Mengetahui Penyebab Sering Kram Otot saat Tidur di Malam Hari

Share dan Tag Temanmu di :

Setelah salah satu atlet bulu tangkis Indonesia, Anthony Ginting sempat mengalami cedera kram otot saat menjalani laga final beregu putra Asian Games 2018, gangguan kesehatan tersebut semakin banyak dibicarakan oleh masyarakat. Sebenarnya apakah itu kram otot ? Apakah kondisi tersebut berbahaya ?

Kram otot merupakan kontraksi otot yang terjadi secara tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan. Pada kondisi ini, otot akan membentuk suatu tonjolan, tampak tegang, kencang, serta bisa dilihat dan dipegan. Umumnya kram otot sering terjadi pada betis dan terjadi selama hitungan detik bahkan beberapa menit. 

Mereka yang sering mengalami kram otot biasanya berasal dari kelompok lansia dengan persentase mencapai 70%. Meskipun deimikian, kelompok usia lain seperti anak-anak hingga deasa juga bisa mengalami kram otot, tidak terkecuali para atlet. 


Penyebab Kram Otot di Malam Hari yang Perlu Diketahui

Sebanyak 1 dari 3 orang dewasa dilaporkan mengalami kram otot betis ketika tidur pada malam hari, terutama saat sedang tidur nyenyak. Kram otot di malam hari biasnaya dipicu oleh otot betis yang menegang atau kejang.

Selain itu, kram otot saat sedang tidur di malam hari juga bisa disebabkan karena posisi tidur. Karena sedang dalam kondisi memendek, kontraksi lebih jauh lagi akan menyebabkan otot tersebut mengalami kram. Umumnya hal ini terjadi pada malam hari, dan dialami dalam posisi tidur. Dalam kondisi tersebut, posisi lutut sedikit tertekuk dan kaki sedikit menghadap bawah. Pada posisi ini, otot betis relatif memendek dan lebih rentan terhadap kram. 

Selain posisi tidur, ternyata ada beberapa hal yang juga bisa menjadi penyebab kram otot saat tidur, yaitu diantaranya :

  • Dehidrasi

Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa dehidrasi bisa meningkatkan risiko terajdinya kram otot pada malam hari. Hal ini disebabkan karena dehidrasi bisa meningkatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam darah.

Michael Behringer, peneliti dari Universitas Geothe di Jerman, menyebutkan jika ada pola musiman yang jelas dalam frekuensi kram otot, dengan angka yang lebih tinggi pada musim panas dan angka yang lebih rendah terjadi pada musim dingin. Hal ini menunjukkan bahwa panas dan mungkin juga keseimbangan cairan memiliki pengaruh pada perkembangan kram otot. 

  • Kekurangan nutrisi

Juga terdapat bukti yang menguatkan bahwa kekurangan kalsium, magnesium, dan ketidakseimbangan potasium bisa menyebabkan timbulnya kram otot. Masing-masing elektrolit ini bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam darah dan otot, sehingga kekurangan zat-zat tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kram otot. 

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana nutrisi ini memengaruhi kram secara langsung. Faktor lainnya yang bisa memicu kram otot yaitu termasuk penuaan, berdiri terlalu lama, kehamilan, dan gangguan kesehatan tertentu. 

  • Jarang melakukan peregangan otot

Beberapa penelitian memiliki teori bahwa gaya hidup modern menuntut seseorang harus rajin melakukan peregangan otot. Jika nenek moyang dulu diketahui melakukan aktivitas fisik lebih banyak sebagai bagian dari peregangan otot, maka kehidupan masa kini dengan segala kemudahannya membuat aktivitas fisik orang-orang menjadi berkurang, bahkan menjadikan orang-orang cenderung malas. 

Tidak sedikit orang yang mengadaptasi gaya hidup sedenter, dimana orang-orang tersebut lebih banyak duduk dan jarang berolahraga. Kebiasaan tidak sehat ini bisa mengurangi kelenturan otot, yang kemudian bisa menyebabkan kram pada momen-momen tertentu. 

  • Berolahraga terlalu keras

Berolahraga terlalu keras dalam jangka waktu yang lama sering dihubungkan dengan terjadinya kram otot. Aktivitas fisik yang dilakukan secara berlebihan ini bisa memicu kelelahan dan mendorong terjadinya kram otot di serat yang terlalu banyak bekerja. 

Kondisi ini diketahui sering dialami oleh atlet profesional, seperti yang baru-baru ini dialami oleh atlet badminton Anthony Ginting saat Asian Games beberapa waktu lalu. Selain dengan menjaga hidrasi tubuh, belum ada cara yang efektif untuk mencegah terjadinya kondisi ini. 

  • Posisi tidur yang salah

Banyak para ahli yang mengamati bahwa ketika Anda berbaring telungkup saat tidur, kaki sering berada dalam posisi yang terlalu miring dan ini membuat otot tertarik. Ketika posisi kaki seperti ini bertahan dalam waktu yang lama, maka gerakan kecil pun bisa memicu terjadinya kram otot. 

Tidur dengan posisi kaki yang menjuntai turun dari kasur atau posisi lainnya yang membuat jari-jari tidak tertarik mungkin merupakan posisi tidur yang lebih baik untuk mencegah terjadinya kram otot. 

Itulah beberapa penyebab kram otot saat tidur di malam hari yang perlu diketahui dan diwaspadai. Untuk mencegah terjadinya kram otot dan segala ketidaknyamanan yang ditimbulkannya, maka konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang, olahraga secara teratur, dan lakukan peregangan ringan setiap pagi agar otot-otot yang kaku bisa meregang lebih rileks. Anda juga bisa mencoba untuk membaluri bagain yang kram dengan minyak Karo untuk mengurangi nyeri yang timbul. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 28 Agustus 2018 14:09:47

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Anda Mengidap Tekanan Darah…

Apakah Anda sering mengalami…

Obat Cina
Obat Tradisional Parkinson Paling…

Obat tradisional parkinson paling…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Lambung Serta…

Informasi tentang jenis-jenis penyakit…

Manfaat
Manfaat Buah Salak Untuk…

Dampak positif dari mengonsumsi…

Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Rumput…

Manfaat dan khasiat rumput…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengetahui Bahaya Penggunaan Penyedap Rasa Bagi Kesehatan

Meskipun dapat menambah cita rasa…

Kesehatan
Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Kipas Angin dan AC

Penggunaan kipas angin dan AC…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top