Badan Lemas Setelah Olahraga? Atasi dengan Susu Coklat!

Share dan Tag Temanmu di :

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat disarankan dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, terkadang olahraga sering membuat tubuh terasa lemas dan tentunya kondisi ini akan mengganggu aktivitas sehingga menurunkan kualitas hidup penderitanya. Olahraga yang terlalu dipaksakan bisa memicu terjadinya badan lemas. 

Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, tidak sedikit orang yang memilih untuk mengonsumsi minuman berenergi atau isotonik setelah olahraga. Namun, jika dibandingkan dengan minuman berenergi, alangkah baiknya Anda minum susu coklat setelah olahraga. 


Mengonsumsi segelas susu coklat setelah olahraga ternyata memiliki manfaat yang sama dengan minuman khusus untuk olahraga. Bahkan disebutkan juga bahwa susu coklat bisa menjadi asupan yang baik untuk mengatasi keluhan badan lemas

Hal ini disebabkan karena susu coklat mengandung karbohidrat, protein dan lemak, serta air dan elektrolit. Berdasarkan studi yang trdapat dalam jurnal Nature, semua kandungan tersebut diperlukan tubuh setelah olahraga. 

Dalam studinya, para peneliti yang berbasis di Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Sadoughi di Yazd, Iran, melibatkan kurang lebih 150 partisipan. Sebagian besar dari mereka diminta untuk melakukan aktivitas lari serta bersepeda. 

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengukur beberapa faktor seperti lamanya waktu yang diperlukan para atlet untuk merasa kelelahan secara fisik, tingkat pengerahan tenaga dan detak jantung. Selain itu, jumlah sel otot dan serum laktat dalam tubuh juga turut di catat. 

Dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo, atlet yang minum susu coklat diketahui bisa bekerja lebih lama 1 menit sebelum mencapai kelelahan. Peneliti juga menyebutkan jika atlet yang minum susu coklat bisa bertahan hingga 6 menit lebih lama dari mereka yang mengonsumsi minuman olahraga. 

Setelah diteliti lebih lanjut, peneliti menyebutkan jika peserta yang minum susu coklat juga memiliki tingkat asam laktat yang lebih rendah. Para partisipan yang mengonsumsi susu coklat pun meyakini jika dirinya mengeluarkan tenaga lebih sedikit dibandingkan dengan yang lainnya. 

Mengenai penemuan tersebut, salah satu peneliti, Amin Salehi-Abargouei, menjelaskan bahwa susu coklat merupakan pilihan yang tepat, mudah, lezat dan cocok untuk pemulihan. Ia juga menyebutkan jika susu coklat menyediakan efek yang sama atau lebih unggu dibandingkan dengan minuman berenergi. 

Sayangnya, penemuan studi ini masih belum bisa dijadikan patokan secara utuh. Bagaimana pun, ada banyak faktor lain yang ikut ambil bagian pada timbulnya kondisi badan lemas setelah olahraga, Hal ini disebabkan karena kondisi fisik itu sendiri ikut dipengaruhi oleh pola tidur, diet, dan aktivitas fisik yang dilakukan. 

Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menjadikan susu coklat sebagai pilihan minuman untuk membantu mengatasi badan lemas setelah olahraga. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat setiap saat. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 26 Juli 2018 11:13:04

Related Post :
Ibu Hamil
Mengenali Penyebab Keguguran pada…

Keguguran sangat identik dan…

Penyakit
Inilah Berbagai Penyebab Wasir…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Kesehatan
Penyebab Susah Buang Air…

Berikut ini adalah penyebab…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Infeksi Nosokomial…

Tahukan anda apa itu…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Batuk Pada…

Waspadai berbagai resiko dan…

Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Mata Minus

Informasi tentang penyebab mata minus…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Ketergantungan Obat dan Cara Mengatasinya

Selain obat-obatan terlarang (narkoba), penggunaan…

Kesehatan
Menyegarkan! Pilihan Minuman Sehat Ini Cocok untuk Buka Puasa

Saat puasa, tubuh rentan kekurangan…

Kirim Pertanyaan
Top