Penyakit Langka dan Aneh yang Mungkin Belum Pernah Anda Lihat

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, alergi, atau yang lainnya mungkin pernah atau bahkan sering Anda dengar. Tapi, selain itu, ternyata ada beberapa jenis penyakit yang jarang diketahui dan termasuk penyakit langka dan cenderung aneh. 

Penyakit langka terkadang memang membuat sebagian orang yang melihatnya ngeri. Bahkan, mungkin sebagian penderita merasa terasingkan akibat penyakit langka yang dimilikinya. Lalu, penyakit apa saja yang termasuk langka ? Berikut penjelasannya !


Mengetahui Penyakit Langka dan Aneh yang Mungkin Belum Pernah Dilihat

Berikut ini merupakan beberapa penyakit langka dan aneh yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya, yaitu diantaranya :

  • Sindrom bau ikan

Sindrom bau ikan atau disebut juga bau amis biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan enzim yang mencegah pemecahan trimethylamine (TMA). Trimethylamine merupakan bahan kimia dari pencernaan protein yang menyebabkan bau kurang sedap, seperti bau ikan busuk. 

Bau ini akan tercium melalui urine, keringat, dan napas. Tidak ada obat yang bisa mengatasi kondisi ini, akan tetapi Anda bisa mengurangi gejalanya dengan melakukan diet bebas TMA. Diet dilakukan dengan menghindari konsumsi kacang-kacangan, telur, dan jenis ikan dan daging tertentu.

  • Progeria

Kondisi ini dikenal juga dengan Hutchinson Gilford Syndrome, dan merupakan penyakit langka yang terjadi karena adanya kelainan genetis progrefis anak-anak usia 1 atau 2 tahun. Pada umumnya, anak-anak yang terkena penyakit ini akan terlihat normal saat lahir. Tanda dan gejala progeria baru akan terlihat pada tahun pertama, yaitu berupa rontoknya rambut. 

Anak-anak yang mengidap progeria sebagian besar meninggal sekitar usia 13 tahun, yang biasanya disebabkan karena masalah jantung dan stroke. Namun, beberapa penderita juga bisa hidup 20 tahun lebih lama. 

  • Lidah geografis

Kondisi ini memiliki gejala yang mirip dengan psoriasis di mulut, yaitu timbulnya luka di permukaan atau sisi lidah. Lidah geografis merupakan kondisi peradangan lidah yang menyebabkan lesi berbentuk seperti pulau-pulau pada peta. Luka biasanya terlihat tidak beraturan, berwarna merah atau putih, dan memiliki batas kuning di tepiannya. Kondisi ini bisa mengakibatkan timbulnya rasa seperti terbakar atau iritasi. 

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan timbulnya lidah geografis. Akan tetapi, peneliti berpendapat jika kondisi ini dipicu oleh hal-hal yang bisa menimbulkan stres, termasuk alaergi, gangguan hormonal, kekurangan nutrisi, gangguan psikologis, dan bahkan makanan pedas. 

  • Sindrom Kleine-Levin

Sindrom Kleine-Levin atau juga dikenal dengan sindrom Sleeping Beauty, merupakan gangguan neurologis yang langka dan kompleks. Sindrom ini ditandai dengan tidur yang terlalu lama dan berulang. Sindrom ini lebih sering terjadi pada remaja. 

  • Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom Alice in Wonderland ini merupakan gangguan otak yang merusak persepsi seseorang tentang ukuran. Sindorm ini memang dinamai seperti tokoh utama dari  buku klasik karya Lewis Caroll, yaitu Alice. 

Penyakit langka ini juga dikenal dengan sindrom Todd atau halusinasi liliput (kecil), kondisi ini membuat Anda mengalami perubahan citra tubuh atau lingkungan sekitar, dimana bagian tubuh atau objek eksternal yang terlihat menjadi lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya. 

Gangguan ini umumnya terjadi pada anak-anak dan akan menghilang saat usia remaja. Akan tetapi, kondisi ini juga bisa bertahan hingga dewasa. Penyebab dari sindrom ini tidak diketahui dengan jelas, akan tetapi epilepsim, tumor otak, penggunaan obat psikoaktif, dan virus Epstein-barr dihubungan menjadi faktor penyebab penyakit langka ini. 

  • Penyakit Morgellons

Penyakit Morgellons adalah kondisi yang membuat seseorang merasa seperti ada sesuatu yang berjalan, menggigit, merayap, atau menyengat di kulitnya. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan tentu mengganggu aktivitas penderitanya. Walaupun demiokian, penyakit ini memang jarang terjadi dan kurang dipahami apa yang menjadi penyebabnya. 

Penderita penyakit ini akan sering merasa bingung, cemas, hingga stres. Beberapa dokter mengenali kondisi ini sebagai infestasi delusional. 

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan memberi perawatan dengan terapi perilaku kognitif, antidepresan, obat antipsikotik, dan konseling. Sedangkan, dokter lainnta mengira gejala ini berhubungan dengan infeksi pada sel-sel kulit. Maka dari itu, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut mengenai penyakit ini. 

  • Alergi air

Alergi air atau urtikaria aquagenik termasuk salah satu penyakit langka yang mungkin akan terdengar mengejutkan. Pasalnya, hampir sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. 

Penderita alergi air tidak bisa bersentuhan dengan air atau benda basah. Jika bersentuhan, maka ia akan merasakan kulitnya gatal-gatal, terutama di bagian leher, lengan, dan tubuh bagian atas. 

Penderita juga tidak bisa mandi, berenang, atau terkena air hujan. Bahkan pada beberapa orang, menangis juga bisa menyebabkan gatal. Dalam kasus yang jarang terjadi, air minum juga bisa memicu timbulnya reaksi alergi. 

Penyebab pasti dari alergi air ini belum diketahui jelas, akan tetapi para ahli menyebutkan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan alergi air, yaitu seperti zat yang terkandung dalam air dan bisa menyebabkan alergi. 

Itulah beberapa jenis penyakit langka dan aneh yang mungkin belum pernah Anda lihat atau dengar sebelumnya. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan kita mengenai berbagai kondisi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat. 

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 02 Agustus 2018 11:55:31

Related Post :
Kesehatan
Ini Penyebab Anyang-Anyangan Pada…

Ini penyebab anyang-anyangan pada…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Menakjubkan…

Berbagai kandungan gizi teh…

Kewanitaan
Mengalami Iritasi Atau Gatal…

Anda tengah mengalami vagina…

Manfaat
Fakta Menarik Seputar Manfaat…

Berikut adalah fakta menarik…

Kesehatan
Mengenal Vaksin MMR (Mumps…

Mengenal vaksin atau imunisasi…

Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Crystal…

Manfaat dan khasiat crystal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 2)

Merasa takut merupakan hal wajar…

Penyakit
Obat Gondok Jenis Gondongan dan Gejalanya

obat gondok beserta jenis-jenis gondongan…

Kirim Pertanyaan
Top