Mengenali Gangguan Delusi Erotomania serta Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda pernah merasakan suatu kepercayaan diri dan keyakinan yang kuat akan sesuatu yang sebenarnya tidak ada ? Bisa jadi Anda mengalami delusi. Delusi sendiri merupakan jenis penyakit mental serius yang juga disebut psikosis di mana seseorang meyakini akan suatu hal yang sebenarnya tidak ada. 

Keyakinan yang tak tergoyahkan mengenai sesuatu yang tidak benar merupakan salah satu ciri utama dari delusi. Biasanya delusi melibatkan salah tafsir dari persepsi atau pengalaman. Namun dalam kenyataannya, situasi yang dihadirkan dalam pemikiran penderitanya sama sekali tidak benar atau sangat berlebih. 

Terdapat beberapa jenis gangguan delusi yang didasarkan pada tema utama dari delusi yang dialami, salah satunya yaitu erotomania. Apakah itu ? Simak uraian lengkapnya dibawah ini !


Mengenali Gangguan Delusi Erotomania serta Cara Mengatasinya

Erotomania merupakan salah satu gangguan delusi dimana seseorang merasa yakin dicintai atau ditaksir oleh orang lain, walaupun kenyataannya belum tentu. Gangguan ini termasuk dalam kondisi kesehatan yang jarang terjadi. 

Penderita erotomania memiliki keyakinan yang kuat jika dirinya sedang disukai oleh seseorang. Orang tersebut bisa siapa saja, namun umumnya orang terkenal, seperti orang yang memiliki posisi sosial yang tinggi, misalnya pejabat, selebriti, konglomerat atau mungkin toko politik, seklaipun mereka belum pernah bertemu. Keyakinan ini bukan timbul dari kenyataan yang ada. Berkhayal, mendengar berita, atau menonton TV saja sudah cukup memicu timbulnya erotomania. 

Biasanya orang yang memiliki jenis gangguan ini memiliki ciri khas tersendiri. Sebagian besar penderitanya yaitu kaum wanita yang memiliki penampilan kurang menarik, suka menarik diri dari lingkungan dan menyendiri, serta harang mengalami kontak seksual.

Walaupun begitu, tidak terkecuali kaum pria juga bisa mengalami gangguan delusi erotomania ini. Jika gangguan ini terjadi pada pria, biasanya bisa timbul tindakan-tindakan yang lebih agresif, hingga pada tindakan kekerasan. 

Mengetahui Gejala Gangguan Erotomania

Hingga saat ini belum ditemukan alasan yang jelas mengapa seseorang bisa mengalami erotomania. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan oleh faktor genetik, biologis, psikoligis, serta faktir lingkungan. 

Terlalu meyakini atau salah menafsirkan seseorang mencintai dirinya merupakan gejala utama dari erotomania. Penderita biasanya juga akan membicarakan orang yang disangka mencintainya, bahkan tak jarang mereka menajdi terobsesi dengan orang tersebut. 

Selain itu, juga terdapat beberapa gejala erotomania lain yang bisa timbul, diantaranya adalah :

  • Terlalu meyakini bahwa orang yang mencintainya, seolah sedang mencoba untuk berkomukasi secara rahasia melalui pandangan, gerak-gerik, atau beruba status dalam media sosial. 
  • Sering mengirim surat, email, atau hadiah pada prang yang dianggap mencitainya. Ia juga bisa terus menerus melakukan panggilan telepon.
  • Kehilangan minat dalam melakukan kegiatan lainnya. Penderita cenderung lebih sering menghabiskan waktunya untuk memikirkan dan membicarakan tentang orang yang dianggap mencintainya.
  • Merasa cemburu pada orang lain yang dianggap berhubungan dengan orang yang dianggap mencitainya.

Gangguan erotomania bisa terjadi dalam jangka waktu pendek atau lama. Erotomania memiliki kemungkinan menjadi lebih parah hingga mengalami gejala psikosis. Kondisi ini ditandai dengan delusi atau gangguan isi pikir yang semakin parah secara tiba-tiba atau gejala lain seperti dorongan energi berlebih, tidak bisa tiru, berbicara dengan sangat cepat, berpikir banyak hal dan melakukan tindakan berbahaya demi orang yang diyakini mencitainya. 

Cara Mengatasi Gangguan Delusi Erotomania

Jiak Anda mencurigai orang terdekat atau Anda sendiri mengalami kondisi ini, maka sebaiknya segera cari bantuna profesional. Mislanya berkonsultasi dengan psikolog atau periksa ke dokter kesehatan jiwa. Dokter atau psikolog sangat mungkin merekomendasikan Anda melakukan terapi perilaku untuk mengendalikan gangguan ini. 

Cara mengatasi erotomania juga bisa dilakukan melalui kombinasi terapi dan obat-obatan. Namun, psikoterapi biasanya menjadi pilihan untuk membantu mengelola dan mengatasi tekanan terkait dengan keyakinan delusional yang dialami oleh penderita. 

Berikut ini merupakan beberapa jenis psikoterapi yang mungkin bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Terapi perilaku kognitif, terapi ini bermanfaat untuk membantu penderita mengenali dan mengubah pola pikir serta perilaku yang dianggap bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. 
  • Psikoterapi individual, berfungsi untuk mengenali dan memperbaiki gangguan pada pemikiran penderita. 
  • Terapi keluarga, terapi ini dimana keluarga ikut serta dalam membantu mengatasi gangguan erotomania pada paenerita, yang diharapkan bisa berkonstribusi terhadap perbaikan kondisi penderita. 

Umumnya penderita erotomania masih bisa beraktivitas normal seperti biasanya dan tidak bermasalah saat bersosialisasi. Walaupun begitu, kehidupan mereka mungkin akan terganggu karena delusi yang mereka alami. Erotomania juga memiliki kemungkinan mengakibatkan penderitanya mengganggu kehidupan orang lain.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 23 Juli 2018 13:42:29

Related Post :
Manfaat
Inilah Manfaat Ginkgo Biloba…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Mengenal Tentang Diabetes Dan…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Alami
Obat Diuretik Alami untuk…

Selain obat yang telah…

Ibu Hamil
Tips Ibu Hamil Agar…

Anak cerdas memang dambaan…

Tips
Tips Aman Agar Cepat…

Tips aman agar cepat…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Kaki Bengkak…

Tips dan cara mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara Mencegah Flu

Beberapa anggapan umum yang tidak…

Penyakit
Berbagai Faktor Pemicu Biduran Atau Urtikaria

Urtikaria aatu biduran merupakan reaksi…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top