Dampak Penggunaan Heroin Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Pada hari Selasa (24/7) lalu, Demi Lovato ditemukan tidak sadarkan diri di kediamannya di Hollywood Hill. Diduga ia mengalami overdosis heroin. 

Akan tetapi, demi menolak untuk memberi tahu paramedis mengenai obat yang membuatnya mengalami overdosis. Sikap tersebut membuatnya dianggap tidak kooperatif. Kabar terakhir menyebutkan jika penyanyi 25 tahun ini sudah dalam kondisi stabil setelah diobati dengan Narcan, obat resep untuk memblokis efek opioid.

Sebelumnya, Demi Lovato pernah berhasil terbebas dari narkoba. Akan tetapi, dikabarkan ia kembali mengonsumsi narkotika dan alkohol. Kondisinya tersebut bahkan sempat diakuinya di depan publik dan dalam lagunya yang bertajuk 'Sober'.


Apa itu heroin ?

Heroin atau diamorfin merupakan zat yang termasuk dalam golongan opioid. Opioid sendiri adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi nyeri hebat. Selain heroin, beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam opioid diantaranya yaitu kodein, metadon, danm morfin. 

Opioid umumnya akan diberikan dokter pada pasien yang mengalami nyeri akibat kanker (cancer pain). Akan tetapi, karena beberapa efek yang dimilikinya, opioid, khususnya heroin, sering disalahgunakan dan akibatnya bisa menyebabkan ketergantungan. 

Ketika seseorang mengonsumsi heroin atau zat opioid lainnya, maka ia akan mengalami rasa nyaman, pernapasan lebih teratur, dan merasa lebih santai. Ketika ia mengonsumsi heroin pada waktu berikutnya, maka ia akan memerlukan dosis yang lebih banyak untuk mencapai efek yang diinginkan.

Semakin lama dosis heroin yang dikonsumsi akan semakin tinggi. Jika seseorang  mengonsumsi heroin dalam jumlah yang banyak dalam watu waktu, maka ia akan mengalami intoksikasi atau overdosis. Alih-alih mendapatkan efek yang diharapkan, penggunanya justru akan mengalami berbagai keluhan seperti tekanan darah turun, lemas, mual, muntah, hingga kehilangan kesadaran. 

Dampak Penggunaan Heroin Bagi Kesehatan

Sebagian besar heroin dijual sebagai bubuk putih atau kecoklatan dan biasanya dicampur dengan obat lain atau dengan zat seperti gula, tepung, susu bubuk, atau kina. Heroin juga bisa dicampur dengan strychnine atau racun lainnya. 

Heroin bisa digunakan dalam berbagai cara, tergantung pada keinginan penggunanya dan kemurnian obatnya. Heroin bisa disuntikkan dalam pembuluh vena, otot, diasapkan dengan menggunakan pipa, dicampur dengan marijuana atau rokok, asapnya dihirup melalui pipa panjang, atau dihirup dalam bentuk bubuk melalui hidung. 

Efek singkat heroin biasanya segera timbul setelah penggunaan dan akan hilang dalam bebearapa jam. Akan tetapi, Anda harus waspada dengan berbagai dampak kesehatan yang akan timbul akibat penggunaan heroin. Dan berikut ini merupakan beberapa dampak heroin bagi kesehatan yang perlu diwaspadai, yaitu diantaranya :

  • Dampak jangka pendek

Pengguna biasanya akan mengalami mulut kering, anggota tubuh terasa berat dan sulit digerakkan. Selain itu, pengguna cenderung merasa ngantuk, mengalami gangguan mental singkat, mual, kulit terasa gatal, pernapasan cenderung lebih lambat, hingga konstipasi. Beberapa efek ini terjadi beberapa saat hingga beberapa hari setelah penggunaan heroin.

  • Masalah pencernaan

Salah satu efek lain dari penggunaan heroin adalah konstipasi. Konstipasi bisa terjadi sesaat setelah penggunaan heroin dan setelah beberapa bulan kemudian. Heroin bisa menyeabkan gerakan usus cenderung lebih lambat. Hal ini menyebabkan feses akan banyak tertimbun di dalam usus dan terjadilah konstipasi.

  • Kekebalan tubuh menurun

Mengonsumsi heroin dalam jangka panjang, meskipun dalam dosis kecil, bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat penggunanya lebih mudah mengalami infeksi dan terserang penyakit lainnya. 

  • Gangguan hormon

Heroin bekerja pada sistem saraf pusat dan tak jarang bisa memengaruhi pengaturan hormon. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, maka heroin bisa menyebabkan penurunan hormon seksual sehingga penggunanya akan kurang bergairan secara seksual, tidak subur atau infertilitas. serta menstruasi tidak teratur. 

  • Gangguan hati

Heroin akan mengalami metabolisme di hati setelah masuk ke dalam tubuh. Jika hal ini terjadi dalam waktu lama, maka hati akan bekerja keras sehingga berpotensi menjadi rusak. Tidak jarang pecandu heroin juga akan mengalami gangguan hati bahkan gagal hati dikemudian hari. 

  • Gangguan saraf

Jika dikonsumsi dalam jangka pendek, heroin memang akan membuat penggunanya lebih tahan terhadap sakit karena memang fungsi awalnya adalah penghilang nyeri. Akan tetapi, jika digunakan dalam jangka panjang, maka heroin justru bisa menyebabkan kerusakan saraf sehingga penggunanya akan lebih sensitif terhadap nyeri. Sedikit saja rangsangan pada kulit yang biasanya tidak menimbulkan nyeri akan terasa sangat menyakitkan bagi pecandu heroin.

Kini Anda telah mengetahui dan memahami mengenai heroin beserta dampaknya bagi kesehatan. Penggunaan heroin tanda indikasi medis tentu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Jika Anda terpaksa menggunakannya karena suatu kondisi tertentu, maka alangkah baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 27 Juli 2018 14:01:57

Related Post :
Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak…

Khasiat dan manfaat temulawak…

Obat Kimia
Obat Pelawan Efek Samping…

Obat Pelawan Efek Samping…

Kesehatan
Mengetahui Peran Penting Usus…

Meskipun pada awalnya sering…

Obat Kimia
Obat Untuk Penyakit TBC…

Obat untuk penyakit TBC…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Buah Sirsak…

Informasi tentang kandungan gizi…

Kesehatan
Berbagai Terapi Senam Otak…

Tidak hanya orang yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Fakta Tentang Kutu Rambut Yang Perlu Diketahui

Kutu rambut adalah parasit yang…

Kirim Pertanyaan
Top