Bahaya Terlalu Sering Mengoleskan Minyak Telon pada Kulit Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Sudah sejak lama minyak telon menjadi produk yang wajib ada dan kebiasaan mengoleskan minyak telon ke kulit bayi dan anak-anak ini telah menjadi budaya. Setiap harinya, bayi dan anak akan dibalur dengan minyak yang beraroma wangi tersebut minimal 2 kali. 

Minyak telon telah digunakan secara turun temurun dan dipercaya memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk memberikan kenyamanan dengan kehangatan dan aroma yang khas untuk bayi. Hal ini tidak sepenuhnya salah, mengingat minyak telon dibuat dari campuran minyak kayu putih, minyak kelapa, dan beberapa jenis minyak herbal lainnya. 

Namun perlu diketahui, mengoleskan minyak telon setiap hari hingga beberapa kali ternyata bisa memicu bahaya tersendiri. Terutama untuk beberapa orang anak dan bayi yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif. 


Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Bamed Skin Care, dr Matahari Arsy, SpKK, menjelaskan jika penggunaan minyak telon memang dipercaya baik untuk anak, terlebih untuk memijat. Akan tetapi, ibu harus memperhatikan kandungan dari minyak telon itu sendiri. Bahan dasar yang aman untuk minyak telon bayi adalah minyak biji bunga matahari, dimana ini memang jenis minyak yang baik untuk kulit bayi. 

Jika minyak telon terbuat dari komposisi bahan yang terlalu panas, maka hal tersebut bisa berakibat kulit bayi mengalami iritasi, infeksi, merah melepuh, terkelupas, bahkan terbuka. Menurut dr Matahari, minyak telon tidak boleh digunakan terlalu sering. Semakin sering dibaluri minyak telon, maka kulit bayi akan semakin mudah iritasi. 

Iritasi yang dimaksud tersebut bisa terjadi pengelupasan di kulit bayi, kulit menjadi sangat kering dan jika sudah begini iritasi bisa menjadi lebih parah dengan timbulnya kemerahan di kulit terluar bayi. 

Beliau menambahkan, jika kondisinya sudah sampai di tahap timbul luka, maka sudah dipastikan ada bakteri yang lebih banyak dan ini menjadi awal masalah yang lebih serius. Jika Anda memang ingi memberikan minyak telon pada bayi, maka usahakan untuk tidak setiap hari dan penggunaannya tidak secara berlebihan. Untuk alternatif, Anda bisa mencoba menggunakan occupation. 

Selain itu, Managing Director Cosmetics & Consumers Nina Muthmainnah menyebutkan bahwa penggunaan minyak telon yang aman untuk bayi yaitu dengan menjauhi area wajah yang merupakan daerah sensitif bayi. 

Disarankan untuk mengoleskan minyak telon di area tubuh, seperti kaki, perut, dan tangan. Area tersebut memang penting dioleskan minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi saat kedinginan, seperti setelah mandi. 

Penggunaan minyak telon juga harus diperhatikan. Waktu yang tepat untuk mengoleskan minyak telon pada bayi yaitu setelah makan siang, dan pada malam hari. Hal ini bertujuan agar membuat bayi tidak merasa kembung. Oleskan juga minyak telon saat melakukan perjalanan jauh. 

Nah, itulah beberapa bahaya minyak telon yang terlalu sering digunakan pada si kecil. Jadi, kini Anda jangan salah lagi saat menggunakan minyak telon. Karena, penggunaan minyak telon yang salah alih-alih dapat memberikan manfaat, justru bisa menimbulkan bahaya bagi si kecil. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Selasa, 21 Agustus 2018 11:14:05

Related Post :
Penyakit
Penyakit Dan Gangguan Pada…

Penyakit atau gangguan sistem…

Tips
Langkah Pertolongan Pertama saat…

Meskipun jarang terjadi, namun…

Kesehatan
Hindari 6 Hal Ini…

Hindari 6 hal ini…

Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Penyakit
Mengenali Penyebab Paratifus Serta…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Ini Makanan Penambah Darah…

Berikut adalah makanan penambah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Bayi Baru…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa Menginfeksi Paru-Paru Anak

Kebiasaan merokok yang sering dilakukan…

Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Anak yang Rewel saat Tumbuh Gigi

Pertumbuhan gigi pada anak seringkali…

Kirim Pertanyaan
Top