Sakit Kepala saat Lihat Cahaya Terang? Mungkin Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Pernahkah Anda merasa pusing atau sakit kepala saat melihat cahaya terang? Mungkin Anda mengalami fotofobia. Orang dengan kondisi ini sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga sering menghindari untuk melihat cahaya secara langsung atau mengedipkan mata saat menghadap cahaya terang. 

Cahaya yang dimaksud bisa berasal dari mana saja, seperti sinar matahari, lampu ruangan, lampu jalanan, dan lampu yang berkerlip. Perlu diketahui, fotofobia bukanlah termasuk sebuah penyakit, tetapi merupakan gejala penyakit tertentu. 


Ada beberapa faktor yang diduga termasuk penyebab sakit kepala saat lihat cahaya terang, yaitu diantaranya :

  • Gangguan mata

Mata kering merupakan salah satu gangguan mata yang paling sering menjadi penyebab sakit kepala saat melihat cahaya terang. Hal ini kemudian akan membuat Anda tidak nyaman saat melihat cahaya terang. Mata kering akan semakin sering terjadi karena bertambahnya waktu yang Anda habiskan di depan layar. 

Ketika berada di depan layar televisi, laptop, komputer, dan telepon genggang, secara tidak sadar refleks berkedip akan berkurang, sehingga bisa menyebabkan mata kering. Itulah sebabnya, mengapa semakin lama semakin banyak orang yang mengalami fotofobia.

Selain mata kering, juga terdapat beberaga gangguan mata lainnya yang bisa menyebabkan sakit kepala saat melihat cahaya terang, yaitu diantaranya seperti radang atau lecet pada kornea (selaput pada bagian luar mata), radang pada konjungtiva atau bagian putih mata, katarak, radang pada uvea dan iris (bagian dalam mata), kerusakan retina, dan peradangan pada kelopak mata.

  • Gangguan psikologis

Terdapat beberapa kondisi tertentu yang berhubungan dengan psikologis yang dapat menyebabkan sakit kepala saat melihat cahaya terang, seperti agoraphobia atau ketakutan di tempat ramai, kecemasan, kelainan bipolar, depresi, dan serangan panik.

  • Migrain dan jenis sakit kepala lainnya

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyebab tersering dari sakit kepala saat melihat cahaya terang. Sakit kepala sebelah terjadi pada hampir 80% orang yang mengalami nyeri pada kepala saat melihat cahaya terang.

Selain migrain. penderita sakit kepala jenis lain seperti tension type headache, radang selaput otak (meningitis), cedera kepala, dan tumor kepala juga bisa mengalami sakit kepala saat melihat cahaya terang. 

  • Konsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat diduga bisa menjadi penyebab sakit kepala saat melihat cahaya terang atau fotofobia. Beberapa jenis obat tersebut diantaranya seperti antibiotik jenis doksisiklin dan tetrasiklin, obat malaria seperti quinin, dan obat untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh seperti furosemid.

  • Penyakit lupus

Selain masalah saraf dan mata, penyakit lupus juga memiliki salah satu gejala nyeri kepala saat melihat cahaya terang. Hal ini disebabkan karena saraf mata penderita yang lebih sensitif terhadap cahaya. 

Itulah beberapa faktor penyebab sakit kepala saat lihat cahaya terang yang mungkin terjadi. Segera konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari fotofobia yang Anda alami. 

Untuk membantu mencegah kondisi fotofobia semakin parah, sebaiknya hindari mengucek mata dan lindungi mata dari paparan debu dan kotoran. Selain itu, jangan menatap layar monitor terlalu lama, berilah mata Anda jeda untuk beristirahat. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 11 Agustus 2018 11:55:52

Related Post :
Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika…

Jika tidak segera ditangani…

Tips
Tips Mudik Yang Aman…

Wajib tahu! ini tips…

Tips
Cara Mengobati Bisul Yang…

Cara mengobati bisul yang…

Kesehatan
Efek Negatif Sering Mabuk…

Mengonsumsi minuman keras atau…

Tips
Tips Kurangi Rambut Rontok…

Selain perawatan luar, Anda…

Alami
Obat Herbal Hidrosalping Paling…

Obat herbal hirosalping atau…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Vertigo

Selain mengkonsumsi obat dari dokter,…

Kesehatan
Waspadai Ini 3 Bahaya Olahraga Setelah Makan

Waspadai ini 3 bahaya olahraga…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top