Normalkah Volume Darah Haid Banyak Setelah Pasang IUD?

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian wanita yang memakai KB spiral atau IUD sering mengeluhkan masa hadinya jadi lebih lama dan volume darahnya menjadi banyak, mengapa demikian?


KB spiral atau IUD yang berbentuk menyerupai huruf T yang dipasang dalam rahim ini merupakan benda asing sehingga endometrium selalu dalam keadaan gelisah ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi. Inflamasi atau peradangan ini bukan karena adanya bakteri namun karena adanya benda asing sehingga sel darah putih berkutat disekitar endometrium untuk berusaha menyerang benda asing ini sehingga akibat dari peradangan menjadi lebih rendatn berdarah. Makanya banyak wanita yang memakai KB spiral setelah haid mengatakan muncul bercak darah dicelana dalam karena menganggapnya hadi akan berlangsung lebih lama menjadi sekitar 10 hingga 14 hari.

Pada umumnya tubuh yang kemudian beradaptasi menoleransikan keberadaan KB spiral, jika ada seseorang yang padang KB spiral atau IUD tidak bisa memastikan akan adanya pendarahan namun tubuh kadang perlu adaptasi sehingga biasanya IUD di coba selama sekitar 6 bulan. Jika anda baru memakai KB spiral sebaiknya jangan dulu dilepas karena IUD termasuk alat KB jangka panjang ' Spotting memang bisa terjadi karena adnaya peradangan atau inflamasi ' .

Perlu anda ketahui juga, KB spiral atau IUD memang bekerja dengan memacu inflamasi atau peradangan pada rongga rahim karena itu termasuk salah satu efek dari IUD yang membuat volume darah saat haid lebih banyak dari biasanya dan anda tidak usah khawatir, ada sekitar 90% pemakai IUD hanya memanjang haid sekitar 4 bulan pertama, setelah itu rata rata akan normal kembali.

By Ana Rediana - Kewanitaan Jum'at, 24 Agustus 2018 14:27:45

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Buah leci merupakan buah…

Obat Kimia
Nama Obat Radang Amandel…

Nama obat radang amandel…

Penyakit
Bisul Sering Muncul Secara…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Ibu Dan Anak
Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan…

Tips ampuh menghilangkan kebiasaan…

Kesehatan
Bahaya Akibat Terlalu Sering…

Bahaya akibat terlalu sering…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penebalan dinding rahim dan haid slma 4 bulan tidak berhenti

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Saya d fonis dokter penyakit penebalan dinding harim.jadi solusi menghilang kan nya dengan cara apa.? Operasi atau d curet dokter?

  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…


Kewanitaan
Kewanitaan
Wajib Tahu! 5 Tipe Wanita Ini Tidak Diperbolehkan Minum Pil KB

Meskipun relatif aman untuk dikonsumsi…

Kewanitaan
5 Fakta Khasiat Durian Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Buah durian bisa meningkatkan keseburan…

Kirim Pertanyaan
Top