Tips Dan Cara Memilih Hewan Sapi Kurban Yang Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Perayaan hari raya idul adha jatuh pada tanggal 10 bulan dzulhijjah (70 hari setelah perayaan Idul Fitri) merupakan hari yang identik dengan hari raya kurban atau penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia setelah shalat Ied.


Faktor utama yang penting dalam ibadah kurban adalah memberikan hewan kurban yang terbaik. Sapi kurban yang baik dan sehat harus menjadi salah satu pilihan utama. Bisa dibayangkan kita sudah ikhlas dalam beribadah kurban tetapi ternoda karena sang penerima kurban merasa kecewa tidak mendapatkan daging dengan kualitas yang baik dan pada ujungnya tidak dapat memakan daging kurban yang kita berikan.

Oleh karena itu, dengan mengenali ciri-ciri atau tanda hewan kurban yang sehat dan bermanfaat untuk para kaum muslim/muslimin dalam melaksanakan ibadah kurban.

Cara pertama pilihlah hewan kurban yang cukup umur.

Jika anda memilih sapi atau kerbau, anda bisa memilih yang berumur 22 bulan dan jika anda memilih kambing dan domba, anda bisa memilih yang berumur 12 sampai 18 bulan. Untuk mengetahui umur hewan kurban dengan cara mudah antara lain adalah melihat dari kelahiran ternak tersebut, adalah dengan bertanya kepada pemiliknya, atau bisa dilihat dari gigi ternak tersebut. Jika gigi susunya telah tanggal yaitu dua gigi susu yang di depan, hal tersebut menandakan bahwa hewan kurban (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan apabila hewan kurbannya sapi dan kerbau berkisar umur 22 bulan.

Cara kedua pilihlah hewan kurban yang sehat

Ciri-ciri sehat sapi kurban yaitu:

  • Perhatikan kondisi fisiknya, lihat matanya yang jernih dan tidak sayu.
  • Lihat bagian tubuh hewan kurban tersebut yang berlubang, jangan beli jika hewan tersebut terlihat ada darah yang keluar dari bagian mulut, hidung, telinga, hingga duburnya.
  • Belilah hewan kurban yang kulit dan bulu yang halus atau tidak dalam kondisi cacat.
  • Perhatikan kuku-kukunya, jangan sampai memilih warna kuku yang gelap. Pilihlah yang cerah karena itu juga salah satu ciri-ciri hewan kurban yang sehat.
  • Jangan membeli hewan kurban yang diternak ditempat pembuangan sampah yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh anda jika dikonsumsi.

Itulah tips dan cara memilih hewan sapi kurban yang sehat seperti sapi, kerbau, kambing, atau domba yang dapat kami berikan. Sangat penting untuk kita untuk memilih hewan kurban yang baik dan sehat karena demi menjaga kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat dan selamat berkurban.

By Ana Rediana - Tips Jum'at, 02 September 2016 15:02:29

Related Post :
Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Syaraf…

Mengenal gejala penyebab syaraf…

Kesehatan
Ibu Jari Tangan Kiri…

Ibu jari tangan kiri…

Penyakit
Gejala Kanker Lambung Dan…

Salah satu kanker yang…

Manfaat
Manfaat Gerakan Shalat Bantu…

Melakukan gerakan shalat dengan…

Tips
Ingin Puasa Sekaligus Diet…

Momen puasa sebenarnya merupakan…

Alami
Cara Alami Mengusir Hidung…

Cara Alami Mengusir Hidung…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Tanpa Merusak Kulit

Cara mengecilkan pori-pori wajah tanpa…

Kirim Pertanyaan
Top