Mengenal Penyakit Kolitis Ulseratif Serta Gejala Dan Penangannya

Share dan Tag Temanmu di :

Mengenal Penyakit Kolitis Ulseratif Serta Gejala Dan Penangannya,- Sama seperti dengan penyakit lainnya, penyakit kolitis  ulseratif pun dapat menunjukan gejala.  Namun tahukah anda apa itu penyakit kolitis ulseratif dan apa saja gejala-gejalanya? Berikut adalah pembahasan tentang penyakit kolitis ulseratif lengkap dengan gejala, faktor risiko, penanganan dan pencegahannya.


Mengenal Penyakit Kolitis Ulseratif Serta Gejala Dan Penangannya

Sebelum masuk ke pembahasan gejala kolitis ulseratif, alangkah baiknya ketahui dahulu pengertiannya. Penyakit kolitis ulseratif ialah sebuah peradangan yang tergolong kronis pada usus besar (kolon) serta rektum. Meskipun belum ada pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini, namun penyakit kolitis ulseratif harus ditangani dengan tepat untuk mengurangi gejalanya.

Penyebab dan faktor risiko penyakit kolitis ulseratif

Belum diketahui penyebab penyakit kolitis ulseratif, namun ada bebapa faktor risiko yang bisa meningkatkan penyakit kolitis ulseratif diantaranya:

  • Faktor usia
  • Faktor genetik

Penderita kolitis ulseratif harus menjaga pola makan sehat, karena bila pola makan buruk maka kondisi pada penderita penyakit ini akan memburuk. Penderita penyakit kolitis ulseratif juga harus mengurangi konsumsi produk susu, hindari minum minuman alkohol, banyak minum air putih dan konsumsi makanan yang rendah lemak.

Kenali Gejala Penyakit Kolitis Ulseratif   
 
Gejala penyakit kolitis ulseratif berbeda-beda, tergantung tingkat lokasi peradangan dan tingkat keparahannya. Berikut gejala-gejala kolitis ulseratif:

  • Terasa nyeri pada perut dan rektum.
  • Kram perut
  • Diare disertai lendir dan darah
  • Selalu ingin buang air besar namun tinja tidak keluar.
  • Menurunnya berat badan
  • Demam

Penanganan Penyakit Kolitis Ulseratif

Meskipun belum ada pengobatan untuk menyembuhkan penyakit kolitis ulseratif, tapi ada beberapa cara penanganan untuk penyakit ini yaitu dokter meresepkan obat-obatan diantarany obat imunosupresan dan obat antiinflamasi misalnya obat kortikosteroid dan aminosalicylate. Selain itu, penanganan kolitis ulseratif juga bisa dengan operasi, bila penyakit ini tidak dapat ditangani dengan obat.

Komplikasi Penyakit Kolitis Ulseratif

  • Mengalami perdarahan hebat
  • Bila kolitis ulseratif terjadi pada anak maka komplikasi yang kemungkinan terjadi adalah pertumbuhan anak menjadi terganggu dan terhambat.
  • Kanker kolerektal

Itulah informasi tentang gejala penyakit kolitis ulseratif lengkap dengan faktor risiko, penanganan dan komplikasinya. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Dan bila anda mengalami gejala-gejala diatas sebaiknya periksakan diri anda pada dokter.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 26 Juli 2018 14:48:15

Related Post :
Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi…

Dalam dunia kedokteran kematian…

Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini…

Kenali penyebab sembelit saat…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Kesehatan
Wajib Tahu! Jenis-jenis Kanker…

Berikut ini jenis-jenis kanker…

Manfaat
Manfaat Zat Asam Glikolat…

Asam glikolat merupakan zat…

Manfaat
Manfaat Terapi Air Hangat…

Manfaat terapi air hangat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ketahui Penyakit Tumor Otak Sejak Dini Sebelum Terlambat

Sangat penting mengetahui penyakit tumor…

Penyakit
Penyebab Sering Mual Setelah Makan dan Solusinya

Penyebab sering mual setelah makan…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Epilepsi Pada Anak Hingga Ibu Hamil

Berikut adalah komplikasi penyakit epilepsi…

Kirim Pertanyaan
Top