Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Nangka? Ini Penjelasannya

Share dan Tag Temanmu di :

Buah nangka merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak digemari. Hal ini disebabkan nangka memiliki rasa yang manis dan segar dengan aroma khas yang menggugah selera. Selain dikonsumsi secara langsung, buah nangka juga sering kali dijadikan sebagai campuran makanan dan minuman atau diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti kolak, selai, kripik, dodol, atau yang lainnya.

Disamping itu, buah nangka ini ternyata juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung didalam buah nangka diantaranya yaitu asam folat, vitamin A, vitamin C, niasin, riboflavin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc, fosvor, tiamin, dan berbagai mineral lainnya. Tidak hanya itu, buah nangka juga memiliki kandungan sodium, kolesterol, serta lemak jenuh yang rendah, sehingga cukup aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Jika pun ada orang yang merasakan sensasi panas pada perut setelah mengonsumsi buah nangka, hal tersebut disebabkan karena nangka memiliki kandungan gas yang cukup tinggi. 


Walaupun begitu, ada mitos yang menyebutkan jika buah nangka tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Benarkah ?

Anggapan tersebut ternyata tidak benar. Faktanya, belum ada penelitian yang menyebutkan jika buah nangka berbahaya bagi ibu hamil. Justru, ada yang menyebutkan jika kandungan magnesium dan kalsium yang terkandung didalam buah nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Selain itu, zat besi yang juga ada didalamnya bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil. 

Namun, perlu diketahui, meskipun buah nangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil, ternyata buah nangka juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Berikut ini merupakan beberapa bahaya mengonsumsi buah nangka secara berlebihan bagi ibu hamil yang perlu diketahui, yaitu :

  • Menimbulkan gangguan pencernaan

Mengonsumsi buah nangka dalam jumlah banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare pada ibu hamil. Hal ini disebabkan karena buah nangka mengandung serat yang cukup tinggi. 

Selain itu, mengonsumsi buah nangka dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menimbulkan efek negatif seperti perut kembung, maag, hingga meningkatnya asam lambung. 

  • Meningkatkan kadar gula darah

Nangka termasuk salah satu sumber gula alami yang dapat dengan mudah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi buah nangka jika ibu hamil memiliki keluhan diabetes gestasional. 

  • Memicu alergi

Terlalu banyak mengonsumsi buah nangka ternyata juga bisa membuat ibu hamil mengalami alergi. Jadi, jika sebelumnya ibu tidak pernah mengonsumsi buah nangka, maka disarankan untuk tidak mengonsumsinya. 

  • Koagulasi darah

Menurut situs kesehatan Foods for Better Health, jika Anda mengidap gangguan darah, kehamilan bukanlah momen yang tepat untuk mengonsumsi buah nangka. Pasalnya, nangka bisa meningkatkan koagulasi darah atau pembekuan darah dalam tubuh. 

Nah, itulah beberapa bahaya mengonsumsi nangka yang terlalu berlebihan saat hamil yang perlu diketahui. Walaupun begitu, buah nangka aman dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan. 

Bagi ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes gestasional, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi buah nangka. Dan segera konsultasikan dengan dokter kandungan jika Anda mengalami keluhan perut kembung, perih, nyeri ulu hati, mual atau keluhan lainnya setelah mengonsumsi buah nangka. Sehingga Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Selasa, 04 September 2018 08:43:28

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Pentingnya Manfaat Mengonsumsi…

Mengenal pentingya manfaat mengonsumsi…

Tips
Mengetahui Cara Mendeteksi Kandungan…

Untuk memastikan apakan produk…

Kesehatan
Perubahan yang Terjadi Pada…

Walaupun menyehatkan, namun ada…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal…

Penyakit
Tanda-Tanda Infeksi Paru yang…

Meskipun memiliki gejala yang…

Manfaat
Manfaat Buah Belimbing Untuk…

Belimbing adalah buah-buahan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sungsang yang Harus Diwaspadai

Posisi bayi sungsang termasuk kelainan…

Ibu Hamil
Diagnosis Dan Penanganan Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik harus segera mendapatkan…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Gejala Kehamilan Ektopik

Adanya kehamilan terjadi karena adanya…

Kirim Pertanyaan
Top