. Riset yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan jika berdiri dalam waktu yang lama bisa menimbulkan dampak negatif  bagi produktivitas dan kesehatan. 


Fakta medis juga mengungkapkan bahwa berdiri terlalu lama memang dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan. Dan berikut ini berupakan beberapa dampak negatif berdiri terlalu lama bagi kesehatan yang perlu diketahui dan diwaspadai, yaitu diantaranya :

  • Kelemahan dan nyeri otot kaki

Posisi tubuh saat berdiri memerlukan dukungan dari otot-otot yang ada di kaki. Jika otot-otot yang ada di kaki digunakan untuk hal tersebut secara berulang dan terus-menerus, maka cepat atau lambat otot pada bagian ini akan menjadi lemah dan terasa nyeri. 

Tidak hanya itu, otot yang digunakan untuk menumpu tubuh dalam jangka panjang juga bisa menimbulkan penumpukan metabolisme gula otot seperti asam laktat. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kram dan kesemutan pada kedua kaki. 

  • Risiko penyakit jantung

Berdiri dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan aliran darah balik dari kaki ke jantung mengalami gangguan akibat proses gravitasi. Hal ini bisa menimbulkan risiko terjadinya arterosklerosis atau dikenal juga sebagai plak pada pembuluh darah jantung. Jika plak ini lepas, maka aliran darah ke jantung bisa mengalami gangguan. Akibatnya, bisa terjadi penyakit jantung atau serangan jantung. 

  • Varises kaki

Ketika terlalu lama berdiri, darah di daerah kaki akan berkumpul pada pembuluh darah di bagian tubuh tersebut. Akibatnya, hal ini akan membuat pembuluh darah pada kaki melebar dalam jangka waktu tertentu sehingga terjadilah varises kaki

Gejala awal varises kaki yaitu adanya pembuluh darah yang menonjol dan berbentuk keriting. Kondisi varises kaki, terutama di paha bagian belakang, bisa disebabkan akibat berdiri terlalu lama. Selain tidak enak untuk dilihat, varises pada kaki juga berbahaya karena bisa menimbulkan risiko kesehatan lainnya. 

  • Nyeri pinggang kronik

Selain otot-otot kaki, otot-otot panggul, pinggang, dan otot sekitar tulang belakang juga ikut berperan untuk mempertahankan postur tubuh saat berdiri. Jika otot-otot tersebut berkontraksi terlalu lama, maka sangat mungkin terjadi nyeri pinggang kronik. 

Selain itu, saat berdiri dalam waktu yang lama, sendi-sendi di sekitar pinggang juga ikut menerima beban dari tubuh yang berada di atasnya. Hal ini bisa memicu terjadinya nyeri pinggang dan nyeri punggung kronik. Risiko ini bisa meningkat pada ibu hamil trimester akhir. 

Itulah beberapa dampak negatif berdiri terlalu lama yang perlu diketahui. Para ahli menyebutkan sebenarnya kerja sambol berdiri tidak bisa benar-benar menggantikan aktivitas fisik yang perlukan oleh tubuh. Selain berdiri, Anda juga harus banyak bergarak. Maka sebaiknya Anda berganti-ganti posisi saat bekerja. 

Akan tetapi, jika Anda diharuskan bekerja sambil berdiri dalam waktu yang lama, maka sebaiknya lakukan peregangan kecil, seperti dengan berjalan di sekitar tempat kerja atau berpindah tempat. 

Selain itu, juga lakukan kebiasaan hidup sehatm seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 17 Juli 2018 10:23:11

Related Post :
Alami
Obat Kecanduan Narkoba Dari…

Narkoba bukanlah hal yang…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Stenosis Spinal…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Inilah Perebedaan Paru-paru Perokok…

Inilah perbedaan paru-paru perokok…

Penyakit
Jenis-Jenis Pengobatan Penyakit Batu…

Pengobatan penyakit batu empedu…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Oatmeal…

Kandungan dan manfaat oatmeal…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah kegunaan khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Aneh! Penyakit Ini Bikin Penderitanya Miliki Kemampuan Super

Berbeda dengan penyakit pada umumnya,…

Kesehatan
Kesehatan
Pilihan Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Osteoarthritis

Meskipun mengidap penyakit osteoarthritis, Anda…

Kirim Pertanyaan
Top