Tips Perawatan Wajah di Rumah dengan Manfaat Garam

Share dan Tag Temanmu di :

Selain menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang di jual secara bebas, ternyata ada banyak bahan alami di sekitar kita yang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit, salah satunya yaitu garam. 

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar kata garam? Mungkin sebagian besar orang akan berpikir jika garam bermanfaat untuk menambah rasa pada makanan. Namun jangan salah, ternyata selain bisa membuat makanan lebih enak garam juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu solusi perawatan kulit. Benarkah ? Yuk, simak informasinya berikut ini !


Tips Perawatan Wajah Sederhana di Rumah dengan Manfaat Garam

Gram yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini terbuat dari air laut yang dilah menjadi butiran-butiran kristal. Didalmnya terkadnung senya natrium, kalium, kalsium, zat besi, dan juga magnesium. Kandungan senyawa tersebut cukup tinggi dan membuat garam ditakini sebagai solusi ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bagaimana caranya ?

Berikut ini merupakan beberapa tips perawatan wajah dengan garam yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya yaitu :

  • Sebagai scrub wajah

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bersarang di wajah, biasanya kita akan melakukan scrubbing atau dikenal juga dengan nama eksfoliasi. Jika kita rutin emlakukan eksfoliasi dengan scrub, maka kotoran dan sel-sel kulit mati akan hilang. Hasilnya, wajah akan tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat. 

Untuk melakukan proses ini, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan garam sebagai bahan alami. Hal ini disebabkan karena garam memiliki tekstur seperti butiran-butiran kecil yang bisa membantu mengeksfoliasi dan menghaluskan kulit wajah. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya, seperti lidah buaya, minyak almond, atau lainnya. 

Untuk menggunakan scrub gram ini caranya cukup mudah, yaitu campurkan setengah cangkir garam denagn seperempat cangkir lidah buaya dan 4 sendok teh minyak almond. Aduks emua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta kental, pastikan adonan scrub tidak terlalu kering. 

Setelah itu, aplikasikan scrub tersebut ke wajah seperti ketika menggunakan scrub biasa, pijat lembut dengan gerakan melingkat dan hindari menggosok wajah terlalu keras.

  • Masker wajah

Jangan khawatir jika stok masker Anda mulai habis, karena Anda bisa memanfaatkan persediaan garam di dapur sebagai masker wajah alami. Untuk mendapatkan hasilnya, cobalah untuk menambahkan madu ke dalam masker garam laut. 

Hal ini dikarenakan baik garam ataupun madu memiliki sifat antiradang yang baik untuk meredakan iritasi dan jerawat yang membandel. Selain itu, produksi minyak berlebih di kulit wajah juga bsia menjadi lebih seimbang sekaligus melembabkan area wajah yang kering. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengkombinasikan 2 sendok teh garam laut yang telah ditumbuk halus dengan 4 sendok teh madu asli hingga tekstur keduanya berbentuk seperti pasta. Oleskan masker tersebut ke wajah secara merata. Diamkan hingga masker kering sekitar 10-15 menit. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perawatan wajah Anda seperti biasa. 

  • Pencuci wajah

Selain dimanfaat sebagai scrub dan masker, ternyata garam juga bisa digunakan sebagai sabun pencuci wajah. Bahkan, telah banyak produk kecantikan yang sudah mulai berlomba-lomba untuk memproduksi sabun cuci wajah dengan bahan dasar garam. 

Hal ini disebabkan karena garam mengandung berbagai nutrisi penting sebagai kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Selain itu, kemampuan alami garam laut yang bisa mencegah jerawat dan mengontrol kadar minyak berlebih juga menjadi alasan lain mengapa garam dipilih sebagai bahan alami sabun pencuci wajah.

  • Toner wajah

Setelah membersihkan wajah dengan sabun wajah, idealnya Anda menggunakan toner agar wajah benar-benar bersih dan bebas dari kotoran. Selain menggunakan toner yang biasa digunakan, Anda juga bisa memanfaatkan garam sebagai toner alami. 

Bukan tanpa alasan, garam dipercaya mampu membersihkan pori-pori kulit dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, penggunakan toner wajah yang terbuat dari garam ini juga bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Untuk mendapatkan manfaat toner alami ini cukup mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 4 sendok makan air hangat atau matang. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot berukuran kecil. Pastikan garam telah larut dalam air dengan sempurna. Gunakan toner garam ini 2 kali sehari dan hindari area mata.

Nah, itulah beberapa tips perawatan wajah di rumah dengan manfaat garam. Hanya dengan memanfaatkan garam yang tersedia di dapur Anda, kini Anda bisa mempercantik kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Kamis, 30 Agustus 2018 11:58:33

Related Post :
Kesehatan
Makanan Yang Boleh Dikonsumsi…

Makanan yang boleh dikonsumsi…

Penyakit
Mengenal Gejala Gegar Otak…

Berikut adalah gejala gegar…

Kesehatan
Kenali Penyebab Penyakit Gondok…

Meskipun penyebab penyakit gondok…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Diare merupakan suatu kondisi…

Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Gerakan yang kita lakukan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Ingin Terhindar Dari Penyakit Ambeien? Ini Tipsnya

Ingin terhindar dari penyakit ambeien?…

Tips
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top