Cara Mengatasi BAB Berdarah Pada Ibu Hamil Yang Tepat

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi BAB berdarah khususunya yang terjadi pada ibu hamil sebaiknya harus segera dilakukan. Meski beberapa dari penyebabnya diketahui tidak berbahaya, namun keluhan ini sebaiknya harus segera di periksakan ke dokter. Selain untuk menghilangkan berbagai ketidaknyamanan dan kekhawatiran pada ibu hamil, penangan yang tepat juga berguna untuk antisipasi kondisi yang tidak di harapkan lebih dini.

Pada umumnya, terdapat beberapa kondisi yang diketahui mampu menjadi penyebab BAB berdarah saat hamil. Salah satunya adalah wasir. Bahkan kondisi ini tergolong cukup umum di temukan pada ibu hamil, terlebih pada trimester akhir serta beberapa minggu menjelang persalinan. Wasir sendiri terjadi pada saat pembuluh darah dibagian anus melebar seperti bengkak.

Dan saat dilalui tinja yang keras saat buang air besar, maka pembuluh darah yang bengkak tersebut dapat robek dan terjadi pendarahan. Sehingga terjadilah fenomena BAB berdarah. Adapun darah yang keluar biasanya berwarna cerah dan jumlahnya hanya sedikit.

Selain wasir, BAB berdarah pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Seperti fisura ani, dimana dinding anus mengalami robekan. Kondisi umumnya menimbulkan keluhan nyeri pada anus. Dan hampir serupa dengan wasir, kondisi ini bisa dipicu tinja yang keras akibat konstipasi. Dan konstipasi atau sembelit juga sering kali terjadi pada ibu hamil.

Cara mengatasi BAB berdarah pada ibu hamil secara tepat dan alami di rumah

Sejatinya, BAB berdarah ringan pada ibu hamil yang disebabkan oleh wasir akan berhenti dengan sendirinya. Namun tetap saja Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab pendarahan tersebut. Adapun untuk membantu mengatasi kondisi tersebut di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Diantranta.

  • Konsumi makanan kaya serat. Seperti halnya sereal dan roti dari biji-bijian utuh, juga sayur dan buah setiap hari. Cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dan lengkapi dengan satu gelas jus buah.
  • Jangan menunda-nunda saat merasakan dorongan untuk BAB. Hal ini berguna untuk menghindari mengejan terlalu kuat pada saat BAB.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Tidurlah dengan posisi menyamping untuk mengurangi terjadinya tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Duduk dengan meredam bagian anus atau sit bath, menggunakan air hangat sebanyak 2 kali sehari. Selain dari pada itu, Anda juga dapat mengompres area sekitar anus dengan menggunakan es untuk meredakan gejala wasir.
  • Pilih tisu bertekstur lembut  dan tidak menggunakan pengharum tambahan. Setelah BAB, biasakan untuk memberasihkan dari arah depan ke belakang (dari vagina ke arah anus.
  • Jika ingin mengonsumsi serat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.Seperti halnya vitamin prenatal yang mengandung zat besi bisa menimbulkan efek samping konstipasi. Sehingga tanyakan terlebih dahulu kepada dokter mengenai hal tersebut.
  • Berolahraga secara teratur. Namun pilihlah sesuai dengan kemampuan fisik saat hamil. Seperti halnya berjalan, yoga maupun berenang.
  • Lakukan latihan kegel setiap hari. Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi disekitar dubur sekaligus memperkuat otot anus. Latihan kegel ini juga mampu memperkuat otot disekitar vagina yang mana dapat membantu pemulihan setelah melahirkan. Caranya, tahan otot sekitar vagina dan anus selama 5-10 detik, kemudian lepaskan. Ulangi latihan ini sebanyak 10-20 kali.
  • Konsultasikan pada dokter mengenai kemananan penggunaan salep ataupun obat wasir.

endarahan yang diasebabkan oleh wasir atau fisura ani, tak jarang memicu rasa sakit pada anus sehingga membuat air yang terdapat didalam toilet nampak menjadi kemerahan. Jika hanya sedikit darah yang keluar dan segera berhenti, maka Anda tak perlu khawatir. Penanganan sederhana di rumah diatas mungkin sudah cukup untuk mengatasi hal tersebut.

Akan tetapi, jika tinja nampak kehitaman dan tidak lancar, atau tinja nampak terdiri dari campuran darah warna merah gelap dan terang. Maka kondisi ini sebaiknya konsultasikan ke dokter. Selain itu, sakit perut yang diiringi dengan keluarnya darah segar juga harus mendapatkan penanganan dari doker dengan segera.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara mengatasi BAB berdarah pada ibu hamil. Semoga bermanfaat dan membantu khususnya bagi Anda yang kini tengah mengalami kondisi yang serupa. Salam sehat!

By Nida Saripah - Ibu Hamil Rabu, 18 Juli 2018 16:20:41

Related Post :
Kesehatan
Mengetahui Penyakit ALS yang…

Seorang fisikawan terkemuka dari…

Manfaat
Beragam Manfaat Jambu Biji…

Jambu biji memiliki nama…

Kesehatan
Dampak Negatif Minuman Cepat…

Waspadai bahaya atau dampak…

Daun
Berbagai Manfaat Daun Kitolod…

Sekain sangat baik untuk…

Tips
Cara Mudah Atasi Mata…

Berikut adalah beberapa tips…

Obat Kimia
Dosis Obat Anti Inflamasi…

Dosis Obat Anti Inflamasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut ini daftar makanan sehat…

Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Cara Mudah Mencegah Stretch Mark…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Gatal Perut Selama Kehamilan

Keluhan yang paling umum selama…

Kirim Pertanyaan
Top