Awas! Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Timbulkan Masalah Kulit Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Mencuci tangan merupakan hal yang penting dilakukan, terutama saat akan menyentuh makanan. Disarankan untuk mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air bersih untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel. Namun, bagaimana jika kita sedang berada di luar dan tidak tersedia air ? 

Maka dari itu, saat bepergian ke luar rumah, tidak sedikit orang yang selalu menyiapkan hand sanitizer untuk membantu membersihkan tangan. Hand sanitizer merupakan produk alternatif untuk membersihkan tangan yang dikenal praktis karena penggunaannya tidak memerlukan air atau sabun.


Karena kepraktisannya ini, menjadikan hand sanitizer sebagai salah satu produk yang harus selalu ada didalam tas sebagian orang. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu jika sebenarnya produk ini kurang efektif untuk membersihkan tangan. Alih-alih tangan jadi bersih dan bebas kuman, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering justru bisa memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. 

Berikut ini merupakan masalah kulit akibat sering pakai hand sanitizer yang perlu diketahui dan diwaspadai, diantaranya yaitu :

  • Merusak skin barrier

Penggunaan hand sanitizer secara berlebihan bisa mengakibatkan skin barrier mengalami kerusakan. Kandungan alkohol yang ada pada hand sanitizer bisa menghilangkan protein dan lipid di skin barrier, serta menyebabakn iritasi, dan kekeringan pada kulit. Untuk mengatasi masalah kulit ini, jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan penggunaan hand sanitizer dengan pelembab atau hand cream.

  • Kulit kering

Jika kandungan alkohol dalam produk skin care yang sedikit saja sudah bisa membuat kulit wajah kering, lalu bagaimana dengan hand sanitizer yang memiliki bahan utama alkohol ? 

Hand sanitizer terbuat dari beberapa jenis alkohol, yaitu isopropyl, ethanol, dan juga n-propanol. Ketiga jenis alkohol ini diketahui bisa memicu iritasi dan mengangkat minyak alami pada kulit sehingga jika digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan kulit tangan semakin kering.

  • Berpotensi merusak sistem hormon

Sebagai pengganti alkohol, banyak produk hand sanitizer yang dibuat dengan menggunakan triclosan, yaitu kandungan yang berfungsi sebagai obat antijamur dan antibakteri. Namun, sayangnya kandungan ini juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Triclosan bisa terserap dengan mudah pada kulit dan masuk ke dalam aliran darah. Hal ini bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti alergi, kelainan hormon, bahkan hingga kanker. 

  • Mengurangi kemampuan sistem imun tubuh

Dengan menjaga kebersihan tangan, maka kita memang bisa lebih terbebas dari penyakit. Akan tetapi, apakah Anda tahu jika lingkungan yang terlalu bersih justru bisa memperlemah sistem imun, terutama pada anak kecil.

Hal ini disebabkan karena tidak ada yang perlu dilawan, sistem imun menjadi tidak terlatih dan semakin lemah. Selain imun melemah, seseorang juga bisa menjadi sangat sensitif terhadap inflamasi dan menjadi mudah terserang penyakit yang cukup parah.

  • Tangan mengalami penuaan dini

Kulit tangan yang terlihat menua bisa jadi salah satu dampak dari penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering. Kandungan alkohol yang ada didalam hand sanitizer bisa membuat sel kulit menjadi kering dan dehidrasi. Akibatnya, tampilan garis halus dan keriput pada kulit pun akan semakin jelas. Bahkan, pada kasus-kasus yang cukup parah, kulit bisa menjadi pecah-pecah dan terkelupas. 

Tidak ada larangan untuk menggunakan hand sanitizer, namun Anda harus memperhatikan frekuensinya. Jangan terlalu sering, terlebih lagi ketagihan menggunakannya. Jika ada alternatif lain yang lebih aman, maka pilihlah opsi yang lebih bersahabat untuk kulit yang bagus untuk kesehatan Anda. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 07 Agustus 2018 11:51:54

Related Post :
Penyakit
Gejala Dan Pengobatan Kanker…

Sangat penting mengenal kanker…

Alami
Perawatan Rambut Rusak Parah…

Perawatan rambut rusak parah…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Kelumpuhan Dan…

Tahukah anda apa pengertian…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Hidung Meler…

Tahukah anda apa penyebab…

Manfaat
Manfaat Dibalik Manisnya Es…

Es krim merupakan salah…

Ibu Dan Anak
Anak Susah Makan ?…

Anak sulit makan menjadi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Berbagai Gejala Abses Payudara Dan Penyebabnya

Informasi tentang abses payudara lengkap…

Kesehatan
Efek Negatif Kecanduan Smartphone Bagi Kesehatan

Penggunaan smartphone yang berlebihan bisa…

Kirim Pertanyaan
Top