Mengenal Manfaat Berkebun untuk Terapi Kesehatan Fisik dan Mental

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi para pecinta tanaman, berkebun merupakan hal yang biasa dilakukan dan cukup menyenangkan. Akan tetapi, sayangnya tidak sedikit pula orang yang tidak menyukai aktivitas berkebun dengan berbagai alasan, baik itu karena tidak memiliki lahan yang cukup, tidak memiliki bakat untuk berkebun, atau lainnya. 

Padahal, aktivitas berkebun, bahkan merawatan tanaman sekecil apapun di rumah selain dapat mempercantik penampulan rumah Anda juga bisa meningkatkan kualitas hidup. 

Banyak yang tidak menyadari bahwa berkebun merupakan aktifitas fisik yang memiliki intensitas yang setara dengan lari di atas treadmil dengan kecepatan 5 km/jam. Selain itu, berkebun selama beberapa menit juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, aktivitas berkebun juga bisa menjadi salah satu bentuk terapi kesehatan, baik fisik ataupun mental. 


Terapi holtikultura atau terapi dengan budidaya tanaman ini memiliki manfaat yang signifikan. Terapi ini berakar dari aggasan bahwa berinteraksi dengan tanaman bisa memberikan kesejahteraan, baik itu dengan merawat kebun atau hanya memiliki tanaman di rumah. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa hanta berada di alam seperti berjalan-jalan melalui taman, hutan, dan lahan hijau lainnya bisa meningkatkan kesegaran pikiran, menyeimbangkan tekanan darah, merendahkan tingkat hormon stres, hingga stabilitas detak jantung. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, maka bukan tidak mungkin Anda juga bisa memiliki umur yang lebih panjang.

Terapi holtikultura bukan hanya sekedar berkebun biasa

Merawat kebun di bawah bimbingan pakar tanaman, dalam hal ini terapi holtikultura, menjadi salah satu metode kesehatan yang sangat direkomendasikan. Hal ini dijelaskan oleh seorang profesor terapi holtikultura dari Rutgers University, Joel Flagler. 

Penelitain menunjukkan bahwa terapi holtikultura dapat mendukung pemulihan dari penyakit tertentu, meningkatkan suasa hati, dan bahkan bisa mempersingkat masa perawatan pasien di rumah sakit. 

Salah satu studi yang dilakukan oleh Flagler dan tim peneliti yaitu melihat pengaruh terapi holtikultura pada sekelompok penderita Alzheimer. Hasilnya, penderita dengan demensia bisa meningkatkan memori jangka pendeknya setelah menjalankan terapi holtikultura. 

Tidak hanya itu, para peserta penelitian juga bisa mengingat suara-suara di sekitar taman, bahkan sampai hampir 2 minggu setelah kejadian itu terjadi. 

Lebih dari sekadar terapi holtikultura, secara garis esar berkebun juga memiliki manfaat fisik seperti dapat meningkatkan koordinasitangan, mata dan jari. Menggali dengan sekop dan berdiri dalam waktu yang lama dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.

Sebenarnya tumbuhan sendiri merupakan objek terapi yang baik dan dapat memberikan sensasi relaksasi. Dengan berkebun, stimulasi sensorik seperti aroma wangi, tekstur, rasa dan bunyi-bunyi tertentu seperti suara daun sampai desir bambu bisa memberikan efek menenangkan dan menciptakan perasaan bahagia. 

Lebih dari itu, berikut ini merupakan beberapa manfaat berkebun untuk terapi kesehatan lainnya yang perlu diketahui :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Meskipun berkebun bisa membuat tangan dan tubuh kotor, akan tetapi  bakteri yang terdapat pada tanah justru bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, maka Anda tidak akan mudah sakit dan bisa lebih mudah melawan infeksi. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian dalam jurnal Science. Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen juga menemukan bahwa berkebun bisa mencegah timbulnya alergi. 

  • Menurunkan berat badan

Berkebun menjadikan tubuh lebih banyak bergerak, sehingga bisa membakar kalori. Jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan, maka tidak ada salahnya untuk coba berkebun. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health, berkebun bisa menurunkan berat badan sekitar 5 sampai 7 kg. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Westminster University, Inggris, seseorang yang mengurus tanaman di kebun ataupun pot secara rutin memiliki angka Body Mass Index (BMI) lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak suka berkebun.

  • Menjaga kesehatan otak

Berkebun tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang terdapat dalam journal of Alzheimer's Disease, menyebutkan jika berkebun bisa melindungi kesehatan kgnitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko Alzheimer sampai 50%.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 10 Agustus 2018 13:28:51

Related Post :
Manfaat
Mengetahui Beragam Manfaat Daging…

Di Indonesia sendiri daging…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Ragam Manfaat…

Berikut ini ragam manfaat…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C…

Meskipun vitamin C memilki…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Gigi…

Cara ampuh mengatasi gigi…

Ibu Dan Anak
Dampak Pengobatan Kanker pada…

Pengobatan kanker seperti kemoterapi…

Manfaat
Manfaat Daging Trenggiling si…

Trenggiling yang merupakan hewan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar

Berikut ini adalah informasi tentang…

Kesehatan
Makanan Sehat Yang Dianjurkan Bagi Penderita Fistula Ani

Makanan sehat yang dianjurkan bagi…

Kesehatan
Hindari Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat! Ini Alasannya

Makanan yang sudah dihinggapi lalat…

Kirim Pertanyaan
Top