Mengenal Penyakit Asma Penyebab Meninggalnya Istri Tukul

Share dan Tag Temanmu di :

Beberapa waktu lalu, dunia hiburan tanah air dikejutkan dengan kabar meninggalnya istri dari komedian Tukul Arwana, Hj. Susiana atau biasa disebut Susi Similikiti. Kabar meninggalnya susiana sangat mengejutkan publik, terutama bagi keluarga dan sahabat dekat Tukul. Pasalnya, kepergian Susiana yang mendadak dan sebelumnya tidak diketahui adanya riwayat penyakit berat yang diderita. Hal ini tentu membuat publik bertanya-tanya perihal penyebab meninggalnya istri Tukul Arwana tersebut. Keponakan Tukul Arwana, Irwan menyebutkan bahwa Susi meninggak akibat penyakit asma keturunan.

Lalu, seberapa bahayakah penyakit asma hingga bisa menyebabkan kematian ?


Asma merupakan salah satu jenis penyakit kronis atau jangka panjang yang terjadi pada saluran pernapasan yang ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan saluran napas yang bisa mengakibatkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, gejala lain yang juga bisa dialami oleh penderita asma yaitu seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Gejala biasanya akan memburuk pada malam atau pagi hari atau sebagai respons terhadap kegiatan olahraga atau udara dingin. Pada beberapa penderita bahkan ada juga yang jarang menunjukkan gejala, sebagai respons terhadap pemicu, sedangkan sejumlah penderita asma yang lain mungkin menunjukkan gejala yang nyata dan persisten.

Penyakit asma bisa disebabkan oleh interaksi lingkungan dan genetika yang merupakan kombinasi yang rumit dan belum sepenuhnya dimengerti. Meskipun penyebab pasti dari asma belum diketahui secara jelas, namun terdapat beberapa faktor yang diduga menjadi pemicu penyakit asma, seperti debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi virus, atau bahkan paparan zat kimia.

Pengobatan penyakit asma memiliki 2 tujuan, yaitu untuk meredakan gejala dan mencegah kambuhnya kembali gejala penyakit asma. Untuk mendukung tujuan tersebut, dibutuhkan rencana pengobatan dari dokter yang disesuaikan dengan kondisi penderita, meliputi cara mengenali dan mengatasi gejala yang memburuk, dan jenis obat-obatan apa saja yang harus digunakan.

Meskipun jarang terjadi, penyakit asma bisa membahayakan nyawa. Maka dari itu, segera bawa penderita ke rumah sakit jika terjadi serangan asma dengan gejala yang terus memburuk meskipun telah ditangani dengan inhaler aatu obat-obatan lainnya. Bagi penderita asma kronis, peradangan pada saluran napas yang sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama dan berulang bisa megakibatkan penyempitan permanen.

Penyakit asma yang tidak ditangan dengan baik bisa berdampak pada timbulnya komplikasi penyakit serius seperti pneumonia, gagal pernapasan, ganggan pertumbuhan dan pubertas pada anak-anak, masalah psikologis (cemas, stress atau depresi), bahkan hingga menyebabkan kematian.

Mengetahui dan menjauhi pemicu merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan kendali serta mencegah serangan penyakit asma. Jika hal tersebut masih belum cukup membantu, baru disarankan untuk menggunakan obat asma yang dipilih berdasarkan keparahan penyakit dan frekuensi gejala.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 01 September 2016 14:36:00

Related Post :
Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada…

Mata merupakan bagian yang…

Kesehatan
Penting! Ketahui Masa Subur…

Jika kini anda menginginkan…

Kesehatan
Waspadai! Ini Gejala Emfisema…

Mengenal gejala emfisema sejak…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyebab mata…

Kesehatan
Benarkah Kopi dan Habbatussauda…

Selain susu dan krim,…

Alami
Obat Kista Rahang Alami…

Obat kista rahang alami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Mengenal Penyebab Penyakit Batu Empedu Dan Gejalanya

Informasi tentang penyebab batu empedu…

Penyakit
Faktor Penyebab Impotensi Atau Lemah Syahwat Pada Pria

Faktor penyebab impotensi atau lemah…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Mewaspadai penyebab dan gejala penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top