Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu UHT?

Share dan Tag Temanmu di :

Susu Ultra High Temperature (UHT) yaitu jenis susu yang sering ditemui di pasaran atau swalayan yang memiliki kemasan berbeda dan memiliki berbagai varian rasa yang sangat enak. Susu UHT sangat aman dikonsumsi karena sudah melalui berbagai proses dan di awasi oleh para ahli dibidangnya. Tapi, meskipun susu ini aman dan memiliki rasa yang enak, bolehkah susu UHT dikonsumsi oleh bayi yang berumur dibawah 1 tahun?


Walaupun susu memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan ana-anak, namun jangan sembarangan dalam memberikannya karena ada batasan porsi dan usia yang harus diperhatikan. Sesuai anjuran pemerintah bayi yang berumur 0-2 tahun sebaiknya tetap berikan ASI. Tapi disisi lain jika bayi jika usia bayi sudah memasuki 6 bulan tidak lagi minum ASI jangan memberikan langsung susu UHT karena jenis susu ini baru bisa dikonsumsi anak yang berumur diatas 1 tahun.

Dr. Fiastuti Witjaksono mengatakan ada 4 jenis usus yang dibagi berdasarkan prosesnya seperti susu segar dari ASI dan non ASI biasanya dari susu sapi, kambung, dan hewan lain selama di perah dengan baik. Lalu ada susu pasteurisasi yang harus melalui satu proses pemanasan dalam suhu 63 - 73 derajat celcius selama 15 deitk untuk menghilangkan bakteri potagen, kemudian ada susu bubuk yang diproses dari susu segar menggunakan atau tanpa fortifikasi nutrisi tambahan untuk kemudian dikeringkan dan yang terakhir susu UHT yang diproses melalui pemanasan dalam temperatur tinggi 135 - 140 derajat celcius sekitar 2 - 4 detik.

Anak yang sudah menginjak usia lebih dari 1 tahun perlu makanan padat sebagai sumber nutrisi pelengkap kebutuhan sehari-harinya. Susu UHT termasuk salah satu jenis susu yang paling aman dikonsumsi si kecil karena susu ini diproses dengan nutrisi alaminya terjaga tanpa memakai bahan pengawet apapun.

Tujuan dari proses pemanasan pada temperatur tinggi yaitu untuk membunug berbagai bakteri yang ada pada susu, sedangkan waktu pemanasan yang singkat akan menjaga kandungan nutrisi alaminya. Kualitas dan nutrisi alami dalam susu UHT akan terjaga selama 10 bulan tanpa pengawet karena dikemas dengan menggunakan aspetik 6 lapis.

Selain bisa langsung diminum, susu ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam hidangan seperti kue susu dan puding yang tentu sangat disukai anak sehingga bermanfaat bagi pertumbuhan mereka.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Rabu, 08 Agustus 2018 13:52:28

Related Post :
Tips
Tips Cara Alami Menghilangkan…

Tips cara alami menghilangkan…

Daun
Mengenal Manfaat Daun Sawo…

Berikut adalah khasiat dan…

Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera…

Tanda-tanda melahirkan anak pertama…

Obat Kimia
Gabapentin Obat Pengendali Gejala…

Gabapentin Obat Pengendali Gejala…

Manfaat
Manfaat Buah Pare Untuk…

Manfaat Buah Pare Untuk…

Penyakit
Ini Yang Bisa Anda…

Ini yang bisa anda…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Anak yang Rewel saat Tumbuh Gigi

Pertumbuhan gigi pada anak seringkali…

Ibu Dan Anak
Selain Susah Makan Ini Penyebab Anak Susah Gemuk

Selain susah makan, ketahui penyebab…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Bayi Tidak Rewel saat Mandi yang Perlu Diketahui

Waktu memandikan bayi merupakan momen…

Kirim Pertanyaan
Top