Beragam Manfaat Mengonsumsi Sayuran Ungu Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Beragam Manfaat Mengonsumsi Sayuran Ungu Bagi Kesehatan,- Buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang sering disarankan dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga mendukung program diet sehat. Ketika menjalankan diet sehat, Anda selalu dianjrukan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang beraneka warna, karena setiap warna mengandung nutrisi yang berbeda. 

Sayuran hijau dikenal mengandung vitamin K dan folat yang tinggi, sedangkan warna kuning atau oranye kaya akan akndungan beta karoten sert vitamin C. Namun, selain kedua warna tersebut, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang bewarna ungu. 


Tak kalah dengan sayuran warna lainnya, sayuran berwarna ungu ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Departemen Pertanian Amerika Serikat, menyebutkan jika sayuran berwarna ungu memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk tubuh karena mengandung antosianin. Antosianin ini diketahui dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan pada molekul vital.

Antosianin bisa melingungi sel, menyembuhkan tubuh, mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi risiko beberapa jenis kanker, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, serta mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular dan neurologis. 

Sayruan berwarna ungu juga mengandung indoles yang merupakan nutrisi yang berasal dari senyawa belerang yang bisa mencegah timbulnya kanker. Mengonsumsi sayuran ini bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara, leher rahim, kolorektal, dan endometrium. 

Selain antosianin dan indoles, makanan yang berwarna ungu juga mengandung asam ellagic (yang dikatakan sebagai salah satu pelawan kanker paling ampuh karena memiliki sifat antimutagenik), vitamin A, B2, C, kalium, serat makanan, dan fenol lainnya. 

sayuran ungu dikatakan lebih bermanfaat dibandingkan dengan sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran ungu yang bisa dikonsumsi diantaranya yaitu kembang kol ungu, wortel, kubis, asparagus, ubi jalar, zaitun, bawang, hingga lobak.

Mengetahui Beragam Manfaat Sayuran Ungu Bagi Kesehatan

Selain memiliki warna yang menarik, didalam sayuran yang berwarna juag terdapat banyak manfaat yang menyehatkan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat sayuran ungu bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Mengandung antiinflamasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sayuran yang berwarna ungu memiliki kandungan antiinflamasi yang baik bagi kesehatan. Antosianin yang dimilikinya dapat membantu mengurangi peradangan kronis yang merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit seperti Alzheimer, penyakit jantung, asma, alergi, radang sendi, obesitas atau kelebihan berat badan, dan diabetes tipe 2.

  • Menyehatkan jantung

Sayuran berwarna ungu diketahui baik untuk kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena mereka memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 13%. Di sisi lain, sayuran ungu juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Peningkatan kadar LDL mengarah pada pembentukan plak di dinding arteri. Bahayanya, kondisi ini bisa menghalangi aliran darah alami ke jantung dan seluruh tubuh, sehingga membuat Anda berisiko mengalami serangan jantung dan stroke. 

  • Mencegah penyakit lambung

Sebuah penelitian menemukan bahwa antosianin dapat membantu mengurangi pembentukan tukak lambung. Para peneliti percaya jika antosianin dapat mencegah terjadinya oksidasi dan meningkatkan aktivitas antioksidan penting lainnya, seperti glutathione yang secara alami terdapat dalam tubuh.

  • Mencegah penyakit urologi

Kembang kol ungu, wortel ungu, dan kubis dapat melawan penyakit urologis. Antosianin dapat mencegah ulkus dan peradangan yang disebabkan oleh H. pylori, yaitu bakteri yang bisa menyebabkan sakit maag dan penyakit urologi (limfoma kandung kemih).

  • Melawan sel kanker

Banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa resveratrol dapat mengakibatkan kematian sel kanker pada kanker darah, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker hati, dan paru. Ubi jalar ungu memiliki kemampuan yang ampuh untuk melindungi tubuh dari kanker usus besar.

Lebih lanjut lagi, resveratrol dapat membantu relaksasi dinding arteri, yang memungkinkan sirkulasi darah lebih baik dan mengurangi tekanan di arteri. 

  • Baik untuk otak

Ubi jalar ungu diketahui memiliki efek meningkatkan memori. Menurut sebuah penelitain yang diterbitkan dalam Archives of Pharmacal Research, antosianin membantu mencegah terjadinya penurunan sistem saraf yang berhubungan dengan usia terkait memori. 

Itulah beberapa manfaat sayuran ungu bagi kesehatan yang perlu diketahui. Kini, tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan sayur dan buah ungu ke dalam menu harian Anda. Jika dikonsumsi secara rutin, maka berbagai manfaat kesehatan dari sayur dan buah ungu tersebut bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 31 Agustus 2018 14:10:34

Related Post :
Obat Kimia
Manfaat Kandungan Amilase Pada…

Manfaat kandungan amilase pada…

Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja…

Peredaran ganja di Indonesia…

Obat Cina
Obat Kanker Payudara Herbal…

Obat kanker payudara herbal…

Manfaat
Mengungkap Manfaat Daging Bekicot…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Dewa…

Khasiat dan manfaat dewa…

Alami
Obat Nyeri Sendi Di…

Obat nyeri sendi di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Obat Segala Penyakit

Manfaat daun sambung nyawa untuk…

Manfaat
Manfaat Es Krim Ternyata Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita

Tingkat kesuburan pada wanita merupakan…

Manfaat
Inilah Manfaat Konsumsi Buah Acai Berry Bagi Kesehatan

Kandungan gizi dan manfaat buah…

Kirim Pertanyaan
Top