Bahayakah Jantung Berdebar Kencang Saat Hamil?

Share dan Tag Temanmu di :

Jika anda merasakan jantung berdebar saat hamil, jangan panik! Karena jantung berdebar salah satu gejala umum yang terjadi pada kehamilan terutama kehamilan sudah memasuki usia 28 minggu hingga 32 minggu.


Belum jelas secara pasti penyebab dari jantung berdebar saat hamil namun diketahui bahwa jantung berdebar saat hamil disebabkan oleh efek hormon progesteron pada otot jantung supaya dapat mencukupi kebutuhan sirkulasi dari pada ibu dan janin dalam kandungan.

Jantung bertanggung jawab untuk menucukupi kebutuhan darah dirahim selama masa kehamilan. Selain itu, jantung juga akan lebih banyak memompa darah dari sebelumnya yang berfungsi untuk mengakomodasi janin. Frekuensi denyut jantung akan meningkat jika volume darah dalam tubuh meningkat 30% hingga 50%.

Pada kondisi tertentu, jantung berdebar selama masa kehamilan bisa dipicu karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein yang bisa ditemukan seperti dalam cokelat, kopi, soda, ataupun teh. Selain itu, faktor stress dan rasa cemas juga bisa menyebabkan jantung berdebar selama masa kehamilan. Maka anda harus mengurangi kondisi stress dengan melakukan latihan pernafasan untuk membantu anda agar rileks dengan melakukan kegiatan yoga atau pijat prenatal.

Anda tak perlu khawatir, jika mengalami jantung berdebar hanya terjadi sewaktu saja, yang harus anda waspadai jika anda sering mengalami jantung berdebar atau diikuti dengan gejala nyeri dada, sesak nafas, atau pusing, dan jika anda memiliki riwayat penyakit jantung atau kelainan jantung sebelumnya maka sebaiknya anda segera periksa ke dokter untuk berkonsultasi mengenai penyakit yang anda alami ketika hamil.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Jum'at, 10 Agustus 2018 14:29:06

Related Post :
Penyakit
Sering Nyeri Saat Buang…

Anda sering mengalami nyeri…

Tips
8 Cara Untuk Mencegah…

Pencegahan batu empedu bisa…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Ginjal…

Pernahkah Anda mendengar tentang…

Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit…

Ketahui komplikasi dan bahaya…

Kewanitaan
Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Kesehatan
Tips Aman Mengonsumsi Daging…

Berbagai olahan daging kambing…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Penyebab Sesak Nafas saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Sesak nafas merupakan hal yang…

Ibu Hamil
Penyebab Ketuban Pecah Dini Pada Ibu Hamil Dan Komplikasinya

Berikut ini adalah berbagai penyebab…

Ibu Hamil
Ini Dampak Pada Janin Jika Ibu Hamil Kurang Gizi

Ini dampak pada janin jika…

Kirim Pertanyaan
Top