Waspadai Ini Tanda- tanda Posisi IUD Bergeser Dari Tempatnya

Share dan Tag Temanmu di :

IUD (KB spiral) merupakan jenis kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan, IUD yang bersifat permanen sehingga anda dan pasangan tidak perlu berganti-ganti kontrasepsi. Tapi pemakaian kontrasepsi jenis ini bukan tanpa masalah, ada beberapa tanda IUD bermasalah saat IUd bergeser dari tempatnya. Jika anda yang memakai IUD dan merasa bahwa ada tanda IUD bergeser maka anda harus segera ke dokter kandungan atau bidan untuk mengeceknya.


Berikut ini ada 8 Tanda IUD bermasalah, antara lain :

  • Rasa sakit ketika berhubungan intim

Anda dan pasangan merasa tidak nyaman dan sakit ketika berhubungan intim bahkan saat melakukan posisi seks tertentu anda bisa merasa sakit dibagian vagina atau rahim.

  • Bisa merasakan IUD di serviks

Anda dapat mngetahui apakah IUD bergeser dengan memasukan jari kedalam vagina hingga keserviks. Apabila anda merasakan benang IUD keluar dari serviks, maka posisi IUd bergeser dari asalnya. Penyebab IUD bergeser karena siklus haid atau serviks anda merasa tidak nyaman dengan adanya benda asing.

  • Volume darah haid lebih banyak dari biasanya

IUD non hormonal memang bisa memicu haid lebih banyak dibanding sebelum anda memakai IUD. Jika pendarahan semakin banyak, maka anda harus kontrol ke dokter karena bisa saja menjadi tanda bahwa IUD sedang bermasalah.

  • Pasangan merasa terganggu saat berhubungan

Saat pasangan anda mengeluhkan bahwa penisnya seperti menyentuh sesuatu ini salah satu tanda IUD bermasalah, apabila dibiarkan maka pasangan anda akan trauma dan merasa tidak nyaman ketika berhubungan intim. Maka anda harus segera kontrol ke dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui apakah posisi IUD anda bergeser.

  • Keputihan yang abnormal

Hal yang normal jika terjadi keputihan terutama yang masih rutin mendapatkan siklus haid, namun keputihan yang abnormal dari segi warna dan bau mungkin saja salah satu penyebab IUD bermasalah.

Jika anda mengalami keputihan merasa berbau, warna tidak wajar maka anda harus segera periksakan ke dokter, bisa saja anda mengalami keputihan abnormal selain disebabkan oleh jamur, bisa juga karena posisi atau rasa tak nyaman alat kontrasepsi spiral yang tidak pada tempatnya.

  • Menstruasi lebih banyak dari biasanya

Jika anda mengalami volume darah haid lebih banyak tidak seperti dari biasanya, maka anda harus segera kontrol ke dokter kandungan karena bisa saja ini tanda bahwa IUD bergeser dari tempatnya.

  • Sering kram secara mendadak

Kram biasanya dialami oleh sebagian wanita yang sedang menstruasi namun kram juga dapat di rasakan oleh pengguna alat kotrasepsi spiral IUD tembaga selama beberapa waktu setelah pemasangan. Tapi jika anda secara tiba-tiba merasa kram meski sedang tidak menstruasi maupun telah lama memakai IUD maka anda patut curiga bisa saja IUD anda mengalami masalah. Maka dari itu, untuk mendapatkan solusinya anda segera periksa ke dokter ataupun bidan terdekat.

  • Merasa hamil

IUD berfungsi untuk mencegah kehamilan, namun alat kontrasepsi ini juga dapat meningkatkan resiko kehamilan ektopik yaitu kehamilan diluar rahim yang cukup berbahaya walaupun kondisi ini hanya 1% yang mengalami dari pengguna IUD di dunia namun anda tetap harus waspada.

Demikianlah tanda-tanda posisi IUD bergeser dari tempatnya, semoga bermanfaat bagi anda yang menggunakan alat kontrasepsi spiral, dan anda juga harus rutin USG minimal 3 bulan sekali untuk melihat posisi IUD.

By Ana Rediana - Kewanitaan Rabu, 01 Agustus 2018 14:39:05

Related Post :
Penyakit
Waspada! Penyakit Kelamin Ini…

Penyakit kelamin merupakan penyakit…

Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Untuk Bayi…

Bayi mempunyai perut yang…

Obat Kimia
Pilihan Obat Penyubur Kandungan…

Anda sedang mencari obat…

Ibu Hamil
Resiko Yang Mungkin Terjadi…

Resiko yang mungkin terjadi…

Tips
Cara Menurunkan Kadar Lemak…

Berikut ini beberapa cara…

Ibu Dan Anak
Jumlah Asupan ASI Untuk…

Banyak ibu yang berharap…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penebalan dinding rahim dan haid slma 4 bulan tidak berhenti

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Saya d fonis dokter penyakit penebalan dinding harim.jadi solusi menghilang kan nya dengan cara apa.? Operasi atau d curet dokter?

  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…


Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun Pembersih Kewanitaan

Berikut ini bahaya memakai sabun…

Kewanitaan
Jangan Sering Memakai Pantyliner! Ini Bahayanya

Berbagai bahaya memakai pantyliner untuk…

Kewanitaan
Berbagai Penyebab Mood Buruk Pada Wanita Saat Haid

Inilah berbagai penyebab mood buruk…

Kirim Pertanyaan
Top