Awas! Melakukan Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Kesehatan tubuh memang sangat penting untuk dijaga. Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka jiwa dan pikiran pun akan sehat, selaras, dan seimbang. Tubuh yang sehat juga bisa mendukung Anda dalam melakukan berbagai aktivitas tanpa adanya hambatan apapun. 

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain dengan mengatur gaya hidup sehat, Anda juga harus menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan. 

Banyak yang telah mengetahui jika merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan makanan berlemak bisa merusak kesehatan. Namun, selain itu ternyata ada kebiasaan lain yang tanpa disadari juga bisa merusak kesehatan. 


Berikut ini merupakan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan yang tak diduga sebelumnya, yaitu diantaranya :

Begadang

Tidur larut malam atau baru tidur di pagi hari bisa meningkatkan risiko menurunnya kesehatan fisik ataupun mental secara signifikan. untuk memperbaiki kualitas tidur Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, seperti :

  • Sempatkan waktu untuk tidur siang selama kurang lebih 25-30 menit, terutama bagi Anda yang kurang tidur pada malam hari dan terlalu capek pada siang hari. Jika tidur siang dilakukan lebih dari 30 menit, maka Anda bisa masuk ke dalam fase 'tidur dalam' yang bisa membuat Anda merasa lebih capek saat terbangun.
  • Tetap jaga vitalitas tubuh dengan menjaga pola makan secara teratur, memperbanyak konsumsi  buah dan sayur, konsumsi multivitamin, berolahraga ringan secara teratur, setidaknya 30 menit setiap sesi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 
  • Sebaiknya segera beristirahat setelah pulang bekerja, terutama jika Anda pulang larut malam. Hindari menonton televisi atau menggunakan alat elektronik lain yang bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Atur suhu ruangan yang nyaman, dan sebaiknya tidur dalam kondisi ruangan gelap. 

Jika beberapa langkah tersebut tidak memperbaiki kualitas tidur Anda, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Makan berlebihan

Makan sampai kenyang mungkin merupakan hal yang normal dilakukan. Namun, ini akan menjadi masalah jika makan secara berlebihan menjadi suatu kebiasaan dan bisa mengakibatkan masalah kesehatan. Makan berlebihan bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Kondisi tersebut rentan meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes tipe 2, osteoarthritis, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, sleep apnea, serta penyakit jantung dan stroke.

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pemicu seseorang makan secara berlebihan, baik itu karena sedang menjalani diet ketat, kemudian perlahan tidak tahan dengan aturan ketatnya. Ada pula yang merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan sejak kecil. 

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan berlebih, berikut ini merupakan beberapa solusi yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Hentikan diet yang terlalu ketat. Makanlah berbagai jensi makanan yang diinginkan dalam jumlah sedikit secara berkala. 
  • Berhenti sejenak. Ketika Anda merasa ingin makan, cobalah untuk berhenti sejenak dan tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar lapar. Hal ini disebabkan karena terkadang orang terlalu fokus dengan jenis makanan yang mereka inginkan, sehingga mengaburkan kenyataan bahwa mereka sebenarnya tidak lapar. 
  • Cari bantuan medis. Jika Anda merasa ada yang salah dengan kebiasaan makan dan Anda selalu gagal mengatasinya, maka sebaiknya segera cari bantuan medis. Jangan biarkan masalah makan berlebihan ini membuat Anda jatuh pada kondisi kegemukan yangbisa memicu berbagai penyakit berbahaya. 

Mengeluh

Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam 'Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology', menemukan adanya hubungan antara perilaku percakapan yang berorientasi negatif dengan depresi. Disebutkan bahwa anak-anak yang cenderung terus-terusan berkonflik dengan teman-teman sebayanya, lebih mungkin terdiagnosis depresi. 

Sedangkan studi lain yang dilakukan pada tahun 2008 dan dipublikasikan dalam jurnal 'Hormones and Behaviour', menemukan bahwa berbicara dengan teman dalam konteks negatif bisa meningkatkan hormon stres, terutama pada wanita. Berbicara dengan teman sebenarnya bisa mengurangi stres, namun mengulang-ulang pembicaraan mengenai kesulitan yang tengah dihadapi akan meningkatkan emosi negatif dan membuat diri Anda terjebak pada suasana hati yang buruk. 

Mengenang masa lalu yang pahit

Tidak ada hal baik yang didapatkan dari mengenang masa lalu yang pahit. Hal tersebut baru-baru ini terbukti berdampak pada kesehata psikologis. Stdu yang dipublikasikan melalui 'Behaviour Research and Therapy', menemukan bahwa jika Anda hanya fokus secara komplusif pada kesusahan daripada mencari solusi, maka akan rentan mengalami gejala depresi

Semakin banyak orang yang berpikir tentang peristiwa yang membaut stres, maka semakin besar pula kemungkinan mereka mengalami depresi. Daripada membuang-buang waktu untuk mengingat hal-hal pahit di masa lalu yang tak mungkin bisa diubah, maka sebaiknya fokuslah pada hari ini dan masa depan. Nikmati hari-hari yang Anda jalani, carilah solusi dari semua permasalahan akibat masa lalu, dan rencanakan masa depan yang lebih baik. 

Mengkritik diri sendiri

Mengkritis diri sendiri terlalu keras secara tidak disadari bisa merusak kesehatan, khususnya mental. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 yang terbit dalam jurnal 'Personality and Individual Differences' menemukan bahwa kritik diri yang terlalu keras bisa meningkatkan gejala depresi.

Oleh karena itu, segera ubah cara berpikir Anda. Walaupun kebiasaan ini sulit dihentikan, namun dengan tekad yang kuat, maka Anda bisa belajar secara pelan-pelan untuk menghargai diri dan lebih positif. Perlu diingat, tidak ada manusia yang sempurna. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 25 Agustus 2018 13:44:51

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Cermai Untuk…

Informasi tentang daun cermai,…

Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu…

Beberapa gejala yang muncul…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Selain untuk kecantikan, khasiat…

Obat Kimia
Pilihan Obat Penyubur Kandungan…

Anda sedang mencari obat…

Kesehatan
Mengenal Kondisi Phantosmia atau…

Sering mencium bau busuk…

Alami
Obat Jantung Bengkak Untuk…

Pengobatan alternatif untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Membungkus makanan dengan koran memang…

Kesehatan
Manfaat Rutin Berolahraga Bagi Kesehatan

Manfaat rutin berolahraga bagi kesehatan…

Kesehatan
Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe? Ini Penyebabnya

Kulit kepala berkerak seperti ketombe?…

Kirim Pertanyaan
Top