Inilah Beragam Penyakit Keturunan Yang Sulit Dicegah

Share dan Tag Temanmu di :

Hampir semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari beragam penyakit namun ada beberapa penyakit tertentu yang sulit dicegah karena termasuk penyakit keturunan yang diturunkan dari keluarga. Yang dimaksud penyakit keturunan yaitu suatu penyakit kelainan genetik yang di wariskan dari orang tua kepada anaknya tetapi orang tua yang hanya bertindak sebagai pembawa sifat saja dan penyakit tersebut baru timbul setelah disebabkan oleh faktor lingkungan dan gaya hidup.


Ada beberapa penyakit turunan yang secara otomatis di turunkan ke anaknya atau generasi berikutinya, antara lain :

1. Buta warna

Buta warna termasuk salah satu masalah penglihatan karena ketidakmampuan melihat perbedaan antara beberapa warna. Penyakit buta warna kebanyakan diakibatkan karena faktor genetik yang di wariskan dari mutasi genetik kromosom X. Namun ada juga yang dipicu karena kerusakan mata, saraf, dan otak akibat dari bahan kima tertentu. Mutasi dipicu karena buta warna paling sedikit 19 kromosom berbeda dan 50 gen yang berbeda bisa timbul saat masih anak anak maupun sudah dewasa.

2. Thalasemia

Thalasemia merupakan penyakit kelainan darah, termasuk penyakit genetik yang diturunkan bila kedua orang tuanya pembawa sifat. Orang yang terkena penyakit kelainan darah terlihat pucat dan harus mendapatkan transpusi darah secara teratur supaya hemoglobinnya tetap normal, Menurut hukum mendel jika ibunya sebagai pembawa sifat maka 25% setiap anak berpeluang sehat, dan 50% sebagai pembawa sifat dan 25% terkena thalasemia.

3. Alergi

Alergi sebagian besar dipicu oleh faktor keturunan. Apabila orang tua mempunyai bakat alergi maka sekitar 70% kemungkinan anak akan mempunyai alergi juga tapi bila hanya salah satu orang saja yang alergi maka faktor resiko bisa berkurang sekitar 30%.

4. Asma

Asma termasuk salah satu penyakit turunan yang diketahui orangtua tepatnya ibu lebih rentan untuk menurunkan asma pada anaknya dibanding dengan faktor bapak. Asma disebabkan karena adanya suatu alergen disekitarnya dan sekita 30% asma dipicu oleh turunan dari orang tuanya tapi pada beberapa orang yang asama nya terkontrol dengan baik, dapat hilang ketika menjelang dewasa.

5. Albino

Albino termasuk penyakit turunan yang dipicu anak tersebut mengandung gen albino dari ayah dan ibu. Penyakit albino kebanyaka berasal dari orangtua yang mempunyai gangguan dalam hal produksi melaninnya namun pada orang yang pembawa sifat tidak akan menunjukan tanda atau gejala mempunyai gen albino. Apabila orang tua hanya sebagai pembawa sifat atau mempunyai satu gen albino, maka sebaiknya jangan menikah dengan orang yang mempunyai penyakit albino.

6. Kebotakan

Kebotakan dipicu oleh beberapa penyebab salah satunya bisa akibat dari faktor keturunan dari orang tuanya. Namun apabila ayahnya mengalami kebotakan maka setidaknya salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan akibat karena ada gen yang diwariskan.

7. Diabetes melitus

Diabetes melitus penyakit yang mempunyai hubungan kuat dengan keturunan, ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin dalam tubuh yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Orang yang mempunyai anti gen leukosit dalam darah yang diperoleh dari orang tuanya cenderung akan mempunyai penyakit diabetes type 1.

8. Hemofilia

Hemofilia termasuk salah satu penyakit turunan yang berakibat kekurangan faktor pembeku darah 8 ataupun 9 yang terdapat dikromosom X sehingga penderita hemofilia kebanyakannya pria karena sebagian wanita hanya sebagai pembawa sifat. Tentu penyakit hemofilia sangat sulit di cegah karena setiap anak mengandung 1 kromosom seks dari ibu dan ayah sehingga penyakit ini selalu dimulai sejak dari anak anak.

Dengan melakukan pemeriksaan secara lengkap sebelum menikah menjadi salah satu cara untuk mencegah beberapa penyakit tersebut menurun ke generasi berikutnya karena dari pemeriksaan ini akan diketahui apakah keduanya mempunyai gen penyakit yang diturunkan ke anaknya nanti atau tidak sehingga bisa lebih siap menghadapinya.

By Ana Rediana - Penyakit Senin, 27 Agustus 2018 13:47:49

Related Post :
Kesehatan
Resep Ramuan Air Jahe…

Selain memperbanyak minum air…

Daun
Manfaat Daun Bangun Bangun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Tips
Menghilangkan Keputihan Dengan Daun…

Menghilangkan keputihan daun sirih…

Kesehatan
Mengenali Gejala Dystonia Dan…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Cara Tepat Menggunakan Daun…

Berikut ini cara tepat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
3 Jenis Gangguan pada Indung Telur yang Perlu Diwaspadai

Indung telur merupakan bagian penting…

Penyakit
Mengetahui Perbedaan Penyakit Epilepsi Dan Kejang Demam

Berikut adalah perbedaan penyakit epilepsi…

Penyakit
Gejala-Gejala Lain Yang Mungkin Menyertai Lupus

Gejala-gejala lain yang mungkin menyertai…

Kirim Pertanyaan
Top