Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati Bisa Jadi Tanda Skoliosis

Share dan Tag Temanmu di :

Bengkoknya tulang belakang kearah samping (skoliosis) seringkali disepelekan, terutamasaat gejala yang terlihat hanya pundak yang tinggi sebelah. Perlu anda waspadai, jika skoliosis tidak segera diatasi bisa berakhir pada kecacatan bahkan hingga kematian.


Menurut dr Didik Librianto salah satu dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Konsultan Tulang Belakang mengatakan ketika sudah lebih dari 10 derajat, lengkungan tulang belakang baru bisa disebut skoliosis.

Menurut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan tanda awal pundak tinggi sebelah sebagai adanya skoliosis dan ada tonjolan dipunggung yang akan kelihatan ketika membungkuk.

Namun skoliosis dengan sudut diatas 40 derajat atau lebih berat atau dapat menimbulkan kecacatan, gangguan fungsi jantung, dan paru-paru, serta bahkan hingga memicu kematian. Penderita skoliosis sudut berat sering mengeluh rasa sakit dibagian dada serta kesulitan bernafas karena lengkungan tulang belakang dapat mempersempit paru-paru dan ruang jantung.

Jika telah mencapai sudut berat maka jalan satu-satunya yaitu melakukan pengobatan dengan tindakan operasi untuk pemasangan implan yang mengkoreksi bentuk tulang belakang. Jika telah melakukan deteksi sejak dini skoliosis sudut rendah dapat dicegah menjadi sudut berat. Didik mengatakan sebaiknya lakukan deteksi dari usia 10 - 14 tahun setidaknya 1 tahun sekali selama 3 tahun karena skoliosis sering terjadi pada usia pubertas.

Berbagai gejala yang ditimbulkan skoliosis, yaitu ada yang terlihat punggungnya lebih besar sebelah, sakit pinggang, dan pinggang tinggi sebelah.

Belum diketahui secara pasti penyebab skoliasis tetapi secara umum skoliosis ada 2 macam skloiosis yaitu skoliosis struktural dan postural, untuk penderita skoliosis postural karena efek dari postur tubuh yang kurang baik seperti akibat sering membawa tas selempang yang membebankan pundak, untuk memperbaikinya bisa dengan melakukan olahraga seperti nggym, berenang, dan lainnya. Namun untuk meredakan rasa nyeri sebaiknya melakukan olahraga seperto pilates, yoga, stretching.

Sedangkan untuk penanganan sendiri diantaranya ada 2 cara yaitu operasi dan terapi dengan menggunakan brace atau penyangga.

Jika kurva sudah melebihi dari 60 derajat kemiringannya maka perlu tindakan operasi terlebih dahulu kemudian untuk dibawah 60 derajat dapat menggunakan terapi brace.

Biasanya untuk terapi brace butuh beberapa kali terapi disesuaikan dengan tingkat skoliosis dan untuk menopang bentuk tulang belakang.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 20 Juli 2018 10:03:53

Related Post :
Penyakit
Mengenali Gejala Kanker Hati…

Kelelahan dan mual merupakan…

Kesehatan
Berbagai Penyebab Pendengaran Berkurang…

Selain faktor usia dan…

Penyakit
Waspadai Penyebab Sering Sakit…

Waspadai penyebab sering sakit…

Tips
Tata Cara Menggunakan Obat…

Tata cara menggunakan obat…

Penyakit
Gangguan Mata Katarak pada…

Katarak merupakan salah satu…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Selain minum obat-obatan, baik…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tips Memilih Suplemen Herbal yang Benar dan Aman

Meskipun terbuat dari bahan alami,…

Kesehatan
Gejala Mata Lelah Serta Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Informasi tentang gejala mata lelah…

Kesehatan
Mengetahui Bahaya Penggunaan Penyedap Rasa Bagi Kesehatan

Meskipun dapat menambah cita rasa…

Kirim Pertanyaan
Top