Tak Disangka! Ramuan Herbal Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Otak

Share dan Tag Temanmu di :

Otak merupakan pusat sistem saraf dan perintah manusia. Terdapat beberapa hal yang diatur oleh otak, diantaranya seperti pergerakan tubuh, kreativitas, kecerdasan, ingatan, dan emosi. Jika Anda ingin melakukan sesuatu, maka otak yang akan mengatur dan memerintahnya. 

Mengingat begitu pentingnya fungsi otak, maka tak heran jika sangat penting untuk selalu menjaga agar otak tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi ramuan herbal. 


Ramuan herbal memang saat ini telah banyak digemari, baik untuk pengobatan penyakit atau pun untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, tanaman herbal telah digunakan sejak zaman dahulu untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Sejumlah penelitian menemukan adanya manfaat dari rempah dan bahan herbal untuk kesehatan otak manusia, diantaranya untuk membantu mempertajam memori, mengurangi rasa kecemasan, bahkan kemungkinan juga untuk melindungi otak dari jenis tumor otak

Dan berikut ini merupakan ramuan untuk kesehatan otak yang tak disangka sebelumnya, yaitu diantaranya :

  • Kunyit

Siapa yang tidak mengenal rempah yang satu ini. Kunyit memang sering dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan, atau dibuat sebagai jamu tradisional. Selain dapat menambah kenikmatan dari makanan, kunyit ternyata juga baik untuk kesehatan otak. 

Nutrisi dan antioksidan yang terkandung didalam kunyit dipercaya dapat membuat otak semakin cerdas, tenang, dan terhindar dari risiko Alzheimer. Senyawa yang terdapat dalam kunyit dapat meningkatkan respon makrofag dalam membasmi plak beta-amyloid pada otak sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Sederhananya, kunyit bekerja dengan menghambat kematian sel-sel saraf otak dan meluruhkan plak dalam otak yang menjadi pemicu Alzheimer. 

  • Ginseng

Selain kunyit, ternyata ginseng ternyata juga diketahui mengandung antioksidan yang bisa mencegah peradangan yang dikenal dengan genosida. Ginseng juga memiliki sifat antistres sehingga bisa meningkatkan suasana hati. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departement of Neurology di Clinical Research Institute di Korea Selatan menujukkan bahwa ginseng dapat merangsang perkembangan sel-sel otak dan meningkatkan konsentrasi serta fungsi kognitif otak. 

  • Sage

Menurut laporan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, disebutkan bahwa daun sage dapat membantu meningkatkan daya ingat penderita Alzheimer. 

Mengonsumsi suplemen ekstrak sage secara rutin selama 4 bulan bisa memperbaiki proses belajar dan pemahaman informasi pada pengidap Alzheimer ringan hingga sedang. Penelitian lain menunjukkan bahwa daun sage bisa meningkatkan daya ingat pada orang dewasa muda yang sehat. 

Namun perlu diingat, penggunaan suplemen sage harus sesuai dengan resep dokter. Menakar dosis ekstrak sage secara sembarangan bisa menimbulkan efek peningkatan tekanan darah yang berbahaya jika Anda merupakan penderita hipertensi. 

  • Thyme dan peterseli

Rempah-rempah seperti thyme dan peterseli memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang disebut dengan apigenin. Kandungan ini berpotensi mampu memperkuat koneksi antara sel saraf (neuron) sehingga bisa merangsang pembentukkan sel-sel otak yang baru dan sehat.

Selain itu, Menurut seorang peneliti di Micronutrient Information Center di Oregon State University's Lingus Pauling Institute, Giana Angelo, PhD, struktur kimia apigenin mampu menuru hormon estrogen yang berperan dalam perkembangan neuron. 

Semakin kuat dan semakin banyak koneksi anter sel saraf otak, maka risiko perkembangan depresi, Alzheimer, dan penyakit parkinson pun semakin kecil. 

  • Ginkgo biloba

Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan ginkgo biloba. Ramuan herbal ini memang sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala demensia. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease di tahun 2005 menjelaskan bahwa ekstra ginkgo biloba yang dikenal dengan EGb761 ini berpotensi untuk memperlambat penurunan kognitif pada pasien yang mengalami gejala neuropsikiatrik (gangguan sisten saraf dan mental), selain dari demensia atau Alzheimer.

Itulah beberapa ramuan herbal yang ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan otak. Anda bisa dengan mudah mendapatkan beragam manfaat ramuan herbal tersebut dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

By Sri Maryati - Alami Jum'at, 03 Agustus 2018 10:53:36

Related Post :
Tips
Tips Menjaga Kesehatan Anak…

Tips menjaga kesehatan anak…

Kesehatan
Ini Anjuran Dan Pantangan…

Berikut adalah anjuran dan…

Alami
Obat Alami Maag Kronis…

Penyakit maag merupakan sebuah…

Penyakit
Penyebab Gejala dan Jenis-jenis…

Penyebab gejala dan jenis-jenis…

Penyakit
Berbagai Faktor Pemicu Biduran…

Urtikaria aatu biduran merupakan…

Kesehatan
Metode Pengobatan Kanker Lambung

Banyak cara yang bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Obat Penurun Kolesterol Tinggi Yang Alami Dan Terbukti Ampuh

Obat penurun kolesterol tinggi alami…

Alami
Manfaat Tomat Untuk Mengatasi Katarak Hingga Kanker

Manfaat Tomat Untuk Mengatasi Katarak…

Alami
Obat Luka Diabetes Tradisional Agar Cepat Kering

Obat luka diabetes tradisional dan…

Kirim Pertanyaan
Top