Pilihan Jenis Terapi yang Tepat untuk Mengatasi Leukemia

Share dan Tag Temanmu di :

Akhir-akhir ini dunia hiburan Tanah Air dihebohkan dengan berita mengenai putri Denada, Shakira Aurum, yang didiagnosis mengalami penyakit leukemia dan saat ini sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura. Banyak pihak yang tidak menyangka jika anak Denada yang baru berusia 5 tahun bisa mengidap leukemia. 

Denada menjelaskan jika sebelumnya Shakira sempat mengalami demam dan pembengkakan di beberapa bagian tubuhnya. Ia tidak menyangka jika itu merupakan salah satu gejala leukemia.

Lalu, bagaimanakan cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi leukemia ? Berikut uraian lengkapnya !


Mengetahui Beragam Jenis Terapi yang Tepat untuk Mengatasi Leukemia

Faktanta penderita leukemia atau kanker darah memiliki harapan kesembuhan dengan pengobatan dan perawatan yang benar. Tujuan dari pengobatan ini yaitu untuk menghancurkan sel-sel leukemia dan memungkinkan sel-sel normal untuk kembali terbentuk di dalam sumsum tulang. 

Setelah Anda didiagnossi mengidap kanker darah, maka langkah awal yang perlu dilakukan yaitu mendapatkan beragam informasi mengenali pilihan pengobatan leukemia yang diperlukan. Keputusan memilih suatu jenis terapi pengobatan leukemia disesuaikan dengan jenis leukemia yang dialami, seberapa parah kanker yang dialami, usia penderita, serta kondisi kesehatan penderita secara menyeluruh. 

Berikut ini merupakan jenis terapi leukemia yang bisa menjadi pilihan penderita, diantaranya yaitu :

  • Terapi radiasi 

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan radiasi berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi ini digunakan untuk mencegah persebaran atau mengatasi leukemia yang telah menyebar ke otak, cairan tulang belakang, atau testis. Biasanya terapi ini juga digunakan sebelum transplantasi sel punca dan bisa mengurangi nyeri tulang yang terkena leukemia, terutama jika kemoterapi tidak membantu.

  • Kemoterapi

Ini merupakan jenis terapi kanker yang umum dilakukan. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan obat khusus yang dapat disuntikkan atau diminum untuk membunuh sel kanker. Obat kemo akan mengalir melalui pembuluh darah sampai mencapai sel kanker di seluruh tubuh. 

Namun, perlu diketahui, pengoatan ini bisa menimbulkan efek samping, seperti mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, kerontokan rambut, sampai meningkatkan risiko infeksi (akibat penurunan jumlah sel darah putih).

Timbulnya berbagai efek samping kemoterapi tersebut bisa membuat terapi ini kurang direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kesehatan yang buruk. Selain itu, kemoterapi juga berisiko merusak berbagai organ secara langsung, seperti ginjal, hati, testis, ovarium, otak, jantung, dan paru-paru. Untuk mengurangi efek samping sesegera mungkin, pemberian kemoterapi ini akan selalu dimonitor secara ketat.

  • Terapi suportif

Terapi leukemia ini bertujuan untuk mengatasi komplikasi yang timbul akibat leukemia itu sendiri dan efek samping dari pengobatannya.

  • Targeted therapy

Terapi ini merupakan sejenis obat kemo spesial yang memanfaatkan perbedaan antara sel kanker dan sel normal. Terapi leukemia ini memungkinkan pengibatan untuk menargetkan sel kanker saja, dan tidak membunuh sel normal dalam tubuh. 

  • Stem cell (transplantasi sel punca)

Dalam terapi leukemia yang dilakukan, kemoterapi dosis tinggi bisa bekerja lebih efektif membunuh sel kanker dibandingkan dengan dosis standar. Di sisi lain, penggunaan kemoterapi dalam dosis tinggi tidak hanya membunuh sel kanker, tetapi juga bisa membunuh sel punca. Kondisi ini bisa mengakibatkan sumsum tulang berhenti memproduksi sel darah yang penting bagi kehidupan. 

Penggunaan transplantasi sel punca memungkinkan penggantian sel punca yang rusak akibat kemoterapi dosis tinggi. Sehingga terapi ini bisa dijalankan tanpa mengorbankan produksi sel darah. 

Sumber sel punca darah biasanya didapatkan dari darah, sumsum tulang, atau darah tali pusar. Selain itu, penderita juga bisa menerima donor sel punca dari orang lain (allogenic) atau diri sendiri (autologous). 

  • Watchful waiting

Mengobservasi perkembangan kanker tanpa memberikan pengobatan. Pendekatan ini sering kali dianjurkan pada kasus CLL (Chronic Lymphocytic Leukemia) yang umumnya tumbuh secara perlahan, sehingga tidak perlu mendapatkan pengobatan secara langsung. 

Itulah beberapa pilihan jenisterapi yang tepat untuk mengatasi leukemia. Berbagai jenis terapi tersebut bisa dilakukan sesuai dengan diagnosis yang telah dilakukan oleh dokter. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memilih jenis terapi leukemia yang akan dilakukan.

By Sri Maryati - Penyakit Sabtu, 21 Juli 2018 10:51:08

Related Post :
Kesehatan
Berbagai Penyebab Pendengaran Berkurang…

Selain faktor usia dan…

Ibu Hamil
Apakah Ibu Hamil Boleh…

Buah nangka memiliki rasa…

Ibu Dan Anak
Jenis Makanan Untuk Demam…

Jenis makanan untuk demam…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Buah kiwi mempunyai nama…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Kesehatan
Badan Lemas Setelah Nonton…

Begadang akibat nonoton piala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Penyakit asam urat atau dikenal…

Penyakit
Mengenal Penyebab Penyakit Batu Empedu Dan Gejalanya

Informasi tentang penyebab batu empedu…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga Yang Perlu Anda Waspadai

Berbagai faktor penyebab sakit telinga…

Kirim Pertanyaan
Top