Benarkah Kantong Teh Celup Mengandung Zat Pemicu Kanker?

Share dan Tag Temanmu di :

Sudah sejak zaman dulu ngeteh atau minum teh sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Baik saat berkumpul bersama keluargam teman, kerabat, atau pun sahabat. Perlu diketahui, ternyata teh merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat setelah air putih. Selain nikmat, teh juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini ada cara praktis untuk minum teh. Karena Anda bisa memilih teh celup yang lebih praktis dan mudah untuk dibuat. Dengan kemasan yang simpel, teh celup merupakan teh yang paling mudah untuk dikonsumsi. 

Akan tetapi, saat ini timbul isu mengenai keamanan kantong teh celup. Disebutkan bahwa kantong teh celup dinilai mengandung zat berbahaya yang bisa memicu timbulnya kanker. Semakin lama kantong direndam dalam air panas, maka akan semakin berbahaya. Benarkah kantong teh celup bisa memicu kanker ?


Beberapa isu yang beredar tentu membuat penggemar teh khawatir. Dilansir dari laman BPOM, disebutkan jika umumnya kantong teh celup dibuat dari kertas dan plastik. Kantong teh celup yang dibuat dari kertas biasanya berupa jenis kraft yang dilapisi dengan plastik polietelin, yang berfungsi dalam perekatan panas. 

Polietelin yang digunakan sebagai perekatan tidak meleleh pada suhu titik didih air, maka tak herna jika kertas teh celup tidak terbuka saat diseduh dengan air panas. Selain kertas, kantong teh celup juga dibuat dari plastik jenis nilon, polietelin terefltalat (PET) atau asam polilaktat (PLA). Kedua bahan plastik ini dianggap paling aman karena memiliki titik leleh yang sangat tinggi.

Namun, permasalahannya bukan sampai disitu saja, mengenai suhu 'transisi kaca' (Tg) pada kantong tersebut mengacu pada suhu di mana molekul bahan tertentu seperti polimer mulai terurai. Dan Tg selalu lebih rendah dari titik leleh. 

Benarkah terlalu lama mencelupkan kantong teh dalam air panas berbahaya ?

BPOM menyampaikan jika teh celup yang telah terdaftar di Badan POM telah melalui evaluasi penilaian keamanan pangan yang mensyaratkan pemenuhan terhadap nilai batas migrasi. 

Batasi migrasi merupakan jumlah maksimum zat yang bisa berpindah dari kemasan pangan (dalam hal ini kantong teh celup), ke dalam bahan pangan (seperti air seduhan teh). Sehingga isu mengenai teh celup akan berbahaya jika direndam dengan air panas terlalu lama tidaklah benar. Terutama jika produk tersebut telah tersertifikasi oleh BPOM.

Seluruh produk yang telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM telah melalui berbagai uji kelayakan dan pemeriksaan menyeluruh sehingga keamanan dari produk tersebut terjamin, termasuk kantong tehnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi teh celup dari merk ternama yang telah tersertifikasi BPOM. 

Ada banyak syarat yang menjadi standar untuk semua produk makanan, khususnya kantong teh celup. Salah satunya yaitu kantong teh celup yang digunakan tidak boleh mengandung senyawa klorin untuk pemutih karena akan membahayakan tubuh. 

Syarat ini harus disertakan pada saat permohonan penilaian keamanan produk untuk mendapatkan izin edar dari BPOM. Sebagai perlindungan terhadap masyarakat Badan POM senantiasa terus melakukan pengawaasan terhadap produk yang kemungkinan tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 31 Juli 2018 11:45:34

Related Post :
Ibu Hamil
Penyebab Kaki Bengkak Pada…

Penyebab kaki bengkak pada…

Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam…

Jangan abaikan dengan garis…

Tips
Tips Mudah Atasi Mata…

Tidak hanya menggunakan obat…

Daun
Cara Mengolah Daun Kelor…

Berikut adalah cara mengolah…

Tips
Prosedur Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung…

Kesehatan
7 Makanan Sehat Bagi…

Untuk menghindari gejala naiknya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah Asam Urat Tinggi

Pencegahan asam urat tinggi penting…

Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini Bantu Mencerdaskan Otak

Selain bertujuan untuk mengisi waktu…

Kesehatan
Ini Anjuran Dan Pantangan Makanan Setelah Kemoterapi

Berikut adalah anjuran dan pantangan…

Kirim Pertanyaan
Top