Keluhan Yang Sering Dirasakan Ibu Hamil dan Solusinya

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi setiap wanita masa kehamilan adalah dimana masa yang penuh kenangan. Selain menjadi masa-masa yang menyenangkan, ternyata kehamilan juga sering menimbulkan berbagai keluhan mulai dari yang ringan hingga berat.


Berikut dibawah ini beberapa keluhan yang sering dirasakan ibu hamil beserta cara mengatasinya.

  • Rasa mual

Rasa mual atau morning sicknes yaitu keluhan yang sering dialami oleh semua wanita dan biasanya terjadi diwaktu pagi dan sering terjadi ditrimester pertama kehamilan yang disebabkan karena hormon dan HCG dalam tubuh meningkat.

Saat bangun tidur anda bisa meminum jahe hangat salah satu solusi untuk mengatasi rasa mual dan jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur serta menghindari makan dengan porsi banyak karena bisa menyebabkan timbul rasa mual jadi makan lah dengan porsi sedikit namun sering.

  • Berat badan yang bertambah

Saat hamil kenaikan berat badan yang normal antara 10 - 15 kg, apabila kenaikan berat badan melebihi batas tersebut maka anda wajib melakukan upaya pengurangan berat badan dengan cara tertentu yang dikhususkan bagi ibu hamil. Ingatlah hindari diet sembarangan saat hamil karena dapat mengakibatkan pada kondisi janin dalam kandungan.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur dan cukupi asupan air putih menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kelebihan berat badan saat hamil dan sebaiknya anda kunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai makanan yang sebaiknya diperbanyak dikonsumsi dan apa saja makanan yang sebaiknya dikurangi.

  • Sakit kepala, anemia dan dehidrasi

Umumnya trimester pertama pada wanita hamil nafsu makan menjadi bekurang karena seringkali telat makan bahkan tidak ada makanan yang masu kesaluran pencernaan. Sehingga akan berdampak buruk seperti timbul sakit kepala, kurang darah, hingga dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh. Jika tidak segera diatasi maka akan berakibat fatal bagi janin dalam kandungan.

Agar tubuh terhindari dari dehidrasi solusinya anda harus perbanyam minum air putih. Jika anda tidak nafsu makan, maka anda bisa menggantinya dengan madu atau sari kurma. Supaya perut anda tidak kosong, sebaiknya anda memakan cemilan yang sehat untuk anda dan juga janin dalam kandungan. Tak lupa juga tanyakan pada dokter, sebaiknya cemilan apa yang harus dikonsumsi dan dihindari.

  • Nyeri punggung dan kram pada kaki

Seiring bertambah usia kehamilan seringkali menimbulkan berbagai masalah seperti nyeri punggung dan sering kram pada kaki terutama daerah betis, kondisi ini disebabkan karena bagian kaki dan punggung yang terlalu menopang berat tubuh dan karena tubuh kekurangan mineral dan vitamin.

Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan berolahraga ringan secara rutin seperti jalan kaki dipagi hari, cukup istirahat, dan konsumsi suplemen tambahan berupa mineral dan vitamin. Kemudian ketika anda tidur, gunakanlah bantal untuk penyangga kaki agar posisi kaki lebih tinggi dan hindarilah penggunaan sepatu yang berhak tinggi.

  • Sesak nafas dan sulit tidur

Perut yang semain membesar akan membuat paru-paru semakin terdesak sehingga bernafas pun semakin berat dan ini yang menyebabkan ibu hamil menjadi susah tidur.

Solusinya, gunakanlah bantal yang agak tinggi sebagai penyangga kepala, lalu tidurlah dengan posisi miring untuk membantu agar lebih nyaman dan membantu memperlancar peredaran darah, aturlah kondisi tempat tidur agar tidak gerah sehingga anda bisa tidur dengan nyenyak.

Demikianlah beberapa keluhan yang sering dirasakan ibu hamil dan solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Kamis, 16 Agustus 2018 11:51:38

Related Post :
Kesehatan
Rekomendasi Terapi Pengobatan BPD

Orang yang menderita borderline…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau…

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit…

Tips
Tips Cara Melahirkan Normal…

Melahirkan bisa menjadi proses…

Penyakit
Komplikasi Konjungtivitis yang Harus…

Pada kasus konjungtivitis alergi…

Penyakit
Diagnosis Dan Penanganan Cedera…

Cedera saraf tulang belakang…

Penyakit
Waspadai Wegener Penyakit Langka…

Waspadai wegener adalah sejenis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi Janin Selama Kehamilan

Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi Janin…

Ibu Hamil
Benarkah Ibu Hamil Dilarang Berendam?

Benarkah ibu hamil dilarang berendam?…

Kirim Pertanyaan
Top