Jangan Abaikan! Ternyata Keringat Memiliki Manfaat Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika beraktivitas di luar ruangan, berolahraga, atau aktivitas lainnya yang berlebihan pasti membuat tubuh sering berkeringat. Hal ini membuat sebagian besar orang merasa risih dan tidak nyaman. Sehingga tidak sedikit yang menghindari aktivitas yang berlebihan agar tubuh tidak berkeringat. 

Meskipun keringat bisa membuat tubuh lengket dan bau, akan tetapi jangan jadikan ini alasan agar Anda bisa bermalas-malasan di ruangan ber-AC. Faktanya, ternyata keringat juga memiliki manfaat yang menyehatkan tubuh. Benarkah ? Simak penjelasan berikut ini !


Manfaat Keringat Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Keringat pada tubuh manusia diproduksi oleh kelenjar keringat sebagai usaha tubuh dalam menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan di sekitar. Keringat akan keluar umumnya saat tubuh melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga, mengonsumsi makanan pedas, atau ketika merasa gugup. 

Meskipun terlihat sepele, ternyata keringat juga menyimpan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat keringat bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui, yaitu diantaranya :

  • Membakar kalori

Banyak orang yang percaya jika berkeringat banyak saat menjalankan diet bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh melalui keringat. Berkeringat nyatanya dapat membakar sekitar 300 kalori per jam. 

  • Membuat suhu tubuh tetap dingin

Mengatur suhu tubuh merupakan manfaat keringat yang utama. Keringat bisa membantu mendinginkan suhu tubuh yang naik ketika sedang melakukan aktivitas seperti biasanya. Berkeringat sangat penting untuk proses pendinginan tubuh secara alami. 

  • Mengeluarkan racun dari tubuh

Berkeringat merupakan cara alami tubuh untuk membuang racun. Selain mengandung cairan tubuh, keringat juga membawa berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam seperti kadmium, alumunium, dan mangan yang berpotensi beracun jika terlalu banyak disimpan dalam tubuh. 

Terdapat kurang lebih 2 sampai 5 juta kelenjar keringat yang tersebar di kulit manusia untuk membantu membuang banyak zat beracun yang ada di tubuh. 

  • Menurunkan stres

Secara tidak langsung keringat dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna dapat melepaskan endorfin dan senyawa kimia lainnya yang dilepaskan otak untuk memperbaiki mood dan menurunkan stres secara natural. 

  • Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat keringat lainnya yang juga tidak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, maka jantung akan bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang. 

  • Mencegah asma

Jika Anda banyak berkeringat setelah olahraga, maka hal itu memungkinkan Anda untuk meminimalisir risiko terjadinya asma. Penelitian dari Universitas Michigan menyebutkan, jika berkeringat dapat membantu menurunkan risiko terjadinya asma. 

  • Membantu melawan penyakit

Ini merupakan salah satu manfaat keringat yang sering kali tidak disadari. Mengeluarkan keringat merupakan cara tubuh dalam memberitahu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. 

  • Melawan infeksi

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan jika berkeringat bisa menangkis methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), bakteri jahat yang bertanggungjawab untuk beberapa infeksi yang sulit untuk diobati. 

Menurut dokter di Pusat Dermatology, Adam Friedman, M.D., menyebutkan jika keringat telah terbukti memainkan peran penting dalam memerangi bakteri berbahaya dan jamur pada kulit. Hal tersebut disebabkan karena keringat mengandung nitrit, di mana setelah mencapai permukaan kulit akan dikonversi menjadi oksida nitra, gas kuat dengan sifat spektrum anti-bakteri dan anti-jamur. 

Ia juga menyebutkan jika keringat mengandung antibiotik atau peptida antimikroba alami yang disebut dengan Demicidin, yang dapat membunuh MRSA dan bakteri buruk lainnya yang ada di permukaan kulit. 

  • Mempercantik kulit

Ketika Anda berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, maka kotoran yang terkunci dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar. Maka dari itulah banyak yang menyebutkan jika berolahraga  bisa membuat Anda semakin cantik.

Akan tetapi, manfaat ini hanya bisa didapatkan jika Anda berkeringat dengan tidak berlebihan. Jika keringat yang keluar berlebihan atau disebut juga hiperhidrosis, maka kondisi ini justru akan memicu tumbuhnya jamur dan timbulnya eksim. Maka dari itu, hindari konsumsi kafein yang bisa memicu keringat berlebih. 

Itulah beberapa manfaat keringat bagi kesehatan yang jarang diketahui. Mulai saat ini, jangan takut lagi untuk berkeringat. Walaupun begitu, perlu diingat, saat Anda berkeringat jumlah cairan tubuh akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, Anda perlu sesuaikan kemampuan tubuh sendiri hingga sejauh mana Anda mampu berkeringat tanpa harus merasakan sangat kehausan. Juga perbanyak minum air sebelum berolahraga dan terus isi cairan tubuh yang hilang saat berolahraga secara berkala. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 28 Juli 2018 11:50:13

Related Post :
Tips
Tips Ketika Pertama Hamil…

Tips Ketika Pertama Hamil…

Obat Kimia
Obat Tretinoin Topikal Untuk…

Jerawat merupakan masalah yang…

Obat Kimia
Asam Salisilat Obat Untuk…

Asam salisilat obat untuk…

Alami
Obat Eksim Tradisional Yang…

Obat eksim tradisional paling…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Belalang…

Manfaat mengonsumsi daging belalang…

Tips
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak…

Ada beberapa cara menghilangkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah Asam Urat Tinggi

Pencegahan asam urat tinggi penting…

Kesehatan
Jenis Makanan Ini Ternyata Kurang Baik untuk Sarapan

Sarapan pagi sangat penting untuk…

Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Beragam kebaikan yang akan didapat…

Kirim Pertanyaan
Top