Mengurangi Peradangan dengan Manfaat Indomethacin

Share dan Tag Temanmu di :

Indomethacin adalah sebuah OAINS atau obat anti inflamasi non-steroid yang bisa dipakai untuk meredakan sakit ringan sampai menengah dan mengurangi inflamasi atau peradangan. Rasa sakit yang bisa diatasi dengan obat ini adalah sendi dan otot kaku, keseleo, nyeri punggung, artritis rheumatoid, nyeri ketika menstruasi, dan rematik karena tinggi asam urat.

Indomethacin bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi senyawa prostaglandin yakni senyawa yang dilepas tubuh yang menyebabkan inflamasi atau rasa sakit. Dengan terhalangnya produksi prostaglandin, rasa sakit akan berkurang.


Indometachin biasanya diberikan untuk dikonsumsi dalam jangka pendek dan singkat dengan dosis paling rendah. Namun pada beberapa kasus bisa juga diproduksi untuk jangka panjang, misal pada pasien rheumatoid artritis. Pada beberapa kondisi, diperlukan durasi konsumsi sampai empat minggu sebelum manfaatnya terasa.

Obat resep ini tersedia dalam bentuk kapsul dan hanya boleh dikonsumsi orang dewasa. Indomethacin tersedia dalam beberapa merk dan penggunaannya harus sesuai resep dokter. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak. Perempuan yang sedang hamil dan menyusui tidak boleh mengonsumsi indomethacin. Begitu juga untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan karena obat ini bisa mengurangi kesuburan perempuan.

Indomethacin dikonsumsi baik dengan makanan maupun setelah makan. Jika indomethacin dikonsumsi sebaiknya tidak dulu mengoperasikan alat berat atau mengemudi kendaraan karena pada beberapa orang, obat ini bisa membuat pusing. Saat gejala mereda, hentikan konsumsi. Harap hati-hati jika indomethacin dikonsumsi orang yang berusia di atas 65 tahun, mengalami inflamasi usus, tukak lambung, gangguan hati, penyakit jantung, asma, gangguan ginjal, epilepsi, hipertensi, penyakit Parkinson, gangguan mental, gangguan penggumpalan darah, lupus dan alergi terhadap OAINS lain seperti aspirin dan ibuprofen.

Dosis indomethacin yang umumnya dianjurkan dokter adalah 50 sampai 200 miligram per hari. Dosis tersebut bisa dibagi menjadi beberapa kali minum per hari. Dosis obat akan diberikan dengan dosis teringan sebelum disesuaikan dengan kondisi dan respon tubuh terhadap obat. Berikut kami jelaskan dosis atau contoh takaran indomethacin untuk kondisi-kondisi tertentu :

- Rematik karena asam urat, dosisnya 150 sampai 200 miligram per hari.
- Nyeri karena menstruasi, dosisnya 75 miligram per hari.
- Artritis rheumatoid kronis, dosisnya 50 sampai 150 miligram per hari.
- Artritis rheumatoid akut, dosisnya 50 sampai 75 miligram per hari.

Kenali efek samping serta bahaya indomethacin seperti gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, pusing, diare atau konstipasi, serta mual dan muntah.

By Sri Maryati - Obat Kimia Jum'at, 02 September 2016 14:19:32

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Bagi Penderita Asma…

Pantangan bagi penderita asma…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Duri…

Cara ampuh mengatasi duri…

Penyakit
Mengenal Virus Yang Menjadi…

Mengenal virus yang menjadi…

Alami
Cara Alami Mengusir Hidung…

Cara Alami Mengusir Hidung…

Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Kesehatan
Penyebab Timbulnya Tumor Payudara…

Untuk mencegah timbulnya tumor…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Daftar Nama Obat Sariawan Yang Ampuh Di Apotik

Daftar nama obat sariawan yang…

Obat Kimia
Obat Pereda Gejala Asma Kimia Salbutamol

Obat Pereda Gejala Asma Kimia…

Obat Kimia
Obat Clobazam Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Karena beberapa faktor, banyak orang…

Kirim Pertanyaan
Top