Melihat Kandungan Gizi Rice Bowl yang Tren Dikalangan Milenial

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini banyak timbul berbagai inovasi kuliner, salah satunya yaitu rice bowl. Beberapa waktu ini memang rice bowl tengan banyak digandrungi masyarakat, khusunya bagi kalangan milenial. Selain nikmat, rice bowl juga sangat praktis dan mudah di beli di mana saja. Bahkan, banyak restoran dan ekdai makanan yang sudah menyediakan berbagai menu rice bowl.

Walaupun begitu, bagaimanakah dengan kandungan gizi rice bowl ? Apakah aman jika kita mengonsumsinya secara rutin ?


Terdapat beberapa jenis varian rice bowl yang bisa menjadi pilihan Anda. Ada rice bowl yang terdiri dari ayam, irisan daging sapi, dan seafod. Selain itu, ada pula rice bowl yang dilengkapi dengan tambahan berupa tumisan sayur atau sayuran yang dikukus. Biasanya, rice bowl yang terdiri dari banyak daging sering menjadi favorit banyak orang. 

Namun, Anda perlu cermat saat memilih menu rice bowl, jangan sampai menu yang Anda sukai justru bisa menimbulkan risiko yang mengganggu kesehatan. 

Head of Health Committe Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi, mengungkapkan jika rice bowl kurang memperhatikan kaidah gizi atau nutrisi seimbang yang diperlukan tubuh. Menurutnya, sebaiknya setiap makanan memang mempertimbangkan pedoman gizi seimbang. Harus diingat jika setiap kali makan, buatlah porsi yang seimbang. Dan rice bowl tidak memenuhi kaidah tersebut. 

Beliau menjelaskan, makanan bisa dikatakan seimbang jika terdiri dari seperempat karbohidrat, seperempat sayuran, dan setengah lauk. Jika Anda mengonsumsi rice bowl setiap jari maka kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh tidak akan terpenuhi. 

Memang terdapat beberapa varian rice bowl yang menambahkan sayuran seperti beberapa potong timun dan tomat. Akan tetapi, jumlah tersebut dinilai belum cukup. Anda perlu menambahkan lagi salad dalam menu Anda jika ingin mendapatkan gizi yang cukup. 

Tubuh memerlukan asupan sayuran dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Maka dari itu, Anda harus memprioritaskan jenis rice bowl yang terdiri dari banyak sayuran. Salah satu jenis rice bowl yang lezat dan sehat yang bisa menjadi pilihan yaitu bibimbap. 

Bibimbap merupakan menu rice bowl khas Korea Selatan, dan biasanya terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti toge, wortel, timun jepang, dan jamur. Anda juga bisa mendapatkan asupan protein dari bahan bibimbap lainnya, seperti daging dan telur. Sajian seporsi bibimbap ini tidak hanya mengenyangkan tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyiasati rice bowl yang terdiri dari banyak daging dengan menambahkan salad sayuran sebagai pelengkap. Pastikan jika salad yang Anda konsumsi terdiri dari berbagai jenis sayuran. Anda juga harus menghindari dressing salad yang tinggi akan kandungan kalori, seperti mayonnaise dan saus thousand island. Pilihlah jenis dressing yang rendah kalori seperti minyak zaitun dan air perasan lemon. Sehingga tubuh tiadk mendapatkan asupan kalori berlebih. 

Jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup dengan gizi yang seimbang, maka Anda tidak perlu menghindari rice bowl jika memang menyukainya. Tapi perlu diingat, pilihlah varian rice bowl yang memang bisa memenuhi asupan gizi seimbang tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 20 Juli 2018 14:23:38

Related Post :
Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami…

Ibu hamil jangan mengonsumsi…

Alami
Obat Nyeri Sendi Di…

Obat nyeri sendi di…

Alami
Obat Alami Untuk Mengobati…

obat alami untuk mengobati…

Penyakit
Tips Mencegah Penyakit Maag…

Tips mencegah penyakit maag…

Kesehatan
Mengenali Metode Pengobatan Tumor…

Pengobatan tumor yang dilakukan…

Kesehatan
Mengenal Diet DASH Atau…

Diet dash untuk penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Terapi Jus Sayur dan Buah untuk Mengatasi Rematik

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, ada…

Kesehatan
Diagnosis Kurap Dan Pengobatannya

Dokter biasanya mendiagnosis kurap dengan…

Kesehatan
Bahaya Sering Memakai Celana Jeans Ketat Pria Dan Wanita

Bahaya sering memakai celana jeans…

Kirim Pertanyaan
Top