Obat Diclofenac Untuk Mengobati Inflamasi atau Peradangan

Share dan Tag Temanmu di :

Diclofenac adalah sebuah obat antiinflamasi non steroid (OAINS) yang dipakai untuk meredakan sakit ringan sampai menengah serta bisa digunakan untuk mengobati inflamasi atau peradangan. Kondisi yang bisa diobati dengan diclofenac diantaranya adalah terkilir, rheumatoid arthritis, penyakit asam urat, osteoarthritis, nyeri punggung, dan sakit gigi.


Obat ini berguna untuk menghambat produksi prostaglandin yakni senyawa yang dilepaskan oleh tubuh dan membuat rasa sakit dan peradangan. Dengan menghalangi produksi prostaglandin, diclofenac akan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Diclofenac mempunyai dua jenis yakni diclofenac sodium dan diclofenac potassium. Diclofenac sodium bereaksi untuk waktu yang lebih lama sehingga lebih berguna untuk mengobati inflamasi. Sedangkan diclofenac potassium lebih cepat diserap tubuh sehingga lebih sering dipakai untuk meredakan sakit.

Obat resep ini berbentuk obat cair dan tablet dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Diclofenac tidak dianjurkan untuk dikonsumsi perempuan yang merencanakan kehamilan karena bisa mengurangi kesuburan. Sedangkan perempuan yang sedang hamil dan menyusui dilarang untuk mengonsumsinya.

Hati-hati jika obat ini dikonsumsi oleh orang yang menderita tukak lambung, penyakit jantung, stroke, asma, penyakit inflamasi usus, hipertensi, gangguan penggumpalan darah, gangguan hati, lupus, gangguan ginjal, alergi terhadap obat anti inflamasi non steroid lain seperti ibuprofen dan aspirin, urtikaria, serta porfiria.

Konsumsi diclofenac dengan makanan ataupun setelah makan. Selama mengonsumsi obat ini, beri tahu dokter sebelum menjalani berbagai penanganan medis apapun. Tidak dianjurkan untuk mengoperasikan alat berat ataupun mengemudi setelah mengonsumsi diclofenac karena obat ini bisa menyebabkan pusing dan rasa kantuk pada sebagian orang.

Dosis diclofenac pada setiap pasien berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan gejala, kondisi yang diobati, dan jenis obat yang digunakan. Untuk pasien anak-anak, dosisnya akan disesuaikan dengan usia dan berat badan. Takaran umum diclofenac untuk pasien dewasa adalah 75 sampai 150 miligram dalam sehari. Dosis tersebut akan dibagi menjadi dua sampai tiga kali konsumsi. Dosis maksimal penggunaan dalam 24 jam adalah 150 miligram untuk diclofenac sodium dan 200 miligram untuk diclofenac potassium.

Dokter akan memberikan diclofenac dengan dosis efektif paling rendah serta durasi sesingkat mungkin agar efek samping bisa terhidari. Jika harus dikonsumsi dalam jangka panjang, dokter biasanya akan memberikan obat lain untuk melindungi lambung. Efek samping diclofenac yang bisa terjadi diantaranya adalah mual, diare, muntah, sakit perut, nyeri ulu hati, perut kembung, dan sering bersendawa.

Efek samping ini akan berkurang seiring penyesuaian tubuh terhadap diclofenac. Segera hentikan penggunaan obat ini jika Anda mengalami efek samping serius seperti sakit tenggorokan yang tidak kunjung membaik, tinja berdarah atau berwarna hitam, muntah darah, dan demam.

By Ana Rediana - Obat Kimia Kamis, 01 September 2016 15:36:01

Related Post :
Kesehatan
Hindari Makanan yang Sudah…

Makanan yang sudah dihinggapi…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Tahukah anda apa itu…

Penyakit
Penyebab Hiperhidrosis dan Cara…

Hiperhidrosis merupakan suatu kondisi…

Penyakit
Penyebab Gejala Awal Usus…

usus buntu merupakan suatu…

Tips
Tips Ampuh Atasi Sesak…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Bahaya Akibat Terlalu Sering…

Bahaya akibat terlalu sering…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk Hingga Sesak Nafas

Obat untuk meringankan gejala batuk…

Obat Kimia
Warfarin Nama Obat Pengencer Darah di Apotek

Warfarin Nama Obat Pengencer Darah…

Obat Kimia
Obat Dimenhydrinate Untuk Meredakan Mabuk Perjalanan

Anda yang selalu pusing ketika…

Kirim Pertanyaan
Top